Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rumor: Pembaruan iOS 15 Bakal Absen di iPhone 6s & iPhone SE

0 976

Apple telah merilis beragam produk terbaru sepanjang tahun 2020, dengan iPhone 12 series yang hadir sebagai lini smartphone flagship terbarunya, jalankan iOS 14. Menariknya, iOS 14 juga sudah hadir lebih dulu di seri-seri pendahulunya, sampai iPhone 6s yang rilis sejak 2015 lalu.

Nah, bagi pengguna iPhone 6s serta iPhone SE generasi pertama, mungkin telah menduga kabar buruk yang satu ini. Dilansir dari sebuah situs asal Israil, The Verifier, bakal ada tiga seri smartphone Apple yang absen atau tidak mendapatkan pembaruan iOS 15. Ketiganya adalah iPhone 6s, iPhone 6s Plus dan iPhone SE.

Baca juga: Apple Resmikan iPhone 12 & 12 Mini, Smartphone 5G Paling Mungil

Rumor Daftar Smartphone yang Bakal Dapatkan iOS 15

iPhone 7

The Verifier sendiri memiliki track record yang tidak terlalu bagus, namun mereka berhasil memprediksi bila semua produk Apple yang mendukung iOS 13, bisa naik ke pembaruan iOS 14. Jika rumor terbaru dari mereka benar, maka berikut adalah daftar iPhone yang bisa naik ke perangkat lunak iOS 15:

  • iPhone SE (2020)
  • iPhone 7 & 7 Plus
  • iPHone 8 & 8 Plus
  • iPhone X
  • iPhone XR
  • iPhone XS & XS Max
  • iPhone 11, 11 Pro & 11 Pro Max
  • iPhone 12, iPhone 12 Pro & 12 Pro Max
  • iPhone 12 Mini
  • iPod touch (generasi ke-7)

Ya, iPhone 7 bakal menjadi seri ‘minimal’ bila Gizmo friends berencana untuk membeli smartphone Apple yang masih dapatkan iOS 15. Tidak kaget, mengingat performanya masih cukup baik untuk digunakan di tahun sekarang. Hanya saja daya tahan baterainya sudah terasa kurang, terutama pada seri non-Plus.

Dan sangat wajar bila Apple jadikan iOS 14 sebagai pembaruan terakhir untuk iPhone 6s series. Sejak dulu, Apple selalu mendukung smartphone-nya dengan pembaruan software dalam kurun waktu 4-5 tahun. Sementara dua seri iPhone lawas ini dirilis sejak September 2015 lalu. Meski iPhone SE hadir di 2016, spesifikasi performanya sama persis.

Namun bagi pengguna tiga smartphone Apple lawas di atas, jangan khawatir. Apple bakal tetap berikan dukungan pembaruan keamanan, serupa dengan apa yang Apple telah lakukan di iPhone 6 series. Meski tidak ada pembaruan lain untuk menambahkan fitur-fitur baru, sehingga harus sudah puas lewat apa yang ditawarkan di iOS 14.

iPhone SE (2020) & iPhone 12 Mini Hadir Sebagai Alternatif

iPhone SE (2020)

Dengan absennya iPhone 6s dan iPhone SE tahun depan, konsumen kini memiliki dua pilihan smartphone kompak Apple yang punya performa tinggi, dan tentu saja bakal mendapatkan pembaruan perangkat lunak hingga beberapa tahun ke depan. iPhone SE (2020) menjadi alternatif paling murah, dengan desain yang sama persis seperti iPhone 6s.

Sementara bila Gizmo friends inginkan layar yang lebih besar dalam dimensi sedikit lebih kecil dari SE (2020), iPhone 12 Mini jadi alternatif terbaik. Sudah gunakan panel OLED, desain bezel-less, setara iPhone 12 secara spesifikasi namun dimensinya jauh lebih kecil. Tapi belum hadir resmi di Indonesia, ya. Jadi harus sabar dulu, kalau tidak mau repot-repot register IMEI bila memang membelinya dari luar negeri.