Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme 7 & 7 Pro Meluncur di India, Termurah dengan 65W SuperDART Charge

0 4.566

Dengan siklus pembaruan yang dijalankan setiap enam bulan, maka sangat wajar apabila produsen smartphone serta AIoT ini merilis sekuel untuk smartphone kelas menengahnya. Diresmikan di India, realme 7 & 7 Pro hadir masing-masing sebagai penerus dari realme 6 series. Peningkatan yang dibawa hampir menyeluruh, mulai teknologi layar sampai pengecasan.

Keduanya juga hadir dengan desain yang lebih segar, tak lagi menggunakan model kamera utama yang sama mulai dari realme 6 sampai realme X50 Pro 5G, meski terlihat mirip dengan beberapa seri OPPO terbaru. Desain keduanya dibuat identik, dengan satu kamera punch-hole di depan danm finishing serupa di bodi belakangnya.

Baca juga: Review realme 7 Pro: Pengalaman Flagship di Harga Rp4,9 Jutaan

Spesifikasi realme 7 Pro

realme 7 Pro

Menjadi varian yang tertinggi, realme 7 Pro masih menggunakan chipset yang sama seperti generasi sebelumnya, yaitu Qualcomm Snapdragon 720G. Sementara teknologi layarnya dibuat sama dengan realme XT—panel Super AMOLED, beresolusi full HD+, dengan in-display fingerprint sensor serta refresh rate 60Hz.

Dalam penyampaiannya, realme mengambil keputusan tersebut setelah mendapat masukan dari konsumen, dimana mereka lebih memilih layar AMOLED 60Hz dibandingkan dengan IPS 90Hz seperti pada realme 6 Pro. Secara visual, panel AMOLED memang lebih memanjakan mata, ditambah dengan fitur always-on display yang umumnya hadir di seri flagship sebagai pengganti LED notifikasi.

Sementara di sektor kamera, kamera depan realme 7 Pro kini hanya satu, namun resolusinya ditingkatkan menjadi 32MP f/2.5. Di belakang, kamera telefoto digantikan dengan 2MP depth sensor. Namun sensor utama 64MP kali ini dipasok oleh Sony, tepatnya seri IMX682. Bukan lagi Samsung GW1 yang digunakan mulai realme XT sampai flagship belasan jutanya.

Kemudian dua fitur yang dibawa dari seri flagship-nya adalah teknologi pengecasan serta kemampuan audionya. Mendukung Dolby Atmos, realme 7 Pro hadir dengan setup speaker stereo. Sementara kapasitas baterai 4,500 mAh yang dimilikinya mendukung 65W SuperDART. Dari kosong hingga penuh, hanya butuh waktu 34 menit saja.

Spesifikasi realme 7

Sementara realme 7 tetap hadir dengan teknologi layar yang sama seperti realme 6, gunakan panel IPS 6,5 inci dengan resolusi full HD+ dan refresh rate 90Hz. Smartphone ini ditenagai chipset yang baru saja diresmikan, yaitu MediaTek Helio G95.

Kapasitas baterainya memang lebih besar dari realme 7 Pro, di 5,000 mAh. Namun teknologi pengecasannya tak secepat sang kakak, gunakan 30W DART Charge. Masih tetap ngebut, hanya perlu waktu 65 menit saja untuk kapasitas baterai yang signifikan lebih besar.

Sensor kameranya juga dibuat sama dengan seri Pro, hanya saja kamera depannya beresolusi 16MP. Baik realme 7 maupun realme 7 Pro bakal dilengkapi dengan fitur Starry Mode, yang sebelumnya hanya hadir secara eksklusif di realme X3 SuperZoom. Selain itu, juga ada mode Night Filters yang membuat foto malam terlihat lebih menarik.

Harga realme 7 & 7 Pro di India

realme 7 & 7 Pro

realme India akan mulai menjual realme 7 lebih dulu di 10 September, secara daring di situs Flipkart dan situs resmi mereka. Varian termurahnya (6/64GB) dibanderol seharga INR14,999 (Rp3 jutaan), sementara yang lebih tinggi (8/128GB) INR 16,999 atau Rp3,4 jutaan. Seri ini hadir dalam dua opsi warna; Mist White dan Mist Blue.

Untuk realme 7 Pro, hadir dalam dua opsi RAM (6/8GB) dengan memori 128GB, masing-masing dijual seharga INR19,999 & INR 21,999, atau sekitar Rp4 jutaan & Rp4,4 jutaan. Bakal dijual mulai 14 September 2020, varian warnanya hampir serupa, hanya saja dibuat lebih reflektif dengan finishing menyerupai kaca (Mirror Blue & Mirror Silver).

Keduanya akan sangat menarik bila tersedia secara resmi di Indonesia, menjadi alternatif bagi konsumen untuk menikmati teknologi pengecasan cepat di segmen harga yang jauh lebih murah. Akankah realme Indonesia membawa dua seri yang sama persis ke Tanah Air? Kita nantikan saja ya, Gizmo friends.


Cek harga produk realme di:

Shopee.co.id LAZADA.CO.ID Blibli.com ERASPACE JD.ID