Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rumor: iPhone Akan Pakai Layar Full Active LCD

0 78

Layar LCD iPhone telah lama digunakan oleh produsennya, Apple, setidaknya hingga 2017 dimana iPhone X menjadi iPhone pertama yang menggunakan display OLED. Apple memang dijadwalkan melakukan transisi penuh ke OLED atau bahkan microLED di masa depan. Tetapi melihat produk iPhone yang hingga 2018 ini masih tetap memakai LCD, Apple dikabarkan masih terus memakai model LCD.

Menurut laporan dari Macotakara, salah satu perubahan dari layar LCD iPhone berikutnya adalah pemakaian panel “Full Active LCD” dari Japan Display dengan sensor sentuh “Japan Pixel Eyes”.

Salah satu keunggulan layar LCD iPhone nantinya bisa membuat pemanufaktur mencapai bezel ultra tipis yang bisa setipis 0,5 mm saja.

Kabar pemanfaatan layar LCD iPhone ini masuk akal dengan melihat bocoran yang baru-baru ini menyeruak di media dimana terlihat ada unit kecil dari layar LCD iPhone berukuran 6,1 inci. Layar ini muncul baik dalam model OLED mau pun LCD. Keduanya mirip dalam hal desain, display dari pinggir-ke-pinggir, yang menurut Macotakara tercipta berkat penggunaan layar LCD full active.

Apakah penggunaan layar LCD iPhone ini benar adanya akan bisa kita ketahui September 2018 nanti dimana biasanya Apple akan merilis pengumuman resmi. Meski jika benar, layar LCD iPhone masih belum bisa kita nikmati keunggulannya sebagai bagian dari produk paling tidak hingga Oktober 2018.

rumor LCD iPhone
Bocoran model iPhone untuk tahun ini. Foto oleh idownloadblog.com

Sebelumnya, dikabarkan Apple kemungkinan memperkenalkan tiga model iPhone pada tahun ini. Salah satunya akan mempertahankan desain iPhone X saat ini, lalu dua model lainnya akan menggunakan ukuran 6,1 inci dengan layar LCD iPhone dan ukuran 6,5 inci dengan layar jenis OLED.

Layar jenis LCD sendiri merujuk pada teknologi display datar yang menggunakan elektroda dan filter polarisasi untuk secara selektif menyaring apakah piksel cahaya bisa melewati backlight menuju mata si penerima atau tidak.

Baca juga: Layar iPhone SE 2 Bakalan Punya ‘Poni’ Seperti iPhone X?

Sedangkan layar jenis AMOLED merupakan singkatan dari active-matrix organic light-emitting diode dimana tipe ini menambah lapis film semi konduktor di balik panel OLED yang bisa membuatnya lebih aktif mengaktivasikan setiap piksel. Walhasil, hal ini membuat display definisi lebih tinggi dengan banyak piksel pada tampilan gambar.