Belajar dari Facebook Down, Instagram Uji Fitur Notifikasi Jika Layanannya Tumbang

Jakarta, Gizmologi – Kasus Facebook, WhatsApp, dan Instagram down alias bermasalah beberapa waktu lalu menjadi pelajaran bagi grup Facebook Inc. Tidak mau mengulangi kesalahan tersebut, Instagram akan menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi lebih cepat jika layanan yang mereka pakai sedang bermasalah.

Dikutip dari Engadget, fitur tersebut sangat sederhana yaitu sebuah notifikasi yang bakal diterima ketika Instagram bermasalah. Fitur baru ini nantinya akan muncul di bagian atas Activity Feed yang berisikan peringatan terjadinya gangguan dan informasi saat gangguan sudah teratasi.

“Namun kami tidak akan mengirim notifikasi setiap ada masalah tapi kami akan memberikan informasi apabila pengguna kebingungan dan mencari jawaban atas masalah tersebut, maka kami akan membantu memberikan informasi,” tulis Instagram di halaman blog resminya.

Fitur ini dibuat Instagram setelah melakukan diskusi dengan komunitas maupun penelitian ekstensif. Perusahaan menjelaskan bahwa gangguan Instagram membuat para penggunanya frustrasi, sehingga mereka ingin pengguna dapat mengetahui apa yang sedang terjadi langsung dari Instagram.

Baca Juga: WhatsApp, Facebook dan Instagram Tumbang Serentak

Diuji Secara Terbatas

Instagram Notifikasi

Instagram menyebut pihaknya sedang menguji coba fitur tersebut untuk sejumlah pengguna di kawasan Amerika Serikat (AS) selama beberapa bulan ke depan. Hal tersebut dilakukan sebelum Instagram menggulirkan pembaruan untuk semua pengguna di berbagai negara.

“Kami sedang menguji fitur baru yang akan memberitahu Anda di Activity Feed saat Instagram mengalami gangguan atau masalah teknis, maupun saat sudah teratasi.”

Dengan fitur ini diharapkan dapat memberikan informasi yang jelas kepada penggunanya mengapa layanannya mengalami gangguan atau down. Mengingat pada tanggal 4 Oktober kemarin, semua aplikasi milik Facebook tumbang termasuk tiga aplikasi populer yaitu WhatsApp, Messenger dan Instagram.

Masalah ini berlangsung hampir lebih dari enam jam, sehingga disebut sebagai kasus terburuk yang dialami Facebook Inc. Permasalahan ini cukup serius karena bukan hanya pengguna di Indonesia tapi pengguna sejumlah negara juga merasakan hal yang sama.

Tinggalkan komen


Bagi 10 responden terpilih, berhak mendapatkan
saldo e-wallet masing-masing senilai Rp100 ribu.