Razer Blade 15 Advanced Jadi Laptop Gaming Tertipis dengan GPU NVIDIA RTX

Bersamaan dengan dirilisnya prosesor Intel H-series generasi ke-11 yang powerful, berbagai produsen perangkat laptop pun serentak memperbarui seri produknya agar semakin kompetitif. Salah satunya dari yang lebih dikenal dengan laptop gamingnya, Razer. Hadirkan Razer Blade 15 Advanced yang jadi laptop tertipis di dunia dengan GPU NVIDIA RTX.

Razer Blade sendiri hadir dalam beberapa seri yang berbeda, dengan seri Advanced yang lebih mengunggulkan performa tanpa kesampingkan portabilitas. Bila dilihat dari spesifikasi di atas kertas, memang tergolong sangat impresif. Mulai dari opsi GPU hingga layar yang mendukung resolusi 4K OLED. Dengan tampilan khas laptop Razer pada umumnya.

Razer Blade 15 Advanced hadir dengan desain yang bisa dibilang understated, tidak mencolok dan cocok untuk penggunaan profesional sekalipun. Meski secara desain terlihat sama, Razer kini bubuhkan lapisan anti sidik-jari khusus pada keseluruhan bodinya. Membuat perangkat tak mudah kotor, menjadi isu umum pada generasi sebelumnya. Plus, desain yang kini lebih tipis.

Tak hanya berkurang satu milimeter, Razer Blade 15 Advanced memiliki ketebalan hanya 15,8mm saja. Dengan begitu, laptop ini menjadi laptop dengan layar 15 inci plus grafis NVIDIA RTX tertipis saat ini, sekitar 17% lebih kecil bila dibandingkan dengan kompetitor sekelas, yaitu MSI GS66 Stealth.

Baca juga: Razer Orochi V2, Mouse Gaming Nirkabel dengan Daya Tahan Hingga 950 Jam

Performa Kencang dengan Intel Core-i9 Generasi ke-11

Razer Blade 15 Advanced

Meski begitu, yang perlu dicatat adalah ketebalan tersebut khusus untuk varian dasarnya saja, dengan GPU RTX 3060. Sementara varian yang lebih kencang dibuat sedikit lebih tebal. Spesifikasi tertinggi dari laptop ini bisa didapat dengan chipset Intel Core i9-11900H (hingga clockspeed 4,9GHz), NVIDIA RTX 3080 16GB VRAM, plus RAM 32GB dual-channel 3200MHz.

Baca juga: Intel Rilis Gen 11 Tiger Lake H untuk Perangkat Laptop

Sementara untuk penyimpanan, disiapkan slot PCIe SSD dengan kapasitas mencapai 1TB. Selain peningkatan performa, penggunaan cip Intel generasi terbaru juga memungkinkan laptop ini mendukung standar konektivitas Thunderbolt 4, plus PCIe Gen 4 yang punya bandwidth dua kali lebih cepat. Beberapa fitur lainnya bakal terlihat menggiurkan untuk para kreator konten yang idamkan layar beserta kelengkapan port.

Razer Blade 15 Advanced

Varian dasar dari Razer Blade 15 hadir dalam berbagai opsi layar; full HD dengan refresh rate tinggi mencapai 360Hz, maupun QHD 240Hz IPS. Varian paling tinggi hadir dengan opsi layar OLED, beresolusi 4K 60Hz, dan mendukung input sentuh. Dengan response time yang paling singkat, hanya 1ms saja.

Selain dua port USB-C yang mendukung Thunderbolt 4, juga disematkan dua port USB-A 3.2 Gen 2, headphone jack, HDMI 2.1 bahkan slot kartu memori UHS-III. Pe ngisian daya laptop ini juga bisa lewat port USB-C dengan arus 20V, sementara kapasitas baterainya mencapai 65Wh untuk varian tertipis (dan 80Wh untuk varian lebih tinggi).

Razer Blade 15 Advanced Dijual Mulai Rp32 Jutaan

Razer Blade 15 Advanced

Untuk keperluan panggilan video atau broadcasting, webcam yang ada di atas layar Razer Blade 15 Advanced telah ditingkatkan dari 720p menjadi 1080p. Kamera tersebut juga difungsikan sebagai pengaman Windows Hello, bersama dengan sensor lainnya. Bagian trackpad juga diperbarui agar kini tak mudah tersentuh oleh telapak tangan.

Tentunya, harga dari laptop yang sangat powerful ini tidaklah murah. Razer sendiri telah membuka sistem pre-order langsung dari situs resminya. Sementara penjualan perdana beserta pengirimannya bakal dimulai bulan depan. Varian termurah dibanderol USD2,299 (Rp32 jutaan), sampai USD3,399 (Rp48 jutaan) untuk opsi layar 4K OLED dengan Core-i9.

Tinggalkan komen