alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo X60 Pro+, Flagship dengan Kamera Gimbal & Lensa ZEISS

Merek smartphone yang satu ini digadang-gadang bakal jadi jagoan smartphone dengan kamera terbaik di tahun 2021. Ya, vivo baru saja mengumumkan vivo X60 Pro+, seri terbaik dengan sistem kamera gimbal dan lensa ZEISS canggih. Hasil kerjasama yang baru terjalin di tahun 2020 kemarin.

Berbeda dengan vivo X60 Pro yang sebelumnya sudah hadir lebih dulu, varian tertinggi hadir belakangan. Lewat vivo X60 Pro+, vivo benar-benar all-out dalam hal spesifikasi. Menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 888 dan punya empat sensor kamera utama. Dua di antaranya sama-sama superior, masing-masing gunakan sensor dari Sony dan Samsung.

Desainnya sendiri masih identik, membawa bahasa desain yang sama dari vivo X50 Pro. Hanya saja material bodi belakang varian terbaik vivo ini gunakan bahan kulit premium. Hadir dalam dua opsi warna yaitu Classic Orange dan Phantom Blue.
Baca juga: Kolaborasi dengan ZEISS, Terobosan Baru Vivo Perkuat Kemampuan Kamera Smartphone

Spesifikasi Kamera vivo X60 Pro+

vivo X60 Pro+

Langsung saja kita bahas spesifikasi kamera yang menjadi fitur unggulan dari vivo X60 Pro+. Terlihat di bodi belakangnya, smartphone ini seolah punya dua sensor utama dan dua sensor sekunder. Modul utamanya gunakan sensor baru dari Samsung, yaitu 50MP ISOCELL GN1 dengan dimensi 1/1,3 inci dan diafragma lebar di f/1,57.

Modul tersebut dilengkapi OIS konvensional, dan punya ukuran piksel individu besar di 2,4um lewat teknologi pixel binning. Dikombinasikan dengan Super Night Mode 2.0, pengguna bisa mengambil foto terang meski pencahayaan hanya 0,01 lux, sama dengan iluminasi dari seperempat cahaya bulan. Lalu di mana gimbalnya? Dipindahkan ke sensor ultra wide-angle.

Mengikuti jejak Huawei yang punya sensor ultra-wide superior, vivo X60 Pro+ gunakan modul Sony IMX598 48MP f/2.2, dengan sudut pandang 114 derajat. Gimbal stabilization diklaim dapat bekerja 3 kali lebih efektif dari OIS, di mana modul sensor bisa bergerak hingga -+ 3 derajat. Sensor ini bakal jadi juara baru, terutama untuk perekaman video di segala kondisi.

Selain itu, ada sensor 32MP 2x optical zoom, dan 8MP periskop dengan 5x optical zoom, mampu berikan digital zoom maksimum hingga 60x. Tak hanya itu, masing-masing gunakan lensa dengan lapisan ZEISS T* anti-reflektif, di mana lapisan ini bisa bantu cahaya untuk diserap lebih baik ke dalam sensor.

vivo X60 Pro+ Gunakan Snapdragon 888

vivo X60 Pro+

Kalau dua seri X60 lainnya pakai chipset Exynos 1080, vivo X60 Pro+ lebih bertenaga dengan Snapdragon 888. Dibandingkan dengan Pro+ tahun sebelumnya, performa diklaim meningkat 35%, dengan RAM LPDDR5 dan penyimpanan internal berjenis UFS 3.1.

Layar depannya sudah pakai panel 3D OLED berdimensi 6,56 inci. Meski sudah punya refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz, resolusinya masih full HD+. Namun setidaknya sudah mendukung konten HDR10+ dan bisa menyala cerah hingga 1300 nits.

Kapasitas baterainya 4,200 mAh, dan sudah mendukung pengisian daya cepat 55W lewat port USB-C. Kekurangan lain yaitu absennya fitur wireless charging pada smartphone ini. Namun soal paket penjualan, vivo X60 Pro+ masih dilengkapi dengan adapter charger bawaan. Bahkan clear case sampai adapter USB-C ke jack audio 3,5mm, untuk menikmati DAC Cirrus CS4313 yang ada di dalamnya.

Harga vivo X60 Pro+

Paket penjualan vivo X60 Pro+
Paket penjualan vivo X60 Pro+.

Saat ini, vivo X60 Pro+ baru dijual secara pre-order di negara asalnya, China hingga 30 Januari 2021. Tersedia dua varian yang bisa dipilih oleh konsumen, di mana varian dasarnya miliki RAM 8GB serta penyimpanan internal 128GB. Varian tersebut dijual seharga CNY4,999, atau sekitar Rp10,8 jutaan.

Sementara untuk opsi memori yang lebih tinggi, varian 12/256GB dibanderol CNY5,999 atau Rp13 jutaan. Harga tersebut bisa dibilang cukup terjangkau, mengingat spesifikasi kamera dan material bodi yang diusungnya, plus chipset terbaik tahun ini. Apakah bakal masuk Indonesia? Kita tunggu saja ya.

Tunjukkan Komen (1)