Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OnePlus Rilis Earphone TWS Pertama dengan Daya Tahan 30 Jam

0 931

Dikenal dengan smartphone flagshipnya yang miliki performa kencang, pabrikan yang masih berada dalam naungan induk yang sama seperti OPPO serta vivo satu ini baru saja meluncurkan sebuah produk kelas menengah. Yaitu OnePlus Nord, hadir dengan chipset Snapdragon 765G yang dinilai cukup bertenaga, serta telah mendukung jaringan 5G. Selain itu, OnePlus juga perkenalkan perangkat aksesori jenis baru.

Sebelumnya, OnePlus memang telah merilis perangkat audio kabel maupun wireless. Namun masih belum tanpa kabel sama sekali, sampai pada akhirnya OnePlus resmikan OnePlus Buds. Ketika ditanya alasan mengapa OnePlus baru merilis earphone TWS di pertengahan tahun 2020, beberapa faktor utamanya adalah mengenai daya tahan baterai serta latensi suaranya.

Baca juga: OnePlus Nord Hadir dengan Snapdragon 765G, Harga Mulai Rp4 Jutaan

Keunggulan OnePlus Buds

Desainnya dibuat simpel, dengan masing-masing earbud memiliki desain serupa AirPods. Dalam artian, OnePlus Buds hadir tanpa eartip yang bisa disesuaikan dengan ragam bentuk telinga. Fitur-fitur yang dihadirkan juga tidak terlalu wah, tanpa noise cancellation dan dukungan wireless charging pada kotak penyimpanannya yang memiliki sudut tumpul.

Masing-masing earbud memiliki bobot sekitar 4,6 gram, sehingga tidak terasa berat di masing-masing telinga. OnePlus sertakan sertifikasi IPX4 untuk tahan cipratan air maupun keringat. Perangkat ini hadir dalam tiga opsi warna yaitu putih, abu-abu dan biru.

Namun yang menarik, OnePlus Buds miliki daya tahan baterai yang bisa dibilang fenomenal. Dalam sekali pakai, masing-masing earbud dapat digunakan untuk dengarkan lagu hingga 7 jam. Masih di bawah Samsung Galaxy Buds Plus, tapi juga sudah lebih baik dari earphone TWS lain yang hanya bertahan pada kisaran 4 jam.

Lebih lagi, dikombinasikan dengan case-nya, total waktu penggunaan mencapai 30 jam. Dan bukan perangkat OnePlus namanya jika tidak mendukung teknologi pengecasan cepat. Isi daya penuh OnePlus Nord hanya butuh waktu 80 menit lewat port USB-C, sementara pengisian 10 menit sudah dapat memutar musik hingga 10 jam.

Untuk kualitas audionya, driver pada masing-masing earbud berdimensi cukup besar, yaitu 13,4mm. OnePlus sertakan dukungan efek suara Dolby Atmos untuk keluaran audio yang menggelegar. Ketika digunakan untuk menelepon, fitur environmental noise cancelling mampu menyumbat suara keramaian, sehingga penerima telepon masih dapat mendengar suara penelepon dengan jelas.

Bagian punggung dari OnePlus Buds mendukung input sentuh untuk mengatur jalannya lagu, angkat telepon sampai memanggil asisten suara dari smartphone yang tersambung. Khusus untuk pengguna OnePlus, mereka akan dapat menikmati fitur eksklusif, ultra low-latency audio yang diklaim mempersempit lag hingga terasa seperti memakai headphone kabel.

Harga OnePlus Buds

OnePlus Buds

Perangkat yang memiliki opsi warna cukup ikonik ini mulai dijual di Amerika Serikat, Eropa serta India—salah satu negara di Asia Pasifik yang penjualannya cukup tinggi. Harganya juga tak terlalu mahal, yaitu USD79 atau sekitar Rp1,1 jutaan untuk sebuah unit OnePlus Buds.

Di Indonesia, harga tersebut dapat bersaing dengan Mi True Wireless Earphones 2 dan realme Buds Air, meskipun keduanya sedikit lebih murah. Sementara untuk yang inginkan fitur noise cancellation, bisa memilih Huawei FreeBuds 3i di Rp1,399 juta.