Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo S9 5G Meluncur dengan Dimensity 1100 & Kamera Selfie 44MP

0 5.025

Tergabung dalam satu induk perusahaan, nampaknya hanya vivo saja yang performanya tidak sekencang dua saudaranya di Indonesia, yang sudah rilis beragam jenis perangkat mulai dari smartphone hingga AIoT. Meski di luar cukup rutin rilis produk baru, termasuk vivo S9 5G & S9e 5G yang baru saja diresmikan di China.

Sesuai penamaannya, vivo S9 5G adalah penerus dari seri vivo S7 tahun lalu. Tak hadir resmi pula di Indonesia, namun spesifikasi vivo S7 hampir setara dengan vivo V20—perbedaan utama terdapat pada penggunaan chipset yang lebih superior. Desainnya sendiri masih identik, yang juga diturunkan ke beberapa vivo Y series terbaru.

Peningkatan yang dibawa oleh vivo lewat dua seri smartphone terbaru ini lebih fokus ke bagian internalnya saja. Secara desain masih mirip, mulai dari desain poni depan sampai kamera belakang. Hanya bila dilihat lebih dekat, bezel samping vivo S9 5G kini dibuat rata, mirip seperti iPhone 12 series.

vivo S9 5G Punya Sensor Kamera 64MP dengan OIS

vivo S9 5G

Tak lagi menggunakan chipset dari Qualcom, vivo S9 5G pakai cip terbaru dari MediaTek, yaitu seri Dimensity 1100. Yang menarik dari cip tersebut adalah proses fabrikasi, sudah 6nm, dipadukan dengan opsi RAM dan penyimpanan internal tertinggi mencapai 12GB & 256GB.

Tampilan depannya masih sangat identik, karena vivo S9 5G masih mengadopsi dua kamera depan. Sensornya juga sama besar, yaitu 44MP dengan sensor sekunder 8MP untuk ultra wide-angle. Layar tersebut berdimensi 6,44 inci, beresolusi full HD+ 90Hz dan mendukung standar konten HDR10+.

Kamera depan vivo S9 5G

Begitu pula dengan kamera belakangnya. Punya tiga sensor yaitu 64MP sensor utama, dengan 8MP ultra wide-angle dan 2MP Super Macro. Untuk mentenagai dukungan jaringan yang kencang, disiapkan kapasitas baterai 4,000 mAh yang mendukung 33W fast charging. Sudah menjalankan antarmuka terbaru OriginOS, berbasis Android 10.

Juga Hadirkan Opsi Lebih Terjangkau, vivo S9e 5G

vivo S9e 5G

Selain vivo S9 5G, vivo juga siapkan opsi yang lebih terjangkau dengan dukungan 5G, yaitu vivo S9e. Desainnya sendiri masih sama, hanya ada sedikit perbedaan seperti aksen titik putih pada bodi belakangnya. Layarnya pun punya desain notch lebih kecil, karena sensornya hanya satu.

Punya kamera depan yang “turun” menjadi 32MP saja, chipsetnya juga lebih sederhana, walaupun masih sangat bertenaga. Yaitu MediaTek Dimensity 820, dengan opsi RAM 8GB dan penyimpanan internal maksimum 256GB. Untuk kamera belakang, OIS dari vivo S9 5G absen di seri yang lebih murah ini.

Harga vivo S9 5G & S9e 5G

Kedua smartphone ini telah diluncurkan di negara asalnya, yaitu China. Varian termurah dari vivo S9 5G dengan memori 8/128GB dibanderol seharga CNY2,999 (Rp6,6 jutaan), sementara opsi 12/256GB di CNY3,299 (Rp7,2 jutaan). Dan untuk S9e 5G, lebih murah di CNY2,399 (Rp5,2 jutaan).

vivo S9 5G bakal mulai tersedia 12 Maret mendatang, dan belum ada informasi untuk ketersediaannya secara global. Sebelumnya, vivo juga sudah merilis smartphone flagship mereka, vivo X60 Pro series dengan teknologi kamera ZEISS terbarunya. Semoga rangkaian smartphone terbaru vivo juga bakal tersedia di Indonesia ya.

Tinggalkan komen