Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Fitur Baru iOS 13.5 Mudahkan Buka Kunci Menggunakan Masker

Apple baru saja merilis pembaruan perangkat lunak, iOS 13.5 & iPadOS 13.5 masing-masing untuk perangkat iPhone dan iPad yang mendukung. Selain perbaikan sistem dan beberapa fitur minor, iOS 13.5 dirilis dengan hadirkan dua fitur khusus berkat adanya pandemi Covid-19. Juga sebagai jalan untuk meneruskan program yang dijalankan Google & Apple untuk atasi pandemi.

Khusus untuk pengguna perangkat Apple yang gunakan sistem pengaman layar Face ID, pembaruan ini akan mempercepat proses buka kunci layar ketika sedang menggunakan masker. Hal tersebut sangat membantu terutama untuk pengguna yang harus menggunakan pelindung wajah setiap saat. Pembaruan berkisar 300MB dan bisa langsung diunduh saat ini.

Baca juga: Apple dan Google Kerja Sama Bangun Teknologi Pelacak Covid-19

iOS 13.5 Persingkat Waktu Buka Kunci Saat Gunakan Masker

Face ID iOS 13.5

Pada versi iOS sebelumnya, pengguna iPhone X dan 11 series serta iPad Pro harus menunggu beberapa detik sembari kamera mendeteksi wajah. Ketika proses gagal karena menggunakan masker, menu passcode baru dimunculkan. Ini akan terasa melelahkan ketika pengguna harus mengakses smartphone-nya berkali-kali dalam jeda waktu singkat.

Hadirnya iOS 13.5 tak berikan kemampuan kamera iPhone untuk deteksi wajah dibalik masker. Melainkan mempercepat munculnya passcode sehingga bisa lebih cepat membuka layar, mem-bypass sistem Face ID. Ini berlaku juga ketika pengguna hendak melakukan proses pembayaran yang memerlukan verifikasi. Fitur ini tentunya tidak berarti untuk pengguna iPhone yang masih menggunakan Touch ID seperti iPhone 7 maupun iPhone SE (2020). Dengan menggunakan sensor konvensional, proses buka kunci tidak pernah terganggu.

Selain itu, iOS 13.5 juga menghadirkan dukungan exposure notification API, kolaborasi Google & Apple. Nantinya smartphone dapat memberikan notifikasi apabila pengguna sedang berdekatan dengan seseorang yang positif terkena virus. Sistem ini masih bersifat nonaktif, sampai nanti ada aplikasi kesehatan yang mendukung. Setidaknya Apple menyiapkan sistemnya terlebih dahulu.

Bagikan Lagu Dari Apple Music ke Instagram Stories

Apple Music iOS 13.5

Lalu ada juga opsi untuk membagikan lagu yang sedang diputar dari Apple Music ke Instagram Stories. Sebelumnya fitur serupa hanya bisa dinikmati oleh pengguna Spotify. Apple mencoba mengimplementasikan hal serupa melalui versi beta yang sudah bisa dinikmati beberapa waktu lalu, sebelum akhirnya hadir secara resmi di iOS 13.5. Jadi sekarang pengguna Apple Music pun bisa berbagi lagu tanpa harus ambil screenshot secara manual.

Fitur lain yang dihadirkan adalah opsi untuk mematikan automatic prominence pada saat melakukan panggilan grup lewat FaceTime Video. Sebelumnya, video partisipan akan otomatis membesar ketika sedang berbicara, mendominasi layar dan memperkecil tampilan video peserta lainnya.

iOS 13.5 & iPadOS 13.5 juga hadir membawa perbaikan bug seperti isu layar hitam saat memainkan video dari situs tertentu. Perangkat lunak ini tersedia untuk seri iPhone 6s keatas, iPad Air 2/mini 4 keatas, serta iPod touch generasi ke-7 atau lebih baru. Selain itu, Apple juga masih merilis pembaruan keamanan lewat iOS 12.4.7 untuk iPhone 5s/6, iPad Air/mini 2/mini 3 serta iPod touch generasi ke-6.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.