Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mi Watch Revolve, Smartwatch Premium Terbaru Xiaomi

0 3.162

Termasuk dalam salah satu negara dengan jumlah pengguna terbanyak, selain Indonesia, Xiaomi juga sering merilis produk baru lebih dulu di India. Mulai dari smartphone, IoT hingga perangkat elektronik lainnya seperti MI TV. Kemarin (29/9), Xiaomi India mengadakan acara daring “Xiaomi Smarter Living Event 2021”, ditayangkan di YouTube resminya.

Sesuai dengan namanya, dalam acara tersebut, Xiaomi lebih fokus untuk merilis produk-produk IoT. Di antaranya Mi Band 5 (yang hadir resmi di Tanah Air dengan nama Mi Smart Band 5), sebuah smart speaker dan smartwatch yang cukup menarik, yaitu Mi Watch Revolve yang menjalankan sistem operasi khusus dari Xiaomi.

Baca juga: Review Redmi 9C: Tiga Kamera Lengkap Harga Rp1,4 Jutaan

Keunggulan Xiaomi Mi Watch Revolve

Mi Watch Revolve

Ini adalah smartwatch pertama dari Xiaomi yang rilis untuk pasar India. Kalau desainnya terlihat familiar, ini adalah Mi Watch Color yang sebelumnya rilis khusus untuk pasar Tiongkok. Layarnya berdimensi 1,39 inci, gunakan panel AMOLED dan sudah terlindung oleh Gorilla Glass 3.

Selain mendukung input sentuh, terdapat dua tombol di sebelah kanan untuk membantu navigasi. Xiaomi Mi Watch Revolve hanya hadir dalam varian 46mm saja, dengan strap 22mm yang bisa digonta-ganti secara universal dan bodi terbuat dari stainless steel. Layarnya sudah mendukung always-on display, dan Xiaomi telah berikan lebih dari 110 pilihan watch face.

Menjalankan sistem operasi sendiri, jam tangan pintar ini diklaim bisa tahan hingga dua minggu penggunaan, berkat baterai berkapasitas 420 mAh. Untuk penggunaan dengan GPS non-stop, bisa tahan sampai 20 jam, sementara pengisian dayanya memerlukan waktu kurang dari 2,5 jam.

Sensor yang dimiliki cukup lengkap, termasuk PPG heart rate sensor, akselerometer, giroskop dan GPS. Perangkat ini bisa disambungkan baik ke smartphone Android maupun iOS, lewat aplikasi Xiaomi wear. Sementara untuk ketahanan air, Mi Watch Revolve mendukung water resistance 5ATM (hingga kedalaman 50 meter). Untuk pantau kesehatan, tampilan aplikasinya gunakan algoritma dari Firstbeat.

Mi Watch Revolve sanggup memantau aktivitas detak jantung, VO2 Max, energi serta tingkat stress sepanjang hari. Data yang diterima dari sensor akan diolah untuk berikan input yang informatif ke penggunanya. Sementara untuk olahraga, ada 10 mode yang bisa dipilih, termasuk treadmill, berenang, bersepeda dan trekking.

Fitur lain yang ditawarkan adalah membaca notifikasi, mengangkat maupun tutup telepon, altimeter dan fitur find my phone. Mi Watch Revolve juga akan ingatkan penggunanya untuk bergerak jika duduk atau berdiam diri terlalu lama.

Mulai Tersedia di India Oktober Mendatang

Mi Watch Revolve

Harga smartwatch ini cukup terjangkau, jika dibandingkan dengan fitur dan desainnya yang terlihat premium. Mulai tersedia di India pada 6 Oktober mendatang, Mi Watch Revolve dijual seharga USD149 (Rp2,2 jutaan), dengan harga khusus selama perayaan Diwali menjadi USD139.

Sementara di Indonesia, pihak resmi Xiaomi hanya menjual Amazfit Bip untuk smartwatch. Belum ada pilihan smartwatch lain yang lebih baru dan lebih canggih, baik dari Amazfit maupun Xiaomi sendiri. Kalau Mi Watch Revolve dibawa resmi, apakah Gizmo friends berminat untuk membelinya?