Dorong Industri Game Lokal Berkembang, Kominfo Gelar IGDX 2021

Jakarta, Gizmologi – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) untuk kembali mengadakan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX 2021). Inisiasi ini dilakukan untuk mendukung industri game lokal agar bisa bersaing secara global.

“Kami akan bekerja sama dengan ekosistem supaya game Indonesia tumbuh,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, pada saat jumpa pers virtual, Rabu (28/7).

IGDX sendiri pernah diselenggarakan pada 2019 lalu, ajang mempertemukan pelaku industri gim lokal dengan yang global. IGDX 2021 menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia industri game Tanah Air sekaligus ruang pameran karya industri game lokal.

“Ini juga menjadi sarana peningkatan kualitas SDM industri game tanah air dan showcase bagi karya industri game dalam negeri,” imbuhnya.

Tahun ini, pelaksanaan event IGDX 2021 akan diselenggarakan mulai dari Oktober – November 2021. Diharapkan, dengan lebih banyak rangkaian kegiatan yang terselenggara, mampu memberikan dampak positif bagi industri game dalam negeri.

Ada tiga kegiatan utama dalam IGDX 2021, mulai dari IGDX Academy, IGDX Business dan IGDX Conference. Nantinya kegiatan ini akan dilakukan secara hybrid, dalam jaringan online maupun offline dan disiarkan melalui platform virtual experience dengan menghadirkan berbagai pembicara dari tokoh ternama di industri game dalam negeri maupun internasional, perwakilan investor, serta perwakilan sektor industri lainnya.

“Jadi program yang kita laksanakan sekarang ini, akan memberikan pelatihan, fasilitas dengan skala yang lebih besar dan diharapkan memiliki dampak yang lebih besar bagi para pelaku industri game Indonesia,” kata Plt. Direktur Ekonomi Digital Kominfo, I Nyoman Adhiarna.

Ia mengajak para pelaku industri game lokal untuk memanfaatkan dengan baik peluang dalam ajang IGDX. Pendaftaran untuk IGDX Academy akan dibuka sampai dengan 02 Agustus 2021 melalui situs www.igdx.id.

Baca juga: Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021, Diikuti Lebih dari 20 Ribu Peserta

IGDX 2021 Ajang Showcase Game Developer Lokal

Indonesia game developer exchange (IGDX)

Sedikit informasi, event ini merupakan course program, di mana Kominfo dan AGI bukan memberikan dana tetapi pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan untuk membuat developer berkembang. Termasuk mempertemukan, studio game lokal dengan para calon investor.

Presiden Asosiasi Game Indonesia (AGI), Cipto Adiguno mengatakan dengan kembali digelarnya event IGDX akan menjadi wadah yang baik bagi game developer level advance dan level intermediate untuk bisa mengembangkan kemampuannya, terutama dalam pengembangan produk dan bisnis.

“IGDX menempati posisi yang unik dan krusial dalam industri game Indonesia. Dengan menarget secara spesifik para pelaku profesional, dan bukan pemula atau amatir, IGDX menaikkan batas atas kemampuan developer lokal agar semakin mampu bersaing secara global,” ujarnya.

Akan ada beberapa praktisi dari studio game lokal maupun internasional yang siap menjadi pembicara dalam IGDX Academy. Beberapa di antaranya, Benjamin Chevalier (Mighty Bear Games), Carmen Shen (Garena), Langer Lee (Mixi Inc), Jason Della Rocca, Rami Ismail, Shieny Aprilia (Agate), dan Kris Antoni (Toge Productions).

Sementara IGDX Business akan menjadi panggung bagi para peserta untuk bertemu dengan calon partner yang dapat membukakan pintu ke pasar global. IGDX Conference menyediakan informasi terkini di industri game lokal dan hubungan serta rencana Indonesia ke depan.

 

Tinggalkan komen