Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Huawei AppGallery Hadirkan Aplikasi E-Commerce dan Perbankan Lokal

1 1.969

Akibat embargo dagang dengan Amerika Serikat, ponsel terbaru Huawei termasuk flagship, Mate 30 Pro tidak dilengkapi dengan Google Mobile Services atau GMS. Huawei menyiasati dengan merilis Huawei Mobile Services (HMS). Salah satu layanannya adalah katalog aplikasi Huawei AppGallery. Platform ini untuk menggantikan Google Play Store.

Huawei AppGallery memiliki sederet jumlah aplikasi yang diklaim sudah bisa bersaing dengan milik Google, termasuk aplikasi-aplikasi lokal yang esensial bagi pengguna di Indonesia. Baca juga: Mengenal Huawei Mobile Services, Pengganti Play Store di Mate 30 Pro

Dengan populasi lebih dari 260 juta, peningkatan masyarakat kelas menengah dan yang semakin sadar teknologi digital, Indonesia menjadi salah satu pasar internet paling penting di dunia. Meningkatnya popularitas e-commerce di Indonesia juga telah mengubah gaya hidup orang, menciptakan perilaku baru yaitu belanja online serta sistem pembayaran yang mereka gunakan.

Pentingnya Aplikasi E-Commerce & Perbankan Bagi Huawei

Bersamaan dengan meningkatnya pembayaran digital, internet banking menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia, dimana sekitar 33% diantaranya menggunakan aplikasi tersebut setiap bulan. Data menunjukkan bahwa 76% konsumen telah menggunakan sistem non-tunai untuk transaksi e-commerce yang membuka peluang bagi bank dan perusahaan jasa keuangan berbasis teknologi (seperti teknologi keuangan atau fintech), untuk meningkatkan bisnis dan jangkauan pasar mereka.

“Sebagai perusahaan teknologi, kami memahami pentingnya digitalisasi dan potensinya untuk berkembang lebih jauh,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Head, Huawei Consumer Business Group Indonesia dalam sebuah rilis. “E-commerce dan perbankan digital telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat sehari-hari, termasuk pengguna kami. Kami telah bekerja dengan berbagai perusahaan e-commerce serta bank, dan sekarang pengguna kami dapat menikmati berbagai aplikasi tersebut di setiap jenis smartphone Huawei.”

Kehadiran Aplikasi E-Commerce dan Internet Banking di Huawei AppGallery

Huawei AppGallery
Lo Khing Seng saat menjelaskan perihal huawei Mobile Services di sebuah acara di Jakarta beberapa waktu lalu.

Saat ini, Huawei telah berhasil menyediakan beberapa aplikasi perbankan di AppGallery, seperti BCA Mobile dan Permata Mobile X. Sedangkan untuk kamu yang gemar berbelanja online lewat e-commerce, aplikasi seperti BliBli, JD.ID, Bukalapak, Tokopedia, Lazada serta Matahari Mall juga tersedia. Sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk menggunakan aplikasi favorit tersebut pada ponsel yang tidak memiliki GMS, karena Huawei sudah bisa mengatasi hal itu.

Baca juga: Bakal Hadir di Indonesia, Inilah Spesifikasi Lengkap Huawei Mate Xs

“Kami berusaha untuk terus berkembang dan berharap pengguna kami dapat merasakan dampak positif dari aplikasi yang disediakan Huawei di AppGallery. Ini hanya permulaan dan kami akan terus berkolaborasi dengan lebih banyak lagi aplikasi lokal untuk memperkuat platform kami,” tambah Lo Khing Seng.

Kehadiran aplikasi yang biasa konsumen gunakan sehari-hari pada ponsel sangat penting, mengingat aplikasi tersebut membantu kita untuk menyelesaikan tugas dan kemudahan lainnya. Dengan umurnya yang masih sangat muda, jumlah ketersediaan aplikasi lokal yang berhasil hadir di dalam Huawei Mobile Services patut diapresiasi. Semoga kedepannya daftar aplikasi tersebut bisa lebih banyak lagi, sehingga konsumen tak perlu ragu membeli produk ponsel dari Huawei meski tanpa layanan Google.


Beli gadget Huawei di:

Shopee.co.id Blibli.com Lazada.co.id (Apps) Eraspace (Erafone)