Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme X7 & X7 Pro Diresmikan dengan Chipset MediaTek Dimensity 5G

0 3.111

Terus mengusung semangat “Dare to Leap”, realme mengawali bulan September dengan merilis beberapa smartphone, di dua wilayah yang berbeda. Untuk realme 7 series, akan menyusul dua hari lagi di India. Sementara hari ini, 1 September, giliran realme X7 & X7 Pro, meluncur dengan chipset MediaTek Dimensity.

Jika ditilik dari spesifikasi serta harganya, seri yang diperkenalkan di wilayah asal realme ini hadir untuk mengisi gap antara seri nomor seperti realme 6 series, serta seri flagship seperti realme X50 Pro 5G yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Meski lebih murah, realme X7 series tetap sudah mendukung jaringan 5G.

Baca juga: Review realme X50 Pro 5G: Yang Terbaik untuk Fans

Keunggulan realme X7 Pro

realme X7 Series

Desain realme X7 & X7 Pro dibuat lebih segar dari X series sebelumnya, memiliki desain kamera utama yang berbeda, meski mirip dengan beberapa seri dari smartphone OPPO. Wajar saja, masih berada dalam satu induk dari BBK. Untuk memberikan kesan yang berbeda, keduanya hadir dengan teks “Dare To Leap” yang besar di bodi belakangnya.

Untuk layarnya sendiri, realme X7 Pro hadir dengan panel AMOLED full HD+, punya dimensi 6,55 inci dengan refresh rate mencapai 120Hz. Ini adalah perangkat realme pertama dengan teknologi layar yang lengkap, setelah sebelumnya seri X3 SuperZoom masih gunakan panel IPS. Layarnya sudah mendukung standar 100% DCI-P3.

Untuk urusan performa, realme X7 Pro menggunakan chipset MediaTek Dimensity 1000+, setara dengan Redmi K30 Ultra. Kapasitas RAM tersedia hingga 8GB, dengan penyimpanan internal maksimum 256GB. Keduanya juga dilengkapi dengan kamera depan 32MP f/2.45, mendukung HDR serta slow-motion video 120fps.

Untuk kamera belakangnya, terdapat empat sensor dengan sensor utama beresolusi 64MP. Tak lagi gunakan Samsung GW1, realme X7 Pro menggunakan sensor Sony IMX686 f/1.8. Kamera tersebut ditemani sensor 8MP ultra-wide, 2MP B&W, serta 2MP macro. Fitur yang ditawarkan masih sama seperti seri lainnya, termasuk stabilisasi UIS Max dan dukungan perekaman sampai resolusi 4K 30fps.

Kapasitas baterai realme X7 Pro sedikit lebih besar dari X50 Pro 5G, di 4,500 mAh. Mendukung 65W SuperDART, hanya perlu waktu 35 menit untuk isi daya sampai penuh. Fitur dukungan lainnya termasuk speaker stereo dan NFC.

Sementara realme X7 hadir dengan dimensi layar yang sedikit lebih kecil di 6,4 inci. Dengan refresh rate yang sedikit lebih rendah di 90Hz, seri ini tetap miliki sensor sidik jari di balik kaca depannya.  Chipset yang digunakan juga berbeda, yaitu MediaTek Dimensity 800U yang masih mendukung 5G.

Kapasitas baterainya sedikit lebih kecil di 4,300 mAh, dan speakernya juga hanya satu di sisi bawah smartphone saja. Selain itu, spesifikasinya kurang lebih sama dengan versi Pro.

Harga realme X7 & X7 Pro

realme X7 Pro

Sudah mulai dijual di China, unit realme X7 & X7 Pro bakal dikirimkan ke konsumen pada 7 September mendatang. Untuk realme X7, varian termurah dengan opsi memori 6/128GB dijual seharga CNY1,799 atau Rp3,8 jutaan.

Sementara untuk realme X7 Pro, varian memori yang sama dibanderol seharga CNY2,199 (Rp4,6 jutaan). Dan untuk varian memori tertinggi di 8/256GB signifikan lebih mahal di CNY3,199 (Rp6,7 jutaan). Kita nantikan penawaran realme berikutnya lewat realme 7 series, 3 September mendatang ya.