alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO K9 5G, Smartphone Gaming Rp5 Jutaan dengan Snapdragon 768G

Baru saja mengadakan sebuah acara peluncuran dalam skala besar di negara asalnya, OPPO memperkenalkan berbagai jenis produk terbaru mereka. Mulai dari smart TV, perangkat wearable seperti earphone TWS dan smartband, dan tentunya smartphone baru. Dinamakan OPPO K9 5G, smartphone ini hadir dengan desain yang berbeda.

OPPO K9 5G adalah smartphone gaming terjangkau yang hadir untuk gantikan seri K7 5G, hadir tahun lalu. Kombinasi spesifikasinya tergolong menarik, meski sayangnya hanya tersedia untuk pasar China. Karena seri yang lama pun tak disediakan secara global. Peningkatan yang dibawa kali ini cukup menyeluruh, jadi seri K pertama dengan refresh rate tinggi.

Menjadi smartphone gaming, secara desain masih terlihat sangat manis dan stylish layaknya smartphone OPPO pada umumnya. Sedikit sentuhan personal diberikan pada modul kameranya, di mana terdapat sebuah garis yang tampilkan warna pelangi. Sementara varian warna hitam dilengkapi tulisan tercetak besar, layaknya realme 8 Series.

Baca juga: Di Balik Pengembangan Kamera Microlens OPPO Find X3 Pro

Spesifikasi OPPO K9 5G

OPPO K9 5G

Apakah dimensinya juga dibuat tipis dan ringan? Tentu saja, di mana masing-masing berukuran sekitar 7,9mm dengan bobot 172 gram saja. Untuk layar depannya, OPPO K9 5G gunakan panel AMOLED berkualitas dari Samsung. Dengan ukuran 6.43 inci dan resolusi full HD+, ditambah dengan dukungan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz.

Dan untuk fitur keamanannya, disematkan sensor sidik jari in-display generasi keenam dari Goodix. Selain kamera punch-hole beresolusi 32MP f/2.4 yang tergolong tinggi untuk sebuah smartphone gaming, di bodi belakang hanya ada tiga sensor berbeda. Dengan sensor utama beresolusi 64MP f/1.7.

Sementara dua sensor lainnya adalah ultra wide-angle 8MP f/2.2 dan macro 2MP f/2.4. Perekaman videonya bisa mencapai resolusi 4K 30fps, dibantu dengan EIS. Sementara mode-nya juga cukup lengkap layaknya OPPO Reno5 series, termasuk Dual-View Video yang bisa tangkap momen dari kamera depan dan belakang sekaligus.

OPPO K9 5G

Untuk menjaga performa gaming agar tetap optimal, disematkan sistem liquid-cooling 3D di dalam bodinya. Sementara chipset-nya sendiri gunakan Snapdragon 768G dari Qualcomm, dipasangkan dengan kombinasi memori penyimpanan 8/128GB & 8/256GB.

Cip yang digunakan sudah mendukung jaringan 5G, sehingga tak hanya performa CPU-nya saja yang kencang. Dan walaupun tipis, OPPO masih bisa hadirkan beragam fitur lain di OPPO K9 5G. seperti jack audio 3,5mm yang tak absen, serta sistem antena 360 derajat agar penangkapan jaringan selalu maksimal.

Kapasitas baterainya memang bukan yang terbesar, di mana OPPO K9 5G punya baterai 4,300 mAh. Namun yang menggiurkan adalah dukungan pengisian dayanya, sudah mencapai 65 watt. Dengan begitu, proses pengisian daya bisa berlangsung hanya dalam waktu sekitar 30 menit saja.

Atau dalam waktu 5 menit pengisian daya, smartphone gaming OPPO satu ini diklaim bisa digunakan bermain sampai 133 menit. Sementara bila baterai tersisa 5%, mode hemat daya khusus bisa perpanjang masa pakai hingga 110 menit. Berkat penggunaan ColorOS 11 berbasis Android 11 terbaru.

Harga OPPO K9 5G

OPPO K9 5G

Baru dihadirkan di negara asal, konsumen di China bisa mulai memesan OPPO K9 5G, sementara penjualan perdananya baru berlangsung 11 Mei mendatang. Selain dua varian warna, ada pula dua opsi penyimpanan memori internal berbeda. Mengingat tak ada slot kartu SD di dalamnya.

Untuk varian termurah dengan memori 128GB, OPPO K9 5G dibanderol CNY1,999 atau sekitar Rp4,4 jutaan. Sementara kapasitas dua kali lipatnya, 256GB dijual seharga CNY2,199 (Rp4,8 jutaan). Andaikan masuk ke Indonesia, bisa jadi alternatif Poco F3, ya.

Tinggalkan komen