Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Search Uji Coba Tampilkan Konten Video TikTok & Instagram

0 1.215

Mungkin sudah tidak terhitung berapa kali dalam satu hari, kita melakukan pencarian lewat search engine Google. Mau pakai komputer, smartphone Android maupun iPhone, saat sedang mencari sesuatu, selalu otomatis membuka browser atau aplikasi Google dan mengetikkan pencarian pada kolom yang ada di dalamnya.

Setelah memasukkan keyword, Google umumnya bakal tampilkan situs berita, pintasan ke video yang ada di YouTube sampai e-commerce lokal (bila yang dicari adalah sebuah produk). Untuk permudah penggunanya dalam melakukan pencarian, Google Search kali ini sedang bereksperimen atau ujicoba sebuah metode baru. Di mana bakal menampilkan konten dari Instagram dan TikTok.

Baca juga: Inilah 10 Aplikasi Android Terbaik 2020 Pilihan Pengguna di Google Play

Video TikTok & Instagram Muncul di Google Search

Saad AK on Twitter: “I am seeing “Short Videos” carousel on mobile. But not for every query. It’s rare I guess. Query was: Biryani Sending to @rustybrick SIR. CC: @Suzzicks MAM. https://t.co/3Wf0FnPuxg” / Twitter

Dikutip dari Search Engine Roundtable, Google sebenarnya telah melakukan uji coba tampilan “Short videos” sejak bulan April kemarin. Di mana saat pengguna sedang lakukan pencarian, Google bakal tampilkan video-video pendek atau awalan video yang ada di YouTube. Ditampilkan secara carousel yang bisa kita geser secara horizontal.

Lalu pada bulan November kemarin, seorang pengguna di Twitter kembali “mendapatkan” fitur tersebut saat sedang melakukan pencarian resep makanan “biryani”. Pada sebuah cuitan di atas, terlihat bila ada carousel di atas yang berikan pintasan cepat ke beberap video yang ada di YouTube. Tampilan ini hadir secara acak ke seluruh pengguna Google Search yang beruntung saja.

Google search
Google Search yang mulai tampilkan konten video TikTok & Instagram (Sumber: GSMArena)

Kemudian beberapa hari lalu, muncul pengguna lainnya yang memiliki hasil tampilan video pendek berbeda. Kalau sebelumnya dari YouTube saja, kali ini sumber video yang ditampilkan lebih beragam, alias dari Instagram dan TikTok. Dengan begitu, kita tidak perlu melakukan pencarian dari masing-masing aplikasi. Cukup lewat Google Search saja, menambah kepraktisan.

Ketika pengguna memilih salah satu dari konten video yang disarankan, aplikasi bakal tampilkan tampilan situs di masing-masing platform tersebut, sebelum menggiring mereka untuk membuka aplikasinya. Karena masih percobaan, selain hanya segelintir orang saja yang bisa merasakannya, hasil pencariannya pun saat ini masih sebatas tim olahraga yang ada di Amerika Serikat.

Masih Dalam Tahap Percobaan Tanpa Ada Estimasi Resmi

Fitur carousel video pendek yang ada saat ini berbeda dari apa yang ada di Google Discover, yang hanya tersedia di beberapa smartphone Android. Juga berbeda pula dengan yang ada di aplikasi Google Search iOS, di mana ditampilkan beberapa konten video dari rekanan Google seperti Forbes, USA Today, Vice dan lainnya.

Yang terbaru ini bakal muncul saat pengguna lakukan pencarian umum, di mana Google bertujuan untuk mengumpulkan konten media sosial berbasis video untuk ditampilkan di Google Search. Dikutip dari Tech Crunch, selain Instagram dan TikTok, Google juga bakal tampilkan video dari kompetitor TikTok asal India (Trell) dan tentunya milik Google sendiri, YouTube.

Saat ini, Google sedang mengutamakan fitur untuk hadir di platform mobile, dan tahapnya masih sangat awal serta terbatas. Dengan kata lain, hanya segelintir orang saja yang bakal kebagian percobaan ini, dan keyword-nya pun juga masih terbatas. Baru tersedia untuk aplikasi Google di smartphone, maupun pencarian dalam situs mobile.

Menurut Gizmo friends, perlukah Google implementasikan fitur ini? Yang pasti, kreator konten di Instagram dan TikTok bakal kebagian benefitnya, karena nantinya konten mereka bakal dapat dilihat atau ditemukan oleh pengguna internet umum. Tanpa perlu mengakses aplikasi atau akun mereka masing-masing.