Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy A02, Smartphone Layar Besar Harga Rp1,4 Jutaan

0 9.178

Selain baru saja meresmikan lini flagship-nya di Tanah Air, pabrikan elektronik asal Korea Selatan yang satu ini juga telah merilis smartphone kelas entri secara diam-diam. Ya, Samsung Galaxy A02 baru saja dimunculkan di situs resmi Samsung Thailand, lengkap dengan tampilan dan spesifikasinya.

Tepat di akhir tahun 2020 kemarin, Samsung Indonesia resmikan Galaxy A02s. Saat itu, kami bilang seri yang cukup unik, mengingat varian tanpa huruf “S” belum diresmikan. Kali ini hadir belakangan, tawarkan harga lebih murah dengan spesifikasi yang tentu lebih disesuaikan. Bila dibandingkan dengan seri Galaxy A01, cukup banyak peningkatan, namun juga ada yang mengalami downgrade.

Secara desain, Samsung Galaxy A02 terlihat lebih kotak. Materialnya tentu saja sama-sama dari plastik, juga sama-sama punya setup dua kamera dan tanpa sensor sidik jari. Smartphone ini terlihat mirip seperti Galaxy A01 Core yang jauh diperbesar, dan memang dimensinya pun lebih besar dari Galaxy A01.

Spesifikasi Samsung Galaxy A02

Samsung Galaxy A02

Material plastik pada bodi belakang memiliki tekstur bergaris untuk tingkatkan kenyamanan saat digenggam. Sementara ukuran panel layarnya meningkat dari 5,7 inci di Galaxy A01, menjadi 6,5 inci di Samsung Galaxy A02. Gunakan jenis PLS IPS, resolusinya HD+, tanpa perlindungan tambahan. Noth di bagian atas masih identik, menggunakan desain Infinity-V display.

Samsung berikan kamera depan 5MP dengan diafragma yang lebih luas di f/2.0, agar hasil foto bisa lebih terang. Begitu juga dengan dua sensor kamera belakangnya. Sensor utamanya beresolusi 13MP f/1.9, sementara sensor sekunder gunakan jenis yang berbeda, yaitu macro 2MP f/2.4. Samsung nampaknya sudah cukup pede hasilkan efek potret berbasis software.

Karena dimensinya jauh lebih besar dari Galaxy A01, Samsung Galaxy A02 punya kapasitas baterai yang jauh lebih lega pula. Dari 3,000 mAh, meningkat menjadi 5,000 mAh. Sayangnya, tak dilengkapi dengan fast charging, di mana adapter charger bawaannya hanya mendukung output 5V 1,5A saja. Meski dimensinya cukup tipis di 9,1mm.

Kapasitas memori RAM dan penyimpanan internalnya masing-masing 2GB/32GB, masih bisa ditambahkan dengan slot kartu microSD terpisah yang bisa tampung kapasitas sampai 1TB. Yang sedikit kurang adalah prosesornya, di mana masih gunakan arsitektur CPU quad-core 1,5 GHz. Sementara Galaxy A01 sudah octa-core.

Dan untuk kelengkapan sensor, hanya disematkan virtual proximity sensor serta akselerometer, alias belum ada giroskop untuk gim yang membutuhkan AR/VR. Namun untuk pengalaman musik lebih baik, disematkan peningkat efek suara Dolby Atmos.

Harga Samsung Galaxy A02

Samsung Galaxy A02

Secara total, smartphone ini memiliki empat opsi varian warna; Denim Black, Denim Blue, Denim Gray dan Denim Red. Namun di situs resmi Samsung Thailand, yang tersedia hanyalah dua warna pertama saja.

Kalau Galaxy A02s dibanderol Rp1,7 jutaan, Samsung Galaxy A02 lebih murah lagi. Dijual dengan harga ritel THB2,999, atau setara dengan Rp1,4 jutaan. Smartphone ini kabarnya bakal menyusul untuk rilis di negara lainnya. Semoga hadir di Indonesia dengan opsi warna lengkap ya.