Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Inilah 10 Aplikasi Android Terbaik 2020 Pilihan Pengguna di Google Play

Setiap tahunnya, Google selalu memberikan sebuah halaman khusus di toko aplikasi Google Play Store. Halaman tersebut berisikan daftar aplikasi maupun permainan terbaik sepanjang tahun, dalam konteks sekarang yaitu 2020. Mulai dari satu aplikasi terbaik pilihan Google, hingga aplikasi terbaik pilihan pengguna, yang dipilih berdasarkan polling.

Khusus untuk bagian “Users’ Choice App of 2020” di Google Play Store, terdapat 10 nominasi aplikasi pilihan dan satu pemenang. Pemenang dan nominasinya pun berbeda-beda di tiap negara, dan edisi Indonesia punya daftar aplikasi yang dibilang menarik. Dari daftarnya, terlihat bahwa setengah di antaranya seperti terpengaruh oleh situasi pandemi COVID-19.

Pemenang aplikasi pilihan pengguna Google Play Store bukanlah aplikasi hiburan, foto ataupun lainnya, melainkan justru aplikasi produktivitas. Sementara setengah di antara nominasi pun juga merupakan aplikasi produktivitas dan edukasi. Wajar saja, mengingat lebih banyak pengguna bekerja maupun belajar melalui smartphone, sehingga aplikasi yang diakses kini lebih banyak ke arah kategori tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Reksa Dana untuk Investor Milenial

Microsoft Office Jadi Aplikasi Terbaik Versi Pengguna

(via ZDNet/Microsoft)

Ya, adalah Microsoft Office yang tahun ini menjabat sebagai aplikasi terbaik di Google Play versi pengguna. Situasinya sangat berbeda bila Gizmo friends mengakses Google Play menggunakan peramban dengan lokasi Amerika Serikat, di mana Disney+ menjabat nomor satu. Nampaknya masyarakat Indonesia memang lebih giat bekerja, ya?

Tak heran bila aplikasi kantor multifungsi yang satu ini menjadi favorit. Sebelumnya, Microsoft memisahkan aplikasi untuk Word, Excel dan Powerpoint dengan ukuran yang cukup besar tiap aplikasinya. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk smartphone dengan memori kecil. Namun kini Microsoft hadirkan Office dengan kemampuan lengkap, bahkan baca PDF dan scan dokumen sekalipun.

Sehingga bisa dibilang kalau aplikasi ini wajib untuk dipasangkan di smartphone kamu, baik untuk versi gratisan maupun versi Office 365. Dengan begitu, dokumen di komputer dan smartphone bisa tersinkron otomatis. Plus fitur ekstra lain seperti scan QR code sampai membuat form untuk survei digital dan lainnya.

Aplikasi Produktivitas & Edukasi Ikut Mendominasi

Grid Diary
Grid Diary

Dari kesepuluh daftar nominasi aplikasi terbaik pilihan pengguna Google Play, lima di antaranya adalah aplikasi produktivitas dan edukasi. Selain Microsoft Office, ada aplikasi Grid Diary yang bisa membantu Gizmo friends untuk pencatatan harian maupun perencanaan kegiatan. Cocok bagi kamu yang ingin mungkin suka lupa waktu, supaya kegiatan sehari-hari lebih terstruktur.

Dua aplikasi lainnya adalah Skill Academy (by Ruangguru) dan CoLearn (Foto Soal MTK dan Belajar Online SMA-SMP). Kedua aplikasi edukasi ini merupakan pilihan terbaik dari masing-masing pengakses, yaitu masyarakat dewasa dan pelajar untuk menambah ilmu. Skill Academy lebih dikhususkan untuk para mahasiswa, mereka yang baru lulus pendidikan atau profesional lainnya.

Aplikasi Produktivitas
(kiri – kanan) Skill Academy, CoLearn MTK & Meesho.

Mulai dari bimbingan teknis seperti pengajaran aplikasi kantor, hingga soft skill pengembangan diri, Skill Academy sampaikan materi secara interaktif melalui video. Sementara CoLearn lebih unik, di mana pelajar bisa mengunggah foto soal yang dirasa sulit, dan aplikasi bakal menjawabnya melalui video. Juga ada kelas-kelas pengajaran matematika yang bisa diakses oleh pelajar.

Sementara aplikasi kelima, Meesho memungkinkan kamu untuk bekerja dari rumah sebagai dropshipper. Tanpa modal, kamu bisa mencari ratusan ribu produk yang ada di dalam aplikasi Meesho, lalu membagikan produk yang sekiranya bisa kamu jual ke teman maupun lainnya melalui WhatsApp. Pembeli bisa menikmati fitur bayar di tempat dan jaminan retur barang kalau tidak sesuai.

HBO GO & Resso Jadi Aplikasi Platform Streaming Terbaik

Resso

Lima nominasi lainnya merupakan aplikasi yang masuk dalam kategori entertainment atau hiburan. Untuk platform streaming film dan musik, pilihan terbaik jauh kepada HBO GO dan Resso. Mungkin karena pilihan serial televisi dan filmnya yang tak kalah menarik, serta gratis akses bagi pengikut TV kabel tertentu, membuat HBO GO jadi favorit.

Sementara Resso juga sudah menangkan penghargaan lainnya, yaitu terpilih ke dalam aplikasi yang paling menghibur edisi Google Play di tahun 2020, berkat fitur seperti Lyric Quotes, Vibes dan Comments. Tiga aplikasi lainnya adalah Reface yang sempat sangat tren di pertengahan tahun, CapCut untuk edit video pendek dengan caption, serta kakaopage untuk akses konten Webtoon.

Itulah kesepuluh daftar aplikasi yang masuk ke dalam nominasi aplikasi terbaik pilihan pengguna, versi Google Play di tahun 2020. Apakah aplikasi favorit Gizmo friends juga termasuk dalam satu di antara sepuluh nama di atas?

Tunjukkan Komen (1)