Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Grab Dukung Pembangunan Ibu Kota Baru Menjadi Smart City

0 337

Mendukung pembangunan ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur, Grab memberikan bantuan untuk mengembangkan konsep smart cities. Hal tersebut sejalan dengan program utama pemerintahan Presiden Joko Widodo selain pembangunan sumber daya manusia (SDM). Selama masa pembangunan, Presided terus mengajak banyak pihak untuk mendukung program strategis tersebut.

Lewat sebuah pertemuan yang dilaksanakan di Istana Negara, Sabtu (29/2) lalu, Presiden Jokowi bertemu dengan CEO Softbank, Masayoshi Son dan Pendiri sekaligus CEO Grab, Anthony Tan. Mantan perdana menteri inggris, Tony Blair juga hadir didampingi oleh Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata. Pertemuan tersebut dilaksanakan guna memantapkan dukungan pembangunan ibu kota baru, yang diyakini bakal menjadi pusat perhatian dunia dan merupakan contoh kota masa depan.

Baca juga: Begini Jaringan Telkomsel di Kalimantan, Kawasan yang Jadi Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia

Dukungan Grab & Softbank Untuk Ibu Kota Baru

Grab Ibu Kota Baru

Sesaat setelah pertemuan dengan presiden, Masayoshi menyatakan bahwa proyek pembangunan ibu kota baru ini sangat menarik. “Ini akan menjadi yang pertama di abad ke-21, dimana teknologi tinggi (high tech) bertemu dengan ‘high touch’. Masyarakat akan tinggal di lingkungan yang aman dan bersih. Saya berharap, proyek pembangunan ibu kota baru ini dapat terwujud dan membawa kebahagiaan bagi orang yang nanti tinggal di situ.”

Dalam pertemuan tersebut, dibahas rencana mewujudkan kota yang menggabungkan teknologi mutakhir. Sebut saja ekosistem kendaraan listrik, kecerdasar buatan (AI) serta teknologi pembayaran yang selain memberikan kenyamanan, juga memberi dampak positif untuk kelestarian bumi. Sebelumnya, Grab telah meluncurkan armada GrabCar Elektrik yang bekerja sama dengan Hyundai. Pilihan kendaraan bertenaga listrik tersebut kini sudah tersedia di Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Baca juga: GrabCar Elektrik Diluncurkan di Indonesia, Pakai Mobil Listrik Hyundai IONIQ

Grab mengapresiasi visi besar Presiden memindahkan ibukota ke Kalimantan Timur, sementara pihak SoftBank mendukung Grab untuk mengembangkan smart cities tak hanya di ibu kota baru, melainkan di seluruh Indonesia. Tentunya pembangunan smart cities akan membuat Indonesia lebih menarik bagi investor internasional, memberi nilai jangka panjang yang besar bagi rakyat Indonesia.

Sebelumnya, Masayoshi dan delegasi dari Softbank serta Grab telah bertemu dengan Presiden, salah satunya untuk mendiskusikan rencana investasi Softbank ke ibu kota baru. Softbank (melalui Softbank Vision Fund) juga merupakan investor jangka panjang untuk Grab, telah menginvestasikan Rp20,9 triliun pada putaran pendanaan Series H, awal 2019 lalu.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan juga menambahkan, “Kita bersyukur bahwa proyek pembangunan ibu kota baru ini menunjukkan Indonesia masih disukai pasar (investasi) walaupun ekonomi global sedang melambat dan banyak hal yang perlu kita perbaiki di dalam negeri.”