alexa

iPad Pro 2021 Kini Jauh Lebih Kencang dengan Chipset Apple M1

Bisa dibilang, peluncuran Apple yang diadakan secara virtual pada bulan April 2021 ini cukup impresif. Pasalnya, tak hanya satu saja perangkat baru yang diperkenalkan ke masyarakat. Selain yang benar-benar baru, iPad Pro 2021 iuga hadir membawa peningkatan sangat signifikan.

Berbeda dari iPad biasa dan iPad Air, iPad Pro memang lebih ditujukan bagi mereka yang memerlukan performa tinggi untuk pekerjaan profesional. Sehingga penggunaan cip Apple M1 memang hadir sebagai peningkatan yang bakal diapresiasi oleh para penggunanya. Meski masih hadir dalam model serupa.

Greg Joswiak, Senior VP, Worldwide Marketing, Apple menyebutkan bila cip M1 yang revolusioner telah menjadi sebuah terobosan untuk perangkat Mac, dan Apple sangat gembira untuk menghadirkannya di iPad Pro 2021. “Dengan kombinasi hardware, fitur dari iPadOS serta ekosistem aplikasi profesional yang bisa hadir dalam genggaman, tak ada yang seperti iPad Pro 2021”.

Baca juga: Logitech Siapkan Keyboard Untuk iPad Pro Baru

iPad Pro Kini Hadir dengan Opsi Layar XDR

iPad Pro 2021

Saking spesialnya, CEO Apple, Tim Cook sampai terjun membuat iklan khusus yang menampilkan ilustrasi dipasangnya cip M1 dari sebuah MacBook ke dalam iPad Pro 2021. Penggunaan cip dengan CPU 8 inti tersebut menghadirkan peningkatan performa hingga 50% bila dibandingkan dengan A12Z Bionic.

Sementara untuk kemampuan olah grafis meningkat hingga 40%. Bahkan bila dibandingkan dengan iPad generasi pertama, peningkatan GPU di iPad Pro 2021 lebih baik 1500 kali. Dipadukan dengan opsi penyimpanan hingga 2TB yang kecepatannya 2 kali lebih kencang, tentu bakal lebih pas untuk produktivitas.

iPad Pro 2021

Bahkan jarang-jarang Apple menyebutkan kapasitas RAM sebelumnya, di mana iPad Pro 2021 hadir dengan kapasitas 16GB. Plus, dukungan Thunderbolt dan standar USB 4 yang mendukung bandwidth hingga 40Gbps. Sehingga mendukung monitor eksternal termasuk Pro Display XDR dalam resolusi penuh 6K.

Tak hanya secara eksternal, varian 12.9 inci dari iPad Pro 2021 juga sudah gunakan panel Liquid Retina XDR, untuk kualitas dan akurasi terbaik. Apple gunakan lebih dari 10 ribu mini LED, yang bisa menyala sampai maksimum 1600 nits, dengan rasio kontras 1.000.000:1. Cocok untuk pembuat film dan keperluan professional lainnya.

Kamera depannya juga ditingkatkan, meski posisinya masih sedikit salah karena berada di samping kiri dalam posisi landscape. Sensornya kini 12MP, dan gunakan jenis Ultra Wide hingga 122 derajat. Selain bisa hasilkan foto potret, Apple sematkan fitur Center Stage, di mana frame video otomatis mengikuti objek manusia, memperbesar secara otomatis karena sudut pandangnya yang lebar.

Fitur Center Stage juga bakal bekerja di aplikasi pihak ketiga. Sementara ISP dan Neural Engine dari cip M1 hadirkan dukungan Smart HDR 3. Digabungkan dengan LiDAR Scanner pada kamera belakang, pengambilan foto dan video dalam kondisi kurang cahaya bakal lebih baik, dengan focus lebih cepat.

Sementara untuk aksesorisnya, Magic Keyboard terbaru hadir dalam opsi warna putih. Serta dilengkapi dengan lampu backlit dan trackpad. Apple juga menyebutkan bila iPadOS 14.5 bakal hadir pekan depan, bawa dukungan bahasa baru dan emoji baru.

Harga iPad Pro 2021

iPad Pro 2021

iPad Pro 2021 bakal mulai tersedia di 31 negara di seluruh dunia mulai dari 30 April 2021 mendatang. Hadir dalam warna Silver dan Space Gray, harga varian 11 incinya tetap dibanderol USD799 (Rp11,6 jutaan) untuk versi Wi-Fi dengan kapasitas 128GB.

Dan untuk iPad Pro 12.9 inci yang kini punya layar Liquid Retina XDR, harganya mulai dari USD1,099 (Rp15,9 jutaan). Dengan pilihan opsi memori lebih banyak; 128GB, 256GB, 512GB, 1TB dan 2TB. Magic Keyboard tetap dijual terpisah, seharga kisaran USD300 bergantung dari dimensi iPadnya sendiri.

Tinggalkan komen