alexa

Konfabulasi, Film Pendek Epik yang Direkam dengan Galaxy S21 Ultra

Untuk membuktikan kedigdayaan kamera pada smartphone flagship besutannya, Samsung menggelar Galaxy Movie Studio. Program ini mengajak para pengguna membuat film pendek menggunakan smartphone. Terbaru, Samsung bahkan mengajak sineas Angga Dwimas Sasongko memproduksi film pendek “Konfabulasi”.

Film pendek ini telah tayang sejak 5 Mei 2021 yang bisa ditonton di channel YouTube Samsung Indonesia atau bisa langsung ditontong di bawah. Hal paling menarik tentu saja adalah ini film pendek pertama yang seluruh adegannya direkam menggunakan inovasi teknologi Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

“Melalui film Konfabulasi, kecanggihan inovasi Galaxy S21 Ultra 5G terbukti yang terdepan dan terbaik, sehingga dapat menghasilkan film pendek yang epik. Menggunakan Samsung Neo QLED 8K TV menyempurnakan proses post production film tersebut,” ujar Miranda Warokka, IT & Mobile Marketing Director, Samsung Electronics Indonesia.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S21 5G: Flagship Kecil Bertenaga

Cerita di Balik Produksi Film Konfabulasi

Galaxy Movie Studio 2021 meluncurkan film pendek KonfabulasiSutradara Angga Dwimas Sasongko membagikan pengalaman menggunakan Galaxy S21 Ultra untuk memproduksi film Konfabulasi. “Film ini bercerita tentang usaha mencuri memori, diceritakan ada seorang agen yang dilatih untuk mengambil keputusan secara cepat terutama tentang nilai yang bertentangan dengan kemanusiaannya,” ujar Angga.

Ia menambahkan, film “Konfabulasi” yang direkam dengan Galaxy S21 Ultra 5G ini, ternyata bisa di-treat sebagai sebuah kamera yang lincah dengan banyak gerakan cepat. Terlihat adegan cepat di film ini dapat direkam dengan sangat baik layaknya sebuah kamera profesional yang menunjukan sensor kamera Galaxy S21 Ultra 5G juga bagus.

Di film ini juga terlihat banyak adegan low light yang mampu ditangkap oleh Galaxy S21 Ultra 5G dengan baik. Dengan kata lain kita membuktikan kita bisa membuat sebuah film dengan story telling dan adegan yang kompleks, adegan mobil terbalik salah satu contohnya. “Kamera Galaxy S21 Ultra 5G juga kita letakkan di segala macam angle yang bisa dibilang tidak biasa, namun ternyata dibuktikan dengan hasilnya yang bisa ke level profesional,” imbuhnya.

Sinopsis Konfabulasi

“Konfabulasi” merupakan sebuah film pendek bergenre action heist yang bercerita tentang Bilal yang diperankan oleh Reza Rahadian dan Marla yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Keduanya terhubung melalui sebuah perangkat untuk menjalani proses konfabulasi. Konfabulasi merupakan sebuah proses rekonstruksi memori dengan mengisi  memori palsu yang berasal dari arahan, pernyataan, dan tebakan yang masuk akal.

Marla adalah seorang mentor yang berusaha memasuki ingatan dan “mencuri memori” dari Bilal. Di sisi lain, Bilal merupakan seorang agen yang hendak menerima tugas pertamanya. Marla berusaha mengganti repressed memory Bilal dan menggantinya dengan false memory. 

Usaha itu membuat Marla masuk ke alam bawah sadar (memori) Bilal dan menggantinya dengan kesadaran baru. Pencurian memori yang dilakukan Marla menghasilkan kesadaran baru Bilal sesuai dengan yang telah dibayangkan.

Dian Sastrowardoyo sebagai aktor yang terlibat dalam film pendek Konfabulasi ini, menceritakan lebih lanjut tentang film Konfabulasi. Menurutnya, konfabulasi merupakan kata yang berasal dari konsep penanaman pemahaman di dalam psikologi manusia. Penanaman ini dilakukan dengan menggunakan kilas balik memori, jadi struktur memori ini membentuk kepribadian manusia.

“Saat kita mengrekstruktur memori tersebut, maka kepribadian manusia tersebut juga terekonstruksi. Cerita yang kompleks ini disajikan secara profesional dengan Galaxy S21 Ultra 5G,” ungkap Dian Sastrowardoyo.

Tinggalkan komen