Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huami Rilis Zepp Z, Smartwatch Premium dengan Material Titanium

0 644

Sebuah merek dagang yang juga didukung oleh Xiaomi, Huami baru saja merilis sebuah perangkat wearable baru lewat nama yang berbeda, yaitu Zepp Z. Umumnya, mereka merilis smartwatch atau jam tangan pintar dalam lini Amazfit, seperti Amazfit Neo yang sudah hadir resmi di Indonesia.

Produk terbarunya kali ini hadir dengan harga yang cukup mahal, karena gunakan material yang jauh lebih premium dari smartwatch Huami lainnya. Zepp Z, memiliki desain klasik dengan layar sirkular. Selain unggulkan tampilan, daya tahan baterainya juga dijadikan sebagai fitur kunci. Sementara fitur-fitur lain yang diberikan di dalamnya tak jauh berbeda dengan seri Amazfit GTR 2.

Sejak Agustus lalu, Huami telah menginformasikan bila beberapa penyebutan nama di ekosistemnya bakal diubah—seperti aplikasi Amazfit yang kini dinamai dengan “Zepp”. Saat itu, Huami menyebut bila perangkatnya bakal tetap dinamai dengan Amazfit. Namun kini Zepp E hadir di mana penyebutan Zepp bakal digunakan untuk lini premium.

Baca juga: Amazfit Neo Hadir di Indonesia, Smartwatch Retro Rp400 Ribuan

Keunggulan Zepp Z

Zepp Z

Yang membuatnya premium, tentu saja pada bahan material yang digunakan. Dari bodinya saja, Zepp E bukan sekadar dibuat dari aluminium, namun brushed titanium alias berwarna. Bodi dilapisi oleh lapisan (coating) untuk membuatnya tahan gores. Juga dengan strap-nya yang removable, secara bawaan sudah gunakan material kulit berwarna coklat.

Huami juga melengkapi perangkat terbarunya dengan tiga tombol pintasan pada bagian kanan bodi. Tombol paling atas berfungsi untuk pintasan dalam mengakses fitur kesehatan, seperti denyut jantung, kadar oksigen dalam darah, serta tingkat stres penggunanya. Sementara crown di bagian tengah dapat diputar untuk bernavigasi, dan dilengkapi efek getar (haptic feedback).

Spesifikasi layarnya pun terhitung premium untuk sebuah smartwatch. Gunakan panel AMOLED berdimensi 1,39 inci, resolusinya cukup tinggi dengan kerapatan 326ppi. Layar Zepp Z dapat menyala terang hingga 550 nits dan sudah mencakup 100% NTS color gamut. Tentunya, juga dilengkapi fitur always-on sehingga dapat terus menyala meski sedang tidak dilihat ke arah mata pengguna.

Sensor yang dibawa bisa dibilang sangat lengkap. Mulai dari GPS, GLONASS, giroskop, tekanan udara, geomagnetic hingga BioTracker 2 PPG. Sensor yang terakhir punya fungsi yang beragam, seperti memonitor denyut jantung secara 24 jam nonstop, juga mengukur kadar SpO2 dalam darah, monitor stres dan mengukur kualitas tidur.

Lewat aplikasi di smartphone, Zepp Z bakal mencatat semua data yang ia tangkap, dan menampilkannya dengan informatif lewat aplikasi smartphone. Fitur PAI Health Assessment hadir untuk berikan skor terhadap kualitas kesehatan tiap harinya, berikan saran yang bisa ditingkatkan. Sementara untuk olahraga, Zepp Z bisa mendeteksi sampai 12 jenis olahraga berbeda.

Harga Zepp Z Hampir Mencapai Rp5 Juta

Zepp Z

Baterainya diklaim bisa menyala hingga 15 hari dengan kapasitas 340 mAh. Hadir di Amerika Serikat, Zepp Z dilengkapi juga dengan dukungan integrase asisten suara Amazon Alexa. Sudah disebutkan di atas, harganya tergolong premium untuk produk rilisan Huami, yaitu 349 USD atau sekitar Rp4,9 jutaan.

Di budget harga yang sama, Gizmo friends bisa mendapatkan smartwatch Wear OS dari merk fashion ternama seperti Fossil, meski kalah dalam daya tahan baterai. Atau juga smartwatch milik Huawei, Watch GT 2 Pro yang meski desainnya 11-12, namun di mata banyak orang terdengar lebih bergengsi secara merek.