OnePlus 9R Hadir Menjadi Opsi Terjangkau dengan Snapdragon 870

Pekan lalu (23/3), OnePlus mengadakan sebuah acara global untuk merilis lini smartphone flagship mereka, OnePlus 9 series. Tak seperti biasanya, kehadiran perangkat terbaiknya diikuti juga dengan sebuah smartwatch pertama dari OnePlus, serta opsi terjangkau, OnePlus 9R, khusus untuk segmen pasar tertentu.

Selain di negara asalnya, China, OnePlus juga cukup populer di beberapa wilayah negara lain seperti Eropa dan Amerika Serikat—khusus untuk negara kedua, sampai dihadirkan seri khusus bekerja sama dengan operator tertentu. Nah, OnePlus 9R kali ini hadir berbeda, diperkenalkan secara spesifik untuk para konsumennya di India sebagai sebuah flagship killer.

Menjadi flagship killer, OnePlus 9R bakal punya banderol harga yang lebih terjangkau, tanpa mengesampingkan spesifikasi. Secara desain, smartphone Android premium ini hadir dengan tampilan serupa OnePlus 9 series, bahkan dengan setup empat kamera yang punya dua sensor besar di belakang. Dirancang tipis dengan bobot 189 gram, yang berbeda hanyalah absennya logo Hasselblad.

Baca juga: OnePlus 9 & 9 Pro, Flagship Mewah Berkamera Hasselblad

Spesifikasi OnePlus 9R Dibuat Lebih Modis

OnePlus 9R

Sama-sama terbuat dari material kaca, bodi belakang OnePlus 9R hadir tanpa perlindungan Gorilla Glass 5, serta permukaannya dirancang dengan warna matte. Dan untuk memangkas biaya produksi, sertifikasi IP rating juga absen. Artinya, tak bisa bebas digunakan untuk menyelam. Sementara bingkainya berbahan metal, dan tampak depannya terlihat mirip.

Bila biasanya flagship terjangkau hadir dengan panel IPS, lain halnya dengan OnePlus 9R. Panelnya tetap menggunakan AMOLED (atau yang OnePlus sebut dengan Fluid AMOLED), berdimensi 6,55 inci dengan resolusi full HD+. Tanpa sertifikasi dari DisplayMate, harusnya masih cukup berkualitas dengan dukungan HDR10+, refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz.

Gunakan panel flat, tampilan depannya lebih mirip OnePlus 8T dan OnePlus 9 varian biasa. Selain layar, spesifikasi kamera utamanya pun juga dibawa dari seri 8T. Belum dengan campur tangan Hasselblad dan sensor baru Sony, sensor utama OnePlus 9R gunakan modul Sony IMX586, beresolusi 48MP dengan OIS. Di sebelahnya, ada sensor Sony IMX481 16MP yang bisa tangkap bidang seluas 123 derajat (ultra wide-angle).

Sementara dua sensor kecil di bawahnya adalah sensor 5MP untuk makro dan 2MP monokrom—setidaknya sensor makro pada OnePlus 9R lebih besar dalam resolusi ya. Belum bisa rekam video 8K, namun setidaknya sudah mendukung 4K 60fps dan slow-motion sampai 480 fps (720p). Diklaim cocok untuk gaming, chipset Snapdragon 870 dipadukan dengan vapor chamber agar suhu perangkat terjaga.

Sementara baterai dan pengisian dayanya dibuat sama dengan sang kakak. Dengan kapasitas 4,500 mAh, pengisian dayanya sudah mendukung kecepatan hingga 65 watt, meski tanpa dukungan wireless charging. OnePlus mengklaim bila mengisi 15 menit sudah cukup untuk penggunaan sehari penuh.

Tanpa jack audio 3,5mm, mendengarkan lagu lewat smartphone ini hanya bisa lewat port USB-C atau secara nirkabel, atau dengan speaker stereo yang dilengkapi dukungan Dolby Atmos. Dan untuk tingkatkan pengalaman gaming, OxygenOS terbaru dilengkapi Pro Gaming Mode, optimalkan performa melalui software.

Harga & Ketersediaan OnePlus 9R

OnePlus 9R

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, OnePlus 9R hadir khusus untuk pasar India, dan bakal tersedia lewat jalur pre-order di awal April mendatang. Disediakan dua opsi pilihan warna; Lake Blue dan Carbon Black.

Selain warna, juga ada dua opsi kapasitas RAM dan penyimpanan internal. Untuk yang paling terjangkau, OnePlus 9R 8/128GB dibanderol INR39,999 (Rp7,99 jutaan). Sementara opsi tertinggi dengan memori 12/256GB dijual seharga INR43,999 (Rp8,7 jutaan).

Tinggalkan komen