Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Doodle Tampilkan Ilustrasi Grafis Digital Bertema Hari Perempuan Sedunia

0 976

Saat ini, Google tengah merayakan Hari Perempuan Sedunia yang jatuh tanggal 8 Maret. Tampak berupa gambar dua telapak tangan saling menggenggam. Google Doodle tersebut, menampilkan berbagai ilustrasi profesi perempuan, seperti penulis, ilmuwan, guru, pilot, astronot, hakim, politikus, penyanyi, pemain sepakbola, dan lainnya.

Dengan menampilkan sejumlah profesi, Google ingin menunjukan kekuatan perempuan dalam segala bidang dapat mempengaruhi kehidupan di dunia. Raksasa mesin pencari asal Silicon Valley tersebut selalu memperingati hari-hari besar lainnya melalui Google Doodle, seperti hari keagamaan, peristiwa penting, dan lahirnya tokoh berpengaruh di dunia. Doodle selalu menampilkan gambar ilustrasi beserta logo khas Google tepat di atas kolom pencarian.

Baca juga: Google Mulai Uji Coba Fitur Mode Gelap untuk Penelusuran di Desktop

Ketika pengguna mengklik bagian tersebut, Anda akan diarahkan menuju penelusuran mengenai topik utama yang diangkat Google Doodle. Tak jarang juga, pengguna dapat menemukan permainan kecil atau objek interaktif. Sampai sekarang, Google yang telah diciptakan adalah sekitar 4000 doodle untuk halaman beranda di seluruh dunia.

Sejarah Pembuatan Google Doodle

Google Doodle
Google Doodle awal yang diciptakan (Google)

Sebagai informasi, Google Doodle pertama awalnya untuk menghormati acara tahunan Burning Man 1998 yang telah berjalan lama di Black Rock City, Nevada. Konsep ini dirancang oleh pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin untuk memberi tahu pengguna tentang ketidakhadiran mereka jika seandainya server mengalami crash.

Dari sana, ide Google Doodle berkembang. Pada tahun 2000, Dennis Hwang diminta membuat doodle bertema Hari Bastille. Karyanya itu, diterima dengan sangat baik oleh pengguna.

Setelah sejak itu, Google memutuskan untuk menugaskan Dennis dalam pengerjaan Doodle yang akan sering muncul di beranda. Sekarang, Google telah mempekerjakan staf ilustrator berbakat yang disebut doodler. Tugas utamanya adalah menghasilkan ilustrasi yang muncul pada beranda Google di seluruh dunia.

Pembuatan Google Doodle Berdasarkan Peristiwa Dunia

Google Doodle
Google Doodle mengeluarkan edisi spesial kemerdekaan Indonesia (Neighbourlist)

Doodle sering kali bergantung pada peristiwa dunia. Misalnya, pada April 2020, saat pandemi virus korona mempengaruhi seluruh wilayah, Google telah mendedikasikan Doodle selama dua minggu untuk pekerja medis yang membantu dunia selama pandemi. Itu termasuk petugas kesehatan, staf kebersihan, petugas makanan, dan banyak lainnya.

Baca juga: Google Search Uji Coba Tampilkan Konten Video TikTok & Instagram

Dari waktu ke waktu, Doodle juga dapat muncul berdasarkan ide dari pengguna atau bahkan dari kontes. Setiap tahun, kontes Doodle untuk Google menawarkan tema dan meminta kiriman dari kalangan pelajar. Di akhir tahun, perusahaan akan memilih pemenang dan ilustrasinya yang akan ditampilkan di beranda untuk dilihat seluruh dunia. Pada tahun lalu, terpilih konsep Doodle yang mengangkat tema “Saya menunjukkan kebaikan dengan …” sebagai pemenangnya.

Untuk mengetahui karya doodle yang telah ditampilkan Google, pengguna dapat mengakses google.com/doodle. Disana kita dapat menemukan arsip sejarah lengkap dari setiap Doodle yang pernah ada di beranda. Ini juga termasuk Doodle yang hanya muncul di wilayah tertentu.

Tinggalkan komen