Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Netflix Bakal Lacak Pengguna yang Bagikan Password ke Orang Lain

0 510

Jika kamu mengamati media sosial Twitter, setiap twit yang viral sering kali dibanjiri dengan akun yang mempromosikan jual akun Netflix berbagi. Karena dipakai barengan dengan pengguna lain yang tidak dikenal, tentu harganya menjadi lebih murah. Jelas, ini membuat potensi pendapatan yang hilang bagi Netflix.

Oleh karena itu, platform streaming asal Amerika Serikat tersebut menguji fitur baru pelacakan terhadap pengguna yang telah membagikan password agar akunnya dapat dipakai orang lain. Dikutip dari The Streamable, walau sampelnya masih terbilang sedikit, perusahaan telah mengkonfirmasi dari sejumlah pengguna layanan streaming mulai meluncurkan uji peringatan kepada mereka yang diduga meminjam informasi login akun dari pengguna di luar rumah atau keluarga mereka.

Baca juga: 
Netflix Bakal Tayangkan Serial Animasi Adaptasi Game DOTA: Dragon Blood
Pecundangi Netflix, Disney+ Hotstar Raih 2.5 Juta Pelanggan di Indonesia

Untuk saat ini, sejumlah pengguna yang terkena dampak masih relatif kecil. Peringatan itu akan muncul dan meminta pengguna memverifikasi ulang akun yang pengguna pakai dengan memasukan kode verifikasi. Pesan akan tertulis demikian “If you don’t live with the owner of this account, you need your own account to keep watching.

Memastikan Keamanan Pengguna

Paket Xtra Unlimited Turbo
Ilustrasi pengguna mengakses Netflix (Foto: 123rf/prykhodov)

Menurut juru bicara Netflix, tes ini dirancang untuk membantu memastikan setiap orang yang menggunakan akun Netflix diizinkan untuk melakukannya. Tes hanya dilakukan untuk keamanan akun dan dalam pembagian kata sandi. Tidak jelas apakah semua pengguna dalam pengujian harus menggunakan alamat IP yang sama.

Diperkirakan, sekitar 33% dari seluruh pengguna membagikan kata sandi mereka dengan setidaknya satu orang lain, menurut riset Magid. Hingga sekarang, Netflix belum berbuat banyak untuk menghentikan tindakan tersebut, karena pertumbuhan yang kuat dalam jumlah pelanggan dan harga sahamnya mengimbangi kekhawatiran tentang hilangnya pendapatan.

Meskipun ini bukan tindakan yang mengejutkan, sudah selayaknya Netflix mulai menindak pembagian kata sandi. Melalui persaingan dari layanan streaming yang hampir tak terhitung jumlahnya, Netflix perlu lebih memperhatikan pertumbuhan pengguna. Terutama saat ini, untuk memastikan pengguna yang melakukan tindakan tersebut untuk membuat akunnya sendiri. Dengan begitu, perusahaan dapat meningkatkan metrik utama mereka.

Membuat Pengguna Menggunakan Akunnya Sendiri

Netflix
Ilustrasi Netflix (Tech Crunch)

Layanan streaming ini telah lama mengklaim, membiarkan orang meminjam kata sandi sebagai salah satu saluran pemasaran terkuat perusahaan. Walaupun tidak pernah dikonfirmasi secara resmi, laporan menyebut Netflix memiliki metrik yang menunjukkan pengguna memakai akun Netflix orang lain kemungkinan besar akan mendaftar untuk akun mereka sendiri.

Baca juga: Ini Perbandingan Layanan Streaming Disney+ Hotstar, Netflix, dan Amazon Prime

Adanya kebijakan baru tersebut, setiap orang untuk dapat membuat akunnya sendiri.Melalui penerapan kebijakan ini, dapat membuat Netflix bersaing dengan layanan streaming lainnya seperti Disney+, Paramount+, HBO Max,  Amazon Prime dan lainnya. Semakin banyak orang menerima peringatan ini, Netflix ke depannya bisa meningkatkan keamanannya, sehingga banyak orang tertarik untuk berlangganan.

Tinggalkan komen