Profil Startup Terbit Fintech yang Gugat Gojek-Tokopedia Rp2 Triliun

Jakarta, Gizmologi – Merek gabungan Gojek dan Tokopedia digugat oleh sebuah perusahaan fintech bernama PT Terbit Financial Technology. Ia mengklaim punya produk dengan merek dan nama serupa, GOTO.

Dalam gugatannya, Gojek dan Tokopedia dituntut dengan belasan permohonan untuk memperkarakan merek Goto dengan total kerugian mencapai Rp2,08 triliun. Lalu, apa dan siapa sebenarnya PT Terbit Financial Technology yang menggugat Gojek dan Tokopedia? Berikut profilnya.

Menurut penelusuran Gizmologi, PT Terbit Financial Technology adalah sebuah perusahaan startup e-commerce Indonesia. Tak banyak informasi resmi yang bisa ditemukan soal perusahaan yang menggugat Gojek dan Tokopedia ini, bahkan website resmi perusahaan ini pun tak ada yang bisa diakses.

Satu-satunya informasi resmi yang bisa digali hanyalah sebuah akun dengan nama ‘PT Terbit Financial Technology’ di platform Linkedin. Melalui platform Linkedin, ditemukan perusahaan dengan nama yang sama dan merupakan jaringan e-commerce business to business.

“Sekarang Anda dapat berkolaborasi dengan perusahaan mana pun, kapan pun dan dari mana pun untuk mengirim dan menerima e-dokumen [kutipan, pesanan pembelian, saran pengiriman/penerimaan, faktur, nota kredit/debit, retur dan nota pengiriman uang],” tulis laman Facebook PT Terbit Financial Technology.

Merek GOTO versi Terbit Financial

GOTO Terbit Financial Teknologi
Foto: Merk Goto atas nama PT Terbit Financial Technology di website PDKI (Pangkalan Data Kekayaan Intelektual)

Mengutip dari laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) milik Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM menyebutkan bahwa PT Terbit Financial Technology beralamat di Gedung World Trade Center II Lt 18, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Sementara untuk alamat surat menyurat dengan perusahaan ditulis pada COHIVE (BLVBOOK) Lt.9, Menara Prima, Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

Adapun Merek GOTO telah didaftarkan oleh PT Terbit Technology Financial per tanggal daftar 25 Mei 2021 dengan nomor pendaftaran IDM000858218. Sedangkan tanggal dimulai perlindungan atas merek ini adalah 10 Maret 2020 dan berakhirnya perlindungan pada 10 Maret 2030.

Dalam keterangan yang tercantum, jenis barang yang disediakan antara lain adalah aplikasi perangkat lunak komputer yang tidak bisa diunduh dan dapat diprogram untuk perangkat seluler, TV dan perangkat video lain, desain dan pengembangan perangkat keras dan lunak komputer untuk aplikasi industri. Tak hanya Goto, PT Terbit Financial Technology juga telah mendaftarkan 3 merek lainnya di PDKI, yaitu TERBIT dan juga TBXONE.

Baca Juga: Gojek dan Tokopedia Digugat Rp2,08 T, Gegara Penggunaan Merek GoTo

GoTo versi GoJek dan Tokopedia

Goto versi Gojek dan Tokpedia
Foto: Merk GoTo atas nama PT Aplikasi Karya Anak Bangsa di website PDKI (Pangkalan Data Kekayaan Intelektual)

Sementara itu, merek GoTo untuk Gojek dan Tokopedia juga telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI, yakni tertanggal pada 27 Oktober 2021 dengan nomor pendaftaran IDM000903101. Tanggal dimulainya perlindungan pada 5 Maret 2021 dan tanggal berakhirnya perlindungan 5 Maret 2031.

Dalam keterangannya, jenis barang yang tersedia antara lain adalah aplikasi perangkat lunak komputer bidang periklanan dan layanan perdagangan elektronik. Aplikasi super app untuk layanan komunikasi elektronik, layanan penjualan barang, jasa, pengantara barang, kesehatan, keuangan dan ketenagakerjaan.

Bila dibandingkan merek GOTO milik Terbit Financial Technology ditulis dengan 4 huruf berbentuk kapital seluruhnya. Secara desain logo, GOTO milik Terbit memiliki warna dominan hijau tua pucat dengan sedikit aksen garis putih yang membelah huruf “O” dan “T” serta anak panah berwarna merah di tengah-tengah huruf terakhir “O” .

goto struktur organisasi

Sementara nama dan merek perusahaan gabungan Gojek dan Tokopedia ditulis GOTO, dengan huruf kapital berwarna hitam, tanpa aksen apapun. Namun dalam penggunaannya, Gojek dan Tokopedia menggunakan logo dengan warna hijau stabilo terang dengan kombinasi huruf kecil dan kapital.

Jika dilihat dari produk-produk yang digunakan Gojek dan Tokopedia, logo mereka berbentuk tulisan ‘goto’ dengan huruf kecil seluruhnya yang saling berdekatan tanpa ada spasi. Buntut huruf ‘t’ menyambung ke huruf ‘o’, selain itu disisipkan pula kalimat “Go Far, Go Together” yang menjadi tagline PT Aplikasi Karya Anak Bangsa.

Adapun sidang pertama dalam perkara sengketa merek ini bakal dilaksanakan hari ini, Selasa 9 November, sebagaimana informasi yang tercantum dalam SIPP PN Jakarta Pusat. Jadwalnya, sidang bakal digelar pada pukul 10.00 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan agenda Penetapan majelis hakim, panitera pengganti, hingga penunjukan juru sita.

Tinggalkan komen