Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

GrabCar Elektrik Diluncurkan di Indonesia, Pakai Mobil Listrik Hyundai IONIQ

0 1.710

Setelah tahun lalu BlueBird melakukan terobosan dengan menghadirkan kendaraan taksi berbasis listrik, kali ini langkah serupa diikuti oleh Grab. Menggandeng pabrikan otomotif Hyundai, Grab meluncurkan armada terbarunya GrabCar Elektrik. Kendaraan bertenaga listrik ini adalah Hyundai IONIQ Electric Vehicle yang sekarang sudah tersedia di Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menurut Grab, dihadirkannya alternatif transportasi yang ramah lingkungan ini untuk mendukung inisiatif pemerintah menghadirkan 2 juta kendaraan elektrik (electric vehicle/EV) pada tahun 2025. Serta sejalan dengan Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik yang diluncurkan Desember 2019 bersama Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI.

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, yang hadir pada peluncuran tersebut mengatakan pemerintah saat ini berupaya untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Dasar hukumnya adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55/2019 tentang Akselerasi Program Kendaraan Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Kendaraan listrik ini diharapkan dapat menjadi solusi mobilitas yang mengusung konsep smart cities, dan di saat yang bersamaan juga lebih ramah lingkungan dan minim biaya pengelolaannya. “Saya mengapresiasi dukungan pihak swasta seperti Grab dan Hyundai. Dengan hadirnya GrabCar Elektrik hari ini, kita selangkah lebih maju lagi untuk bersama-sama mencapai target menghadirkan 2 juta unit EV di Indonesia,” ujar Budi di Bandara International Soekarno Hatta, Cengkareng (27/01).

Sementara itu Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia menambahkan, GrabCar Elektrik merupakan bentuk nyata dari komitmen untuk mendukung ekosistem EV di Indonesia yang telah disampaikan ketika memperoleh investasi USD 2 miliar dari SoftBank tahun lalu. Serta sesuai dengan EV Grab Ecosystem Roadmap yang diluncurkan tahun lalu.

“Kedepannya, kami ingin menjadi salah satu pendorong yang menginisiasi kolaborasi bersama untuk menghadirkan solusi transportasi yang lebih efisien dan juga ramah lingkungan serta membangun kemitraan yang lebih erat dengan Hyundai,” ujar Ridzki.

Grab selanjutnya berkolaborasi dengan World Resource Institute Indonesia untuk melaksanakan kegiatan #LangkahHijau demi menanggulangi krisis iklim, polusi udara dan menurunkan emisi gas rumah kaca.

Baca juga: Upaya GrabKios dan Porter Majukan Warung Tradisional dengan Logistik Digital

Fitur Mobil GrabCar Elektrik Hyundai IONIQ

GrabCar Elektrik Hyundai
GrabCar Elektrik menggunakan kendaraan Hyundai IONIQ Electric

Peluncuran GrabCar Elektrik di Bandara Internasional Soekarno Hatta melengkapi kehadiran resmi Grab di 23 bandar udara di Indonesia. Ini sekaligus kelanjutan dari kemitraan Grab dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk mendukung program “Wonderful Indonesia”.

Pengguna dapat menemukan Pick-Up Point Grab di Terminal 3 dan dapat memesan layanan GrabCar Airport dan GrabCar Elektrik yang memiliki shelter di bandara. Hyundai IONIQ Electric akan dipamerkan di Terminal Kedatangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, di dekat Gerbang 2 selama tiga bulan ke depan, mulai dari 27 Januari hingga 27 April 2020, agar masyarakat melewati lokasi tersebut melihat tampilan perdana mobil IONIQ Electric.

Peluncuran ini juga menandai operasional resmi Hyundai dalam Electric Vehicle Mobility Service (Layanan Kendaraan Listrik) di Indonesia. Sung Jong Ha, President Director of Hyundai Motors Indonesia, mengatakan GrabCar Elektrik menawarkan pengalaman mobilitas pintar yang memenuhi kebutuhan pelanggan kami dengan memanfaatkan teknologi canggih seperti IONIQ Electric.

“Saya berharap pelanggan Grab di Indonesia dapat menikmati kenyamanan mengendarai mobil elektrik yang ramah lingkungan. Momen ini juga menjadi sebuah pencapaian besar bagi kami yang menunjukkan dukungan kami telah sejalan dengan visi pemerintah Indonesia terkait dengan mobilitas masa depan,” ujar Sung Jong Ha.

Hyundai IONIQ Electric adalah generasi berikutnya dari mesin ramah lingkungan Hyundai. Ini adalah sebuah kombinasi yang menarik dan luas dari inovasi, kecanggihan, kinerja dan gaya yang 100% elektrik. Yuk, mari kita perhatiakan apa saja fitur-fitur yang ditawarkan

Eksterior

Bagian depan IONIQ Electric memiliki pola khas grille tertutup dengan cetakan berwarna perak di bagian bawah. Trim abu-abu anthracite yang terlihat pada bemper belakang dan bezel pada lampu siang hari di bagian depan menciptakan tampilan yang lebih halus dan dinamis. LED DRL dengan kombinasi lampu Belakang LED memperindah penampilan IONIQ di malam hari, yang memberikan sentuhan estetika sekaligus fitur keamanan tambahan. IONIQ elektrik dilengkapi dengan velg 16 inci.

Interior

Interior GrabCar Elektrik Hyndai IONIQ
Interior Hyundai IONIQ (Foto: Twitter @ridwanhr)

Interior modern IONIQ dengan kursi berbalut kulitnya tidak hanya memberikan kesan elegan tetapi juga terlihat canggih di setiap bagian dari desainnya yang unik. Hyundai IONIQ memiliki dua layar LCD yang menampilkan berbagai informasi untuk pengemudi.

Cluster Supervision dengan layar LCD TFT 7” memberikan informasi penting dari kendaraan pada posisi yang mudah terlihat oleh pengemudi. Layar audio 8 inci menjadi titik pusat dari IONIQ untuk konektivitas Smartphone dan Bluetooth melalui interface layar sentuh.

Hyundai IONIQ telah menerapkan sistem Shift-by-wire, yang menghilangkan proses mekanis dan memungkinkan perpindahan gigi hanya dengan menyentuh sebuah tombol dan rem parkir juga melalui sebuah tombol. Untuk melengkapi desain interior modern, pencahayaan ambient biru mewarnai sepanjang sisi bawah dashboard penumpang dan pada konsol tengah.

Mesin

Baterai IONIQ Electric berkapasitas 38,3 kWh menawarkan total estimasi jarak 373 km. Fitur e-motor atau Permanent-magnet synchronous motor menghasilkan 136 ps dan 295 Nm Torsi, yang dilengkapi dengan charger on-board standar 7.2-kW. Pada port standar pengisian daya bisa memakan waktu hingga 6 jam. Namun, dengan menggunakan fast-charging 50-kW, proses isi ulang baterai dapat mencapai 80% dalam 57 menit, sementara penggunaan fast-charging 100-kW dapat meningkatkan waktu pengisian ke 80% hanya dalam waktu 54 menit.

Mode berkendara

Hyundai IONIQ Electric juga memiliki fitur mode berkendara Eco+, yang melengkapi mode berkendara standar Eco, Comfort dan Sport. Pada mode Eco+, pengemudi dapat mengurangi konsumsi energi dan sisa energi dapat digunakan pada situasi darurat yang tidak terduga.

Mobil Hyundai IONIQ ini juga dilengkapi dengan paddle shifter untuk memaksimalkan efisiensi kendaraan, di mana paddle shifter yang dipasang pada setir mobil memungkinkan pengemudi untuk menambah atau mengurangi tingkat pengereman regeneratif (laju deselerasi). Semakin tinggi tingkatannya semakin kuat pengereman yang akan menghasilkan peningkatan pada konsumsi baterai

Keamanan

Untuk memastikan keanmanan, Hyundai IONIQ dilengkapi dengan fitur ABS, ESC, dan HAC. Dengan fitur keselamatan yang sesuai dengan kapasitas kendaraan, pengemudi akan merasa lebih percaya diri saat ia berada di belakang kemudi. Karena penumpang sama pentingnya dengan mobil, maka IONIQ memiliki 7 airbag untuk melindungi pengemudi dan penumpang di dalam mobil.