Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dukung Pemulihan Ekonomi, Shopee Berikan Bantuan Pinjaman Khusus UMKM

1 929

Berbicara dampak ekonomi nasional, pelaku UMKM adalah salah satu yang paling terdampak selama masa pandemi Covid-19. Berbagai pihak seperti pemerintah berusaha untuk mencoba meredam serta kembali pulihkan situasi tersebut. Tak terkecuali e-commerce lokal di Indonesia, salah satunya Shopee. Sebagai platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, Shopee luncurkan bantuan ekonomi untuk para pihak yang terdampak.

Bantuan tersebut diluncurkan melalui program “Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee”. Sasaran utamanya adalah para pelaku UMKM di seluruh Indonesia, sebagai sektor yang terkena dampak terberat di masa pandemi saat ini. Lewat bantuan ini, Shopee mengambil peran untuk mendukung Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020, tentang pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pemerintah menilai ada urgensi bantuan pemulihan ekonomi dalam rangka atasi dampak Covid-19, agar tidak mengoreksi ekonomi lebih dalam. Hal tersebut disampaikan dalam pernyataan kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Febrio Nathan Kacaribu pada sebuah konferensi pers tentang program PEN. Aktivitas ekonomi yang terdampak termasuk ekspor-impor, konsumsi yang terganggu sampai nihilnya pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Shopee Catat Perubahan Tren Belanja di Masa Pandemi & Ramadan 2020

Bantuan Likuiditas Dalam Bentuk Kredit Usaha Rakyat

Program Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan bila diperlukan sinergi berkelanjutan dari pihak swasta dan pemerintah untuk dapat bantu siasati dampak Covid-19 terhadap perekonomian. Melalui program bantuan ‘Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee’, pihaknya melanjutkan komitmen setelah sebelumnya rilis program stimulus Dukungan Covid-19 100M Shopee.

“Selain menyediakan bunga pinjaman spesial dan stimulus modal, Shopee juga turut menyertakan inisiatif ekspor untuk terus memperluas jangkauan mitra penjual UMKM kami,” terang Handhika. Shopee berharap jika bantuan ekonomi ini dapat tepat guna, membantu sektor UMKM secara signifikan di tengah situasi pandemi.

Dibuat sejalan dengan skema PEN yang sudah ditetapkan, Shopee bekerja sama dengan bank Rakyat Indonesia (BRI). Keduanya akan sediakan bunga pinjaman spesial kepada lebih dari 10 ribu UMKM. Solusi pembiayaan akan diberikan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dengan kerja sama ini, para pelaku UMKM dapat mengakses bantuan modal secara lebih mudah. Meminimalisir banyaknya persyaratan administrasi pinjaman.

Selain memberikan pinjaman, Shopee juga akan membantu 20 ribu UMKM lokal agar dapat mengekspor produknya ke negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura. Mulai dari bulan April kemarin, Shopee kembangkan program ekspor yang telah sukses mengekspor 5.000 produk-produk lokal ke Malaysia dan Singapura. Ekspor dinilai dapat menjadi salah satu peluang yang dapat dimaksimalkan oleh pelaku UMKM, sebagai upaya menjaga perputaran roda ekonomi.

Selain UMKM, Shopee Berikan Benefit Untuk Penggunanya

Shopee juga alokasikan dana 17M rupiah untuk tingkatkan transaksi UMKM lokal dan para penggunanya. Lewat program ‘Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee’, dukungan akan diberikan ke tak hanya penjual, termasuk untuk pembeli. Langkah dukungan ini ditujukan untuk menjaga roda ekonomi agar tetap berputar. Serta diharapkan dapat mendorong konsumsi di kalangan masyarakat Indonesia.

Untuk pelaku UMKM, Shopee berikan subsidi voucher toko terhadap penjual baru, agar dapat promosikan toko mereka dan mendapatkan konsumen. Semua penjual juga mendapatkan keringanan biaya untuk dapat membantu menurunkan biaya operasi. Juga diberikan subsidi kredit iklan untuk tingkatkan visibilitas toko serta produk mereka.

Sementara bagi kamu pembeli setia di Shopee, akan ada banyak promo berupa cashback dan voucher di puncak kampanye ‘7.7 Pesta Diskon Supermarket’. Shopee akan berikan ragam hadiah menarik melalui gim di aplikasi Shopee, plus voucher khusus gratis ongkir untuk pembelian pada menu ShopeeMart.