alexa

Samsung Galaxy M42 5G Gunakan Snapdragon 750G, Harga Rp4 Jutaan

Tidak hanya di Indonesia saja, keberadaan smartphone 5G di negara tetangga yang memiliki jumlah populasi masyarakat terbanyak kedua di dunia, India juga mulai banyak. Meski kedua negara sama-sama belum resmi mendukung jaringan masa depan tersebut. Samsung turut berkontribusi dengan menghadirkan Galaxy M42 5G, seri 5G kelas menengah terbarunya.

Hadirnya Samsung Galaxy M42 5G di India menandai juga sebagai seri M pertama yang mendukung metode pembayaran Samsung Pay, selain menjadi seri M pertama yang mendukung 5G. Dan bila familiar dengan penamaannya, maka tebakan Gizmo friends benar—Galaxy M42 5G adalah Galaxy A42 5G dalam penamaan lain.

Keduanya punya spesifikasi yang kurang lebih sama persis, kecuali bobotnya yang 3 gram lebih ringan untuk M42. Samsung India hadirkan perangkat ini untuk konsumen yang mencari pilihan terbaik antara harga serta dukungan konektivitas terbaik, sebagai pilihan ideal terbaru, utamanya untuk golongan milenial dan Gen Z.

“Samsung memiliki jumlah perangkat 5G terbanyak secara global, dan dengan peluncuran Galaxy M42 5G, kami merilis perangkat 5G kelas menengah pertama di India,” kata Aditya Babbar, Senior Director & Head of Mobile Marketing, Samsung India. Dengan tagar “#FastestMonster”, spesifikasinya diperkuat dengan cip baru Snapdragon, kapasitas baterai besar serta fitur keamanan lewat Samsung Knox.

Baca juga: Samsung Galaxy F12 & Galaxy F02s Rilis di India, Bawa Layar 90Hz di Rp2 Jutaan

Spesifikasi Samsung Galaxy M42 5G

Samsung Galaxy M42 5G

Secara desain, Galaxy M42 5G dirancang sama persis seperti A42 5G. Punya desain modul kamera kotak, bodi belakangnya memiliki desain titik prisma yang menarik, dengan permukaan dibuat glossy. Ketebalannya hanya 8,6mm, dengan pola berlapis yang dibuat menarik, juga berikan tambahan grip agar tidak licin.

Di bagian depan, terdapat layar yang cukup besar di 6,6 inci. Belum gunakan kamera punch-hole, Samsung Galaxy M42 5G gunakan desain Infinity-U. Panelnya sendiri sudah Super AMOLED, namun sayangnya hanya beresolusi HD+. Setidaknya, bisa membantu performa chipset agar bekerja lebih ringan dan kencang.

Unggulkan performa, Samsung menunjuk salah satu cip 5G terbaru Qualcomm yang rilis sekitar September tahun lalu. yaitu Snapdragon 750 5G, dipadukan dengan RAM 8GB LPDDR4x. Permulus pengalaman bermain gim, tersedia fitur Game Booster & Frame Booster untuk pengalaman bebas lag.

Untuk kebutuhan fotografi, terdapat empat sensor kamera di belakangnya, dengan sensor utama Samsung ISOCELL GM2 48MP. Kamera tersebut ditemani sensor ultra-wide 8MP, dan dua sensor 5MP untuk depth serta macro. Di depan, terdapat sensor 20MP untuk keperluan swafoto.

Samsung Galaxy M42 5G

Meski bukan Galaxy A series, cip-nya yang cukup powerful mampu berikan fitur seperti Single Take, di mana pengguna dapat hasilkan beragam kreasi foto dan video dalam sekali jepret. Selain perekaman video 4K 30fps, juga terdapat fitur seperti Hyperlapse dan Flaw Detection untuk deteksi hasil foto yang kurang sempurna.

Kapasitas baterainya bukan yang terbesar untuk seri Galaxy M, namun dengan baterai 5,000 mAh, Samsung Galaxy M42 5G diklaim dapat digunakan untuk menonton video sampai 34 jam, atau mengakses situs favorit hingga 22 jam. Didukung dengan dukungan fast charging 15W yang tergolong standar.

Selain membawa Samsung Knox, tampilan antarmuka One UI 3.1 berbasis Android 11 pada Galaxy M42 5G juga diperlengkap dengan sensor NFC. Berkat itu, fitur Samsung Pay bisa hadir sebagai metode pembayaran tanpa kontak di India.

Harga Samsung Galaxy M42 5G di India

Samsung Galaxy M42 5G

Sama seperti di Indonesia, Samsung seri M umumnya dijual secara daring, dengan harga yang lebih murah dari seri A meski spesifikasinya serupa. Samsung Galaxy M42 5G tersedia dalam dua opsi warna; Prism Dot Black dan Prism Dot Grey.

Ada dua opsi kapasitas RAM dengan penyimpanan internal 12GB. Masing-masing dibanderol dengan harga INR21,999 (Rp4,2 jutaan) & INR23,999 (Rp4,6 jutaan) untuk RAM 6GB & 8GB. Penjualan perdananya dimulai 1 Mei mendatang secara daring lewat situs resmi & Amazon India.

Tinggalkan komen