alexa

Samsung Luncurkan ISOCELL HP1, Sensor Kamera Smartphone 200MP Pertama di Dunia

Jakarta, Gizmologi – Perkembangan teknologi smartphone tiap tahunnya hadir secara menyeluruh. Tak hanya performa chipset yang semakin kencang, konektivitas, layar hingga sensor kamera juga semakin canggih. Kalau sensor kamera 108MP sudah dirasa overkill, Samsung siapkan sensor kamera 200MP lewat produk terbarunya, ISOCELL HP1.

Diperkenalkan kemarin (2/9), Samsung secara resmi umumkan ISOCELL HP1 sebagai sensor kamera smartphone pertama di dunia dengan resolusi tertinggi. Jumlah piksel besar tersebut juga bakal bisa dimanfaatkan untuk teknologi pixel binning. Selain HP1, juga diperkenalkan ISOCELL GN5 50MP. Ditujukan untuk smartphone terbaru nanti yang ingin punya sensor besar dalam desain fisik tipis.

Baca juga: Samsung ISOCELL GN2 Bawa Teknologi Baru Dual Pixel Pro

Dalam sebuah rilis, Duckhyun Chang, Executive VP of Sensor Business, Samsung Electronics mengatakan bila pihaknya telah mempelopori teknologi ‘ultrafine pixel’ yang membawa sensor gambar resolusi tinggi ke tingkat berikutnya. Lewat ISOCELL HP1 & GN5, Samsung bakal terus berusaha untuk pimpin tren dalam teknologi pencitraan dalam smartphone.

Samsung ISOCELL HP1 Unggulkan Teknologi Pixel Binning Canggih

Samsung ISOCELL HP1

Jadi penawaran yang paling wah, Samsung ISOCELL HP1 menjadi topik utama dalam peluncuran dua sensor baru kali ini. Dengan besaran resolusi 200MP & dimensi fisik 1/1.22”, masing-masing pikselnya memiliki ukuran yang cukup besar di 0,64 mikron piksel. Sembari memastikan bila dimensi fisiknya akan tetap muat digunakan di perangkat kompak seperti bodi smartphone masa kini.

Lewat resolusi tertinggi saat ini, sensor ISOCELL HP1 bawa cukup banyak benefit. Dengan full resolution, tentunya pengguna bisa memanfaatkan foto resolusi tinggi untuk keperluan cropping hingga resize. Tak hanya bisa ambil foto 200MP saja, teknologi pixel binning disempurnakan lewat ChameleonCell technology, mampukan pengambilan foto dalam tiga resolusi berbeda.

Samsung ISOCELL HP1

Selain full resolution, Samsung ISOCELL HP1 bisa kombinasikan empat piksel (2×2) menjadi satu super piksel, hasilkan foto 50MP. Tak sampai di situ, 16 piksel bersebelahan juga bisa disatukan, capai dimensi 2,56 mikron piksel yang sangat besar. Hasilkan foto beresolusi 12,5MP dengan penangkapan cahaya maksimal serta kualitas foto tertinggi dalam kondisi indoor serta situasi menantang lainnya.

Dan dengan besarnya resolusi, perekaman video tentu mendukung sampai 8K 30fps tanpa banyak potongan sudut pandang alias field of view, plus perekaman slow motion 120fps dalam resolusi 4K. Untuk memastikan fokus cepat, diimplementasikan teknologi Double Super PD (phase-detection), pastikan kekurangan pada sensor Galaxy S20 Ultra sudah teratasi.

ISOCELL GN5 50MP Hadir Bawa Teknologi Autofokus Terbaik

Samsung ISOCELL HP1

Selain ISOCELL HP1, Samsung juga luncurkan ISOCELL GN5 50MP. Ini adalah sensor pertama di industri yang memiliki dimensi 1,0 mikron piksel, digabungkan dengan teknologi Dual Pixel Pro. Teknologi tersebut memasangkan dua fotodioda terkecil di industri yang mampu mengenali pergantian pola dari semua sudut dan arah.

Dengan total 1 juta jumlah fotodioda phase-detecting multi-directional yang tersebar di semua area sensor, ISOCELL GN5 punya kecepatan fokus yang instan. Berikan hasil foto yang tajam baik di kondisi cahaya terang sampai redup sekalipun. Teknologi lain seperti Front Deep Trench Isolation (FDTI) juga pertama kali digabungkan ke sensor dengan fokus Dual Pixel.

Fungsi dari FDTI sendiri adalah dapat mengambil dan menahan lebih banyak informasi cahaya, bertujuan untuk mengurangi crosstalk atau bias cahaya yang bertabrakan setiap pikselnya. Belum ada informasi terkait penggunaan kedua sensor ini dalam sebuah smartphone. Yang pasti, Samsung sudah siapkan sampel ISOCELL HP1 & GN5 bagi para vendor untuk diuji coba.

Tinggalkan komen