Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme C21 Meluncur dengan 3 Kamera & Helio G35, Harga Rp1,7 Jutaan

0 8.835

Setelah memperkenalkan sebuah smartphone gaming kelas entri di Tanah Air, realme terus meluncurkan produk baru di negara lainnya. Segmennya masih sama, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Setelah C20, kini dihadirkan realme C21 dengan beberapa peningkatan pada spesifikasinya. Membawa setup tiga kamera belakang.

Dari spesifikasi yang dibawa, realme C21 baru bisa dikatakan cocok sebagai penerus dari seri realme C11. Pasalnya, bila dibandingkan dengan realme C20, justru ada spesifikasi yang menurun. Sementara di smartphone murah terbaru satu ini, ditambahkan sensor sidik jari pada bodi belakangnya, selain kamera yang lebih lengkap.

Sangat wajar bila realme merilis suksesor di awal tahun 2021, mengingat jeda waktu yang sudah cukup lama untuk pabrikan smartphone & AIoT satu ini. Desain bodi belakangnya juga diberi penyegaran, gunakan Bahasa desain Geometric Art, juga sebagai lokasi mono speaker di bagian bawah kiri. Sementara di bagian depan, masih gunakan tampilan yang sama persis.

Baca juga: realme Buds Air 2 Bawa ANC & Mode Gaming Superior, Hanya Rp600 Ribuan

Spesifikasi realme C21

realme C21

Sama seperti smartphone realme sejutaan lainnya, realme C21 juga menggunakan layar minidrop notch berdimensi 6,5 inci. Resolusinya tergolong standar di HD+, dan sudah tersertifikasi dari TUV Rheinland. Dengan begitu, emisi cahaya biru bisa ditekan agar tidak bahaya ke mata pengguna, meski ditatap berlama-lama.

Dan lagi-lagi, sama seperti seri-seri lainnya, realme C21 menggunakan chipset rilisan MediaTek yaitu Helio G35 octa-core. Cip yang sama juga digunakan pada seri lain seperti realme C12 dan C15, dan memang masih tergolong kencang untuk standar smartphone terjangkau saat ini. Dikombinasikan dengan kapasitas RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB.

Mengusung sistem triple slot, pengguna bisa gunakan dua kartu nano SIM plus kartu microSD, mendukung kapasitas sampai 256GB. Yang baru di realme C21 adalah tambahan sensor kamera makro 2MP, melengkapi sensor kamera utama 12MP f/2.2 dan 2MP untuk keperluan efek bokeh dalam mode potret.

Belum ada kamera ultra wide-angle, memang, tapi umumnya realme sudah menyematkan mode malam Nightscape yang mampukan pengguna untuk ambil foto dalam kondisi pencahayaan gelap, tanpa perlu menyalakan lampu kilat. Untuk mendengarkan musik, smartphone murah realme ini punya jack audio 3,5mm.

Kapasitas baterainya juga masih sama, yaitu 5,000 mAh dan masih belum gunakan port USB C. juga belum mendukung sistem fast charging, namun setidaknya perangkat ini bisa dimanfaatkan sebagai pengisi daya darurat, lewat teknologi reverse charging.

Meski tergolong rilisan baru, realme C21 masih menggunakan realme UI versi pertama berbasis Android 10, tanpa informasi apakah bakal mendapat pembaruan Android 11 di waktu mendatang.

Harga realme C21 di Malaysia

realme C21

Pertama diluncurkan di negara tetangga, Malaysia, realme C21 sudah tersedia di toko ritel daring Lazada. Dirilis dalam satu varian, harganya dibanderol RM499, atau sekitar Rp1,7 jutaan.

Harga tersebut bisa dibilang layak, mengingat realme C11 di Indonesia ditawarkan dengan harga Rp1,699 juta untuk varian memori yang sama, atau Rp100 ribu lebih murah dengan RAM 2GB. Kita nantikan saja kehadirannya secara resmi ya.

Tinggalkan komen