Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Jelang Akhir Tahun, JD.ID Catat Peningkatan Nilai Penjualan (GMV) Hingga 100%

0 71

Menjelang akhir tahun 2020, JD.ID mengadakan rangkaian pesta diskon meriah bagi para pelanggan di Indonesia. Pesta diskon “double date” ini dimulai pada tanggal 9 September, berlanjut pada tanggal 10 Oktober, kemudian pada tanggal 11 November 2020. Hingga puncaknya pada perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember mendatang.

E-commerce yang berafiliasi dengan JD asal China tersebut bersama dengan para brand dan mitra seller menghadirkan program kampanye dengan berbagai penawaran. Mulai dari potongan harga, gratis ongkir, voucher belanja, cashback, dan lain-lain kepada seluruh pelanggan melalui website atau mobile apps.

Dengan mengadakan program promo tersebut, JD.ID berhasil memperoleh berbagai peningkatan yang signifikan,  jika dibandingkan dengan hasil pelaksanaan program kampanye pada tahun 2019. Pada pelaksanaan program kampanye 10.10 tahun ini (2020), JD.ID berhasil mencatat peningkatan jumlah kunjungan ke halaman promo hingga 150%, peningkatan jumlah pembeli hingga 400%, serta peningkatan nilai penjualan (GMV) hingga lebih dari 100%.

Mia Fawzia, Marketing Chief JD.ID menyampaikan apresiasi kepada pelanggan karena antusiasme dan dukungan pada pelaksanaan program kampanye tersebut. JD.ID telah berhasil meraih pencapaian yang positif dan mengalami banyak peningkatan dari berbagai aspek penjualan.

“Perlu diingat bahwa pesta diskon meriah ala JD.ID tidak berhenti sampai di sini saja. Pada bulan November hingga Desember mendatang, kami akan kembali hadir dengan lebih banyak kejutan menarik”, ungkap Mia pada siaran pers yang diterima Gizmologi di Jakarta (18/10).
Baca juga: Dukung Pemulihan Ekonomi, Shopee Berikan Bantuan Pinjaman Khusus UMKM

Program Kampanye JD.IDJD4U

Selama pelaksanaan program kampanye 10.10 ini, JD.ID juga berhasil mencatat kenaikan dari segi jumlah pesanan pada beberapa kategori favorit-nya, antara lain kenaikan jumlah pesanan pada kategori barang mewah atau Luxury hingga 800%, yang mana hasil ini merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan kenaikan jumlah pesanan pada kategori lain-nya (jika dibandingkan dengan pelaksanaan program kampanye 10.10 pada tahun 2019).

Tidak hanya itu, JD.ID-pun berhasil mencatat kenaikan jumlah pesanan hingga 500% pada kategori Virtual, yang diikuti dengan kenaikan jumlah pesanan hingga 200% pada kategori Otomotif, Binatang Peliharaan, serta Gaming & Smart (jika dibandingkan dengan pelaksanaan program kampanye 10.10 pada tahun 2019).

Bersamaan dengan berbagai kenaikan tersebut, JD.ID juga berhasil mencatat kenaikan jumlah pesanan pada kategori Olahraga, Hobi, dan Kegiatan di Luar Ruangan (outdoor) hingga lebih dari 200% (jika dibandingkan dengan pelaksanaan program kampanye  10.10 pada tahun 2019), yang mana hasil ini masih sangat dipengaruhi oleh minat masyarakat untuk mendalami gaya hidup sehat melalui tren alternatif baru, seperti berolahraga dan berkegiatan di luar ruangan, untuk mengisi waktu di tengah situasi pandemi.

Lebih lanjut, pada sisi nilai penjualan atau yang kerap disebut sebagai GMV (Gross Merchandise Value), JD.ID berhasil mencatatkan bermacam kenaikan, antara lain kenaikan nilai penjualan yang tertinggi hingga 2000% pada kategori barang mewah atau Luxury, kenaikan nilai penjualan hingga 700% pada kategori Permainan Anak & Hobi, kenaikan nilai penjualan hingga lebih dari 200% pada kategori Olahraga, Hobi, dan Kegiatan di Luar Ruangan, hingga kenaikan nilai penjualan hingga 200% pada kategori Virtual, Peralatan Rumah Tangga, dan Audio (jika dibandingkan dengan pelaksanaan program kampanye 10.10 pada tahun 2019).