OPPO Janjikan 4 Tahun Pembaruan Untuk Reno & Find Series

Jakarta, Gizmologi – Berbeda dengan jajaran seri iPhone yang selalu mendapat dukungan pembaruan perangkat lunak hingga bertahun-tahun lamanya, situasi serupa hanya terjadi di Android seri flagship saja. Sementara untuk pengguna seri kelas menengah ke bawah, harus bersabar atau bahkan tidak mengharapkan pembaruan versi Android sama sekali.

Namun situasi ini mulai perlahan berubah sejak dua tahun terakhir, di mana vendor smartphone mulai berikan perhatian kepada pengguna smartphone lamanya. Kini bertambah satu, yaitu OPPO yang baru saja umumkan aturan baru terkait pembaruan perangkat. Efektif untuk semua lini serinya, mulai dari OPPO Find series, OPPO Reno series sampai A series.

Tahun lalu, Samsung mulai mencanangkan sistem tersebut, menjadi produsen smartphone pertama di luar Google yang berani berikan jaminan tiga generasi Android dan setidaknya empat tahun pembaruan keamanan bulanan untuk seri kelas menengah hingga flagship—jauh berubah dari kondisi terdahulu yang dikenal selalu ‘pelit’ update atau selalu terlambat.

Baca juga: Gadget Champions 2021: OPPO Reno6 Pemenang Kategori Best for Content Creation

Public Beta ColorOS 12 Sudah Dibuka Untuk Find X3 Pro

OPPO Find X3 Pro ColorOS 12

Tak lama setelah Samsung, OnePlus yang dikenal selalu hadirkan fitur berlimpah dengan tampilan mirip stock Android, turut ikuti aturan yang sama. Kemudian Xiaomi menyusul dengan Mi 11T series, sembari menginformasikan bila ada kemungkinan peraturan tersebut diterapkan di seri lamanya, yang tidak disebutkan secara spesifik baik waktu dan serinya.

Pengumuman aturan baru terkait software update ini disampaikan oleh OPPO beberapa saat setelah pengenalan ColorOS 12 di China, yang bakal dirilis dalam beberapa hari mendatang secara global. Tanpa banyak perubahan tampilan antarmuka, sistem operasi berbasis Android 12 tersebut utamakan kemudahan penggunaan serta fitur keamanan yang ditingkatkan.

Di China sendiri, program Public Beta untuk ColorOS 12 sudah dibuka untuk mereka yang ingin menjajalnya lebih dulu. Skema serupa juga tentu akan diaplikasikan ke wilayah lain, nanti setelah peluncuran pembaruan tersebut diadakan untuk global. Pengguna OPPO Find X3 Pro di Malaysia dan Indonesia juga sudah bisa bergabung untuk mencoba dan bantu menyempurnakan perangkat lunak terbaru ini.

OPPO A Series Dapat 3 Tahun Pembaruan Keamanan

Desain OPPO A16

Lalu apakah penerapannya sama untuk tiga kategori seri yang berbeda? Tentu tidak. Untuk pembaruan versi Android, OPPO Find series bakal mendapatkan setidaknya tiga pembaruan. Sehingga untuk Find X2 Pro & Find X3 Pro setidaknya bakal mendapat Android 14 di dua tahun mendatang. Lalu untuk OPPO Reno series, turun menjadi dua pembaruan.

Nah, untuk OPPO A series, OPPO masih berikan setidaknya satu pembaruan major versi Android. Namun untuk seri tertentu saja, karena pihaknya mengatakan bila cukup sulit untuk hadirkan ColorOS ke perangkat dengan RAM yang lebih pas-pasan. Dikabarkan pula juga OPPO tengah siapkan versi khusus untuk seri entry-level nantinya.

Lalu bagaimana dengan pembaruan keamanan? Untuk OPPO Find & Reno series, bisa sampai empat tahun sejak peluncuran, sementara A series cukup impresif hingga tiga tahun. Semuanya datang tiap tiga bulan sekali—kecuali Find series yang mendapatkannya tiap bulan. Oh ya, aturan ini berlaku untuk seri smartphone OPPO yang rilis setidaknya tahun 2019 ke atas ya.

Tinggalkan komen