Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tingkatkan Kualitas Foto, OPPO Reno5 Bakal Usung Kamera Utama 64MP

0 4.605

Dalam beberapa pekan sebelumnya, informasi mengenai kehadiran smartphone terbaru, OPPO Reno5 sudah semakin jelas. Dipastikan bakal hadir di Indonesia, pihak OPPO Indonesia sendiri sudah menunjukkan tampilan desain resmi dari generasi penerus smartphone kelas menengah mereka, adaptasi bahasa desain Reno Glow terbaru.

Kali ini, OPPO Indonesia kembali memberikan sebuah teaser mengenai fitur khusus yang bakal diusungnya. Jika sebelumnya membahas terkait desain, kali ini giliran kamera OPPO Reno5. Dalam foto sebelumnya, terlihat bila modul bingkai kamera belakangnya terlihat sama saja seperti OPPO Reno4, yang mengusung empat sensor dilengkapi lampu kilat. Namun yang berbeda adalah bagian dalamnya, yaitu sensor yang digunakan.

OPPO Reno5 Unggulkan Kamera 64MP

Kamera OPPO Reno5

Untuk berikan kemampuan fotografi yang lebih baik OPPO memutuskan untuk gunakan sensor 64MP pada kamera OPPO Reno5. Informasi tersebut juga disampaikan langsung oleh Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia, bila smartphone terbarunya bakal mengusung setup 64 Megapixel AI Quad Camera.

“Perangkat ini akan membawa keunggulan kamera yang dilengkapi kecerdasan buatan, sehingga dapat dipastikan beberapa fitur AI pada Reno4 dapat tersedia pada perangkat ini,” ujar Aryo melalui sebuah rilis (8/12). Ia menambahkan, perbedaan utama keduanya terletak pada besaran megapiksel kamera utama yang diusung, meningkat dari 48 ke 64 MP.

Sementara jenis quad camera yang digunakan pada kamera OPPO Reno5 secara keseluruhan masih sama. Selain sensor utama 64MP yang telah disebutkan, bakal ada sensor ultra wide-angle untuk tangkap sudut yang lebih luas, sensor hitam putih dan sensor potret. Bingkai kamera OPPO Reno5 juga mengonfirmasi spesifikasi tersebut, bertuliskan “64MP AI Quad-cam”.

Dengan embel-embel AI, dipastikan juga bila OPPO Reno5 bakal dilengkapi beberapa fitur AI populer yang sebelumnya ada di Reno4. Beberapa di antaranya seperti AI Color Portrait yang mungkinkan objek tetap berwarna sementara latar menjadi hitam putih, serta AI Monochrome Video yang bisa tampilkan salah satu warna RGB saja.

Selain Kamera, OPPO Reno5 Bakal Jalankan ColorOS 11

Desain OPPO Reno5

Sehingga saat ini, kita sudah dapat mengonfirmasi beberapa spesifikasi dari OPPO Reno5. Mulai dari kamera, belakang, kamera depan yang berubah menjadi single punch hole, desain dengan kombinasi warna Reno Glow dan fitur kamera AI. Memang besaran resolusinya telah disebutkan, namun belum diketahui jenis sensor apa yang digunakan pada kamera utama OPPO Reno5.

Sebagai informasi, OPPO Reno4 hadir menggunakan sensor utama Sony IMX586, beresolusi 48MP. Meski secara besaran megapiksel bukan yang paling unggul, sensor Sony tersebut dikenal mampu berikan kualitas fotografi yang maksimal. Dengan olah software OPPO, Reno4 bisa hasilkan foto berkualitas dalam kondisi siang hingga malam hari.

Informasi lainnya, OPPO Reno5 juga bakal mengusung tampilan antarmuka terbaru ColorOS 11. Wajar saja, mengingat perangkat lama seperti OPPO Reno4 F juga sudah mendapatkan pembaruan tersebut secara OTA. Hadirnya ColorOS 11 tentu juga bakal tingkatkan pengalaman penggunaan, dengan fitur kustomisasi yang lebih dalam dari sebelumnya.