alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Kilas Balik Smartphone OPPO yang Rilis Tahun 2020

Sekarang kita telah memasuki penghujung tahun 2020. Sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena seluruh dunia mengalami masa pandemi Covid-19 yang sampai sekarang masih belum menunjukkan adanya penurunan. Meski demikian, tidak menyurutkan pabrikan smartphone seperti OPPO Indonesia untuk terus merilis perangkat baru ke pasar.

Di sepanjang tahun 2020 ini, produsen smartphone asal Tiongkok tersebut merilis banyak sekali smartphone ke pasar. Mulai dari kelas entry sampai flagship dilahap semua. Tak heran jika pada Q3 2020, menurut riset Canalys, OPPO menjadi sang penguasa dengan market share sebesar 24% di Indonesia.

Nah, apa saja produk smartphone OPPO yang telah dirilis di tahun 2020 ini? Gizmologi merangkumnya dalam kilas balik smartphone OPPO 2020. Simak ulasannya berikut ini.

Januari 

Reno2 Disney Special BundlingDi awal tahun 2020 ini, OPPO melakukan pemanasan ke pasar. Tidak ada produk baru yang benar-benar dirilis. Melainkan varian baru dari yang sudah dirilis sebelumnya. Pertama, ada seri OPPO A9 2020 Disney Special Bundling. Ini merpakan lanjutan kolaborasi kedua dengan Disney pada seri yang lainnya. Sama seperti Reno2 F, yang kala itu tampil dengan warna baru Nebula Green, Kali ini, kolaborasi OPPO dan Disney juga membawa warna baru Vanilla Mint pada perangkat A9 2020.

Produk kedua adalah OPPO Reno2 Year Of The Mouse Limited Edition. Edisi kali ini tampil lebih spesial lagi, jika kedua edisi terdahulu hanya menyertakan merchandise eksklusif OPPO dan Disney pada paket pembelian, kali ini perangkat Reno2 hadir dengan grafir karakter Mickey Mouse pada bagian casing belakang perangkat.

Proses grafir ini tidak mudah dan juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pembuatannya. Di mana OPPO memastikan tingkat presisi pada gambar dan tampilan yang stylish namun juga elegan untuk menyajikan perangkat edisi spesial yang berkualitas.

Februari

review OPPO A31Smartphone terbaru yang dirilis pertama kali di tahun 2020 adalah OPPO A31. Perangkat yang menyasar segmen entry level ini hadir dengan memori internal 128GB, tiga kamera termasuk lensa makro dan layar waterdrop 6,5 inci.

OPPO A31 hadir untuk menyasar pengguna pemula dengan kebutuhan penyimpanan besar, kamera mumpuni dan daya tahan baterai lebih baik. Kehadiran OPPO A31 di pasar juga ditujukan untuk merangsang konversi pengguna feature phone agar mereka dapat merasakan kecangihan teknologi ponsel pintar dengan harga yang lebih terjangkau.
Baca: Review OPPO A31: Memori Besar Jadi Andalan

Maret 

OPPO Find X2 Android 11 BetaBulan Maret, ketika Indonesia baru memasuki masa pandemi, merupakan saat yang tersibuk bagi OPPO. Betapa tidak, mereka merilis 3 perangkat di bulan ini. Tentu saja tidak ada kaitannya antara pandemi dengan rilis produk baru. Karena setiap produsen smartphone pasti sudah memiliki kalender rilis produk bahkan sejak tahun sebelumnya.

Produk pertama yang dirilis di Maret adalah OPPO Find X2 series yang berada di tataran flagship. OPPO mengklaim, seri Find X2 series ini adalah perangkat flagship dengan kecanggihan kamera dan ketahanan baterai serta memiliki layar terbaik di industri smartphone saat ini. Ponsel ini memiliki sensor Sony IMX689 yang dirancang khusus, sehingga memberikan pengalaman fotografi dan video ke tingkat yang berbeda.

Selanjutnya adalah OPPO Reno3 yang hadir menyajikan inovasi teknologi dalam dunia mobile photography. Dikemas dalam perangkat yang sleek serta tipis, OPPO Reno3 hadir untuk memberikan solusi foto dengan berbagai skenario pencahayaan, untuk menghadirkan hasil dengan kualitas istimewa. Selain fokus pada kamera, OPPO juga tak lupa mengunggulkan sektor audio dan video. (Baca: Review OPPO Reno3: Kamera Jadi Daya Tarik Utama)

Maret ini bulan yang komplit karena di semua seri ada produk baru dari OPPO. Ada seri Find X yang merupakan flagship, Reno sebagai high-end, dan A yang merupakan seri affordable. Produk di seri ini adalah OPPO A91. Melalui OPPO A91, OPPO berupaya memberikan pengalaman mobile photography professional dalam balutan perangkat yang stylish.

April

OPPO Reno3 ProDi bulan April ini, ada OPPO A12 sebagai perangkat entry level yang hadir untuk menyasar pengguna yang menginginkan perangkat dengan kamera mumpuni, daya tahan baterai lebih baik, dan teknologi yang hadir melalui fitur pintar.

Kehadiran OPPO A12 ditujukan untuk merangsang konversi pengguna feature phone agar mereka dapat merasakan kecanggihan teknologi ponsel pintar dengan harga yang lebih terjangkau. OPPO A12 mengunggulkan kapasitas RAM, baterai serta dukungan fitur perangkat lunak yang lengkap, untuk membantu konsumen dalam menyelesaikan tugas mereka sehari-hari.

Produk lainnya adalah OPPO Reno3 Pro sebagai smartphone dengan dual punch-hole kamera beresolusi tertinggi saat ini.  Awalnya, OPPO Indonesia berencana untuk merilisnya bersamaan dengan OPPO Reno3, namun karena batasan situasi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, OPPO Reno3 Pro diperkenalkan belakangan untuk memastikan lini produksi berjalan lancar, memenuhi kebutuhan konsumen dengan waktu yang pas.

Mei

OPPO A52Di bulan Mei, OPPO merilis produk yang khusus dijual secara daring. Produk tersebut adalah OPPO A52 yang posisinya mengantikan A5 2020. Perangkat ini hadir dengan keunggulan layar NEO display, AI Quad Camera dan baterai besar 5000 mAh.

Selain itu, OPPO juga merilis seri A yang paling tinggi yaitu OPPO A92. Produk ini menggantikan seri A9 (2020) dengan desain dan spesifikasi yang lebih fresh. Perangkat yang menyasar untuk kaum milenial ini membawa layar Neo-Display 1080P, RAM besar 8GB ditambah penyimpanan 128GB dan baterai besar 5000mAh. OPPO menjadikan  A92 sebagai paket lengkap smartphone kaum milenial dengan menawarkan teknologi, dan desain perangkat trendi.

Juni

Aplikasi Be A Greater You OPPO Disney PixarDi bulan Juni ini, OPPO agak bersantai karena tidak merilis perangkat yang benar-benar baru. Mereka hanya merilis edisi khusus dari seri OPPO A92 yang sudah dirilis bulan sebelumnya. Ada dua varian edisi khusus yang disiapkan untuk perangkat ini.

Pertama, OPPO A92 Disney and Pixar’s Toy Story Bundling Edition yang hadir dalam balutan warna baru. Perangkat ini merupakan versi limited edition, alias tersedia dalam jumlah yang terbatas. Dengan metode bundling, konsumen akan dapatkan aksesori khusus dari Disney dan Pixar, serta hanya dapat dipesan melalui situs e-commerce Tokopedia.

Lewat bundling ini, OPPO perkenalkan warna baru untuk OPPO A92 yaitu Aurora Purple. Tampilannya dapat berubah sesuai penangkapan cahaya, dengan sentuhan warna kombinasi biru, hijau dan ungu. Selain itu, konsumen juga memperoleh merchandise eksklusif OPPO Enco W11 Disney and Pixar’s Toy Story Edition, Lunch Box Bag dan perdana Smartfren dengan bonus kuota 360GB.

Kedua, OPPO A92 Aurora Purple. Varian warna baru OPPO A92 ini pertama kali diperkenalkan pada saat OPPO Indonesia mengadakan kolaborasi dengan Disney & Pixar. Lewat peluncuran edisi khusus, OPPO A92 Disney and Pixar’s Toy Story Edition Special Bundling. Sekarang varian warna ini tersedia untuk pembelian tanpa paket bundling.

Warna Aurora Purple pada OPPO A92 terinspirasi dari fenomena alam. Yaitu aurora borealis di kutub utara yang memancarkan paduan antara warna violet dan hijau. Warna ini tak hanya ada di bagian back cover atau penampang belakangnya, namun juga mencakup tepian frame OPPO A92.
Baca: Review OPPO A92 Aurora Purple: Seri A Paling Stylish & Powerful

Juli

desain OPPO Reno4Sebagaimana Juni, bulan Juli tidak ada produk baru yang dirilis oleh OPPO. Produsen ponsel ini hanya membuat sejumlah teaser produk yang akan diluncurkan di bulan Agustus yaitu OPPO Reno4 series.

Agustus

OPPO Reno4Di bulan inilah, OPPO merilis generasi terbaru Reno series yang kini telah memasuki seri keempat. OPPO Reno4 hadir hanya berselang 5 bulan dari seri Reno3. Kendati demikian, peningkatan fitur dan spesifikasinya terbilang cukup signifikan.

Menggunakan OPPO Reno4 secara keseluruhan cukup memuaskan. Desainnya mencerminkan sebuah smartphone premium, fitur-fitur baru pada kameranya berjalan optimal dan bikin saya lebih banyak ambil foto maupun video.
Baca: Review OPPO Reno4: Lebih Murah dan Stylish, Kamera Lebih Canggih

Selain Reno4, ada produk baru lainnya yaitu OPPO A53. Ini adalah ponsel menengah ke bawah yang hadir untuk mengakomodir kebutuhan para konsumen yang inginkan fitur terkini, terutama teknologi terbaru yang umumnya ada di smartphone flagship namun diadopsi di lini seri bawah. OPPO A53 membawa teknologi layar Neo-Display 90Hz untuk pertama kalinya di A-series.

OPPO A53 membawa fitur perangkat kelas atas serta menghadirkan pengalaman baru pada sisi kecepatan. Selain layarnya yang canggih, performanya juga dibuat lebih kencang dengan chipset baru.

September

Kelengkapan OPPO Reno4 ProSetelah Reno4, di bulan September ada varian yang lebih tinggi lagi yaitu OPPO Reno4 Pro. Smartphone OPPO Reno4 Pro dikembangkan dengan desain premium dan dilengkapi teknologi canggih untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para trendsetter milenial.

Smartphone OPPO Reno4 Pro mengutamakan kebutuhan dan keinginan pengguna kami yaitu layar imersif, pengisian daya yang sangat cepat, dan fungsi pencitraan inovatif. Perbedaan utama dibanding Reno4 adalah penggunaan layar 90Hz borderless sense dan VOOC Flash Charge 65W.
Baca: Review OPPO Reno4 Pro: Desain Premium yang Bikin Mahal

Selain Reno4 Pro, juga ada seri baru yang dirilis yaitu OPPO A33 yang membawa fitur Neo-Display 90Hz ke harga yang lebih murah lagi. Perangkat ini hadir dengan kapasitas memori varian 6GB+128GB sesuai dengan keinginan konsumen.

Oktober

OPPO Reno4 FOPPO mencicil seri Reno4 dengan merilis seri baru tiap bulannya sejak Agustus. Di bulan ini adalah varian dengan spesifikasi paling rendah yaitu OPPO Reno4 F. Reno4 F hadir dengan inovasi teknologi mobile photography dan desain menawan. Ponselini dibekali fitur kamera kreatif berbasis kecerdasan buatan. Reno4 F memiliki desain bodi ramping sehingga dapat memenuhi kebutuhan anak muda yang selalu tampil dinamis dan trendi.

Desain bodi perangkat yang ramping dan stylish dibuat dengan berdasarkan masukan pengguna di Indonesia. Reno4 F dibuat untuk memenuhi kebutuhan dan ekspektasi anak muda terhadap performa, teknologi tinggi dan juga desain pada sebuah perangkat smartphone.
Baca: Review OPPO Reno4 F: Tetap Stylish, Harga Lebih Murah

Di bulan ini, OPPO juga mengumumkan penambahan warna baru berwarna ungu pada Reno4. Menurut OPPO Indonesia, pilihan warna aktual pada Reno4 Nebula Purple cocok untuk anak muda yang trendi, fashionable, dan aktif dalam mengekspresikan kreativitas dan berupaya menampilkan performa terbaik.

November

OPPO A11kSetelah merilis seri flagship, high-end sampai menengah, OPPO membidik kelas entry di bulan November. Produk baru yang dirilis di bulan ini adalah OPPO A11k yang harganya Rp1 jutaan. Smartphone ini jadi pilihan baru yang menarik bagi masyarakat yang inginkan perangkat OPPO terbaru dengan harga murah. Secara desain, dibuat identik dengan seri OPPO A12. Namun tentu ada pembeda yang membuatnya dibanderol dengan harga lebih murah.

Perangkat ini hadir sebagai upaya dari OPPO untuk hadirkan teknologi ke berbagai tingkatan pengguna. Ini adalah paket lengkap perangkat smartphone dengan teknologi, konfigurasi perangkat keras, serta fitur yang dapat menjangkau pengguna tingkat awal.

Selain OPPO A11k, juga ada seri entry level lainnya yang dirilis di akhir November yaitu OPPO A15. Ponsel ini harganya tak melebihi Rp2 juta namun hadir untuk penuhi beragam kebutuhan pengguna. Tampil untuk mengakomodir kebutuhan akan komunikasi dan hiburan, smartphone murah terbaru OPPO ini cocok untuk menikmati konten multimedia, juga dilengkapi tiga kamera dengan kecerdasan buatan. OPPO A15 menjadi perangkat yang bisa penuhi kebutuhan esensial penggunanya. Terutama untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, pada masa pandemi seperti saat ini.

Desember

OPPO joyfullAkhir bulan, OPPO tidak merilis perangkat baru. Mereka lebih fokus memasarkan produk yang sudah dirilis ke pasar dengan memberikan promo akhir tahun bertajuk The Joy-Full OPPO Sale yang berlangsung hingga 31 Desember 2020. iKonsumen bisa mendapatkan nilai tambah dan penawaran khusus untuk produk-produk yang berpartisipasi pada event ini seperti: Reno4 series, A92 6GB, Enco series, OPPO Watch series selain itu pada kesempatan ini OPPO memperkenalkan kehadiran dua produk baru yakni OPPO A11k dan OPPO A15.
Baca: Ini Jajaran Produk OPPO yang Diskon Hingga Rp1 Juta Jelang Akhir Tahun


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan OPPO Indonesia

Tunjukkan Komen (1)