Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Hapus Postingan Sindiran iPhone Tanpa Charger

1 1.664

Masih ingat reaksi beberapa pabrikan smartphone lain saat Apple merilis iPhone 12 series tanpa charger? Ya, keputusan Apple tersebut memang cukup fenomenal. Sampai-sampai, beberapa brand mengirim cuitan maupun postingan dari beragam media sosial. Memberitahukan kepada konsumennya bila produk mereka akan terus hadir dengan balok charger kedepannya.

Samsung, sebagai salah satu kompetitor terbesar, juga sempat mengirimkan sebuah postingan dari salah satu halaman Facebook resminya. Yang menjadi “lucu”, postingan tersebut kini sudah di-takedown alias dihapus. Keputusan tersebut tentunya menuai pertanyaan bagi para konsumen. Jika baik-baik saja, seharusnya postingan tak perlu dihapus. Kecuali untuk menghindari kejadian supaya tidak menjilat ludah sendiri.

Baca juga: Inilah Foto Resmi Samsung Galaxy S21 Series dari Berbagai Sisi

Pertanda Bahwa Galaxy S21 Series Bakal Hadir Tanpa Charger?

Samsung Charger
Postingan halaman Facebook resmi Samsung Karibia yang sudah dihapus. (Sumber: 9to5Google)

Untungnya, 9to5Google berhasil menyimpan tangkapan layar sebuah postingan dari halaman Facebook Samsung Karibia tersebut. Dari gambar yang diunggah, terlihat bila Samsung bakal terus sediakan adapter charger. Namun sepertinya, sang admin kurang komunikasi dengan tim internal lainnya. Karena memang, dari rumor yang telah beredar, kemungkinan mereka juga bakal ikuti langkah Apple.

Sebelumnya, dirumorkan bila Samsung Galaxy S21 series bakal hadir tanpa adapter charger, bahkan earphone sekalipun. Informasi ini datang dari sebuah dokumen sertifikasi oleh Anatel di Brazil. Sertifikasi tersebut bisa dibilang sekelas FCC untuk Amerika Serikat. Bisa jadi hanya di regional Brazil saja, bisa jadi secara global.

Omong-omong soal hapus-menghapus, ini bukanlah pertama kalinya media sosial resmi Samsung lakukan hal serupa. Sebelumnya, saat Apple meluncurkan iPhone X tanpa lubang jack audio 3,5mm, Samsung juga membuat konten yang sama. Dan tak lama kemudian, dihapus karena Galaxy Note10 series hadir tanpa port audio. Pengguna harus gunakan adapter untuk port USB-C.

Saat itu, Samsung memiliki alasan mengapa jack audio dihapuskan di seri Galaxy Note10. Hal tersebut supaya kapasitas baterainya bisa dibuat lebih besar, dan efek getar (haptic feedback) bisa ditingkatkan mengingat sudah tidak ada lubang kosong di dalam bodi. Meski, padahal, masih ada lubang stylus.

Alasan Apple Tak Lagi Berikan Charger di seri iPhone Terbaru

iPhone 12

Dalam peluncuran iPhone 12 series, Apple langsung menyebutkan mengapa pihaknya tak lagi menyertakan adapter charger dalam paket penjualan. Alasannya adalah demi keberlangsungan lingkungan, mengurangi limbah elektronik ke depannya. Mereka anggap jika pengguna iPhone baru masih memiliki adapter dari smartphone lamanya.

Dengan begitu, dimensi kotak penjualan bisa jauh direduksi, yang lagi-lagi ditujukan untuk mengurangi limbah. Dengan kabel USB-C to lightning, konsumen bisa gunakan kepala charger smartphone lamanya, smartphone Android sampai charger MacBook terbaru. Beri kepraktisan dan kecepatan isi daya cepat (dibandingkan charger 5 watt di iPhone 11).

Hal positif lainnya adalah dalam segi harga. iPhone 12 series yang masuk ke Indonesia punya harga yang tak terpaut jauh bedanya. Padahal, peningkatan yang dibawa tahun ini cukup banyak, mulai dari desain yang sedikit berubah, penggunaan layar AMOLED di semua seri, hingga penambahan sensor LiDAR di iPhone 12 Pro series.

Kalau menurut Gizmo friends sendiri gimana, masih perlukah brand smartphone berikan adaptor charger dalam paket penjualan? Atau lebih baik ditiadakan saja, asal harganya bisa ditekan?