Jakarta, Gizmologi – Infobip, platform komunikasi cloud global, merilis laporan terbaru bertajuk “Revolutionizing Customer Experience through the Power of Conversational Commerce.” Laporan ini menyoroti peningkatan penggunaan conversational commerce (perdagangan percakapan) dan komunikasi omnichannel yang didukung AI secara khusus di wilayah Asia Pasifik.
Dikatakan Country Manager Indonesia, Infobip, Rifa Haryadi bahwa bisnis di Asia Pasifik semakin menggali potensi dari Conversational AI untuk meningkatkan kebutuhan pelanggan akan interaksi yang mulus dan personal.
“67 persen bisnis di Indonesia berencana meningkatkan investasi mereka terhadap platform komunikasi bisnis sepanjang 2023/2024,” kata Rifa kepada awak media, Kamis (5/10).
Dalam konteks layanan pelanggan, conversational AI dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan bantuan teknis, dan menyelesaikan masalah. Teknologi ini dapat membantu bisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi biaya operasional. Laporan Infobip menyebutkan bahwa bisnis di Asia Pasifik yang menggunakan conversational AI untuk layanan pelanggan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 30 persen.
Baca Juga: Qiscus Tawarkan AI Assistant, Kolaborasi Manusia dengan Teknologi Kecerdasan Buatan
Conversational AI untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Selain itu, conversational AI juga dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Teknologi ini dapat digunakan untuk memberikan layanan pelanggan omnichannel yang didukung oleh AI, sehingga pelaku bisnis dapat memberikan layanan pelanggan yang konsisten dan personal di berbagai saluran.
Laporan Infobip menyebutkan bahwa bisnis di Asia Pasifik yang menggunakan conversational AI untuk layanan pelanggan omnichannel dapat meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 40 persen. Bahkan Indonesia menempati urutan ketiga di antara negara ASEAN, sesudah Filipina dan Thailand, dalam penggunaan solusi CPaaS untuk bisnis.
“Conversational AI adalah solusi yang efektif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Teknologi ini dapat digunakan untuk memberikan layanan pelanggan yang mulus, personal, dan omnichannel,” papar Miguel Turnbull, selaku Director of Strategic Partnership Development, Infobip.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




