Samsung ISOCELL GN2 Bawa Teknologi Baru Dual Pixel Pro

Salah satu fitur unggulan yang paling dicari oleh konsumen dalam membeli smartphone adalah kameranya yang bisa hasilkan foto dan video terbaik. Hal tersebut tentu memicu para pembuat sensor untuk terus kembangkan perangkat kerasnya, seperti Sony, Omnivision dan kini Samsung yang baru saja rilis ISOCELL GN2.

Ya, selain rilis produk elektronik serta beragam kelas smartphone secara rutin, Samsung juga merilis sensor kamera buatan sendiri untuk digunakan pada perangkat mereka maupun merek lainnya. Seri ISOCELL GN1 sendiri telah diluncurkan sejak Mei 2020 lalu, dan kini ISOCELL GN2 hadir sebagai penerus. Bawa kemampuan fokus yang lebih superior.

Meski memiliki resolusi ‘hanya’ 50MP, ISOCELL GN2 dapat hasilkan gambar dengan resolusi dua kali lipat lebih tinggi. Juga disematkan beberapa teknologi baru seperti Dual Pixel Pro, staggered HDR serta Smart ISO Pro. Semuanya bekerja agar smartphone dapat mengambil foto berkualitas tinggi, bagaimana pun kondisi pencahayaannya.

Menurut Duckhyun Chang, Executive VP of Sensor Business, Samsung Electronics, teknologi ISOCELL milik Samsung telah berikan peningkatan besar untuk berikan kualitas dan kinerja yang diharapkan dari kamera kelas tinggi. “ISOCELL GN2 memiliki fitur Dual Pixel Pro, solusi autofocus semua arah yang inovatif, meningkatkan kelincahan untuk menangkap momen saat momen itu terungkap,” tambahnya dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga: Rumor, Samsung Kembangkan Konsep Teknologi AR “Glass Lite” dan “Next Wearable Computing”

Samsung ISOCELL GN2 Bisa Ambil Foto Hingga Resolusi 100MP

Samsung ISOCELL GN2

Terkait spesifikasi teknis, Samsung ISOCELL GN2 memiliki dimensi fisik sensor yang cukup besar di 1/1.12 inci. Dengan resolusi 50MP, masing-masing piksel individunya berukuran 1,4um, alias sudah tergolong besar. Dalam kondisi pencahayaan kurang, sensor otomatis simulasi piksel besar 2,8um lewat teknologi Tetracell, gabungkan empat piksel individu.

Otomatis, kualitas foto bakal meningkat, mengingat dimensi piksel besar membuat sensor bisa menyerap lebih banyak cahaya untuk foto lebih terang dan tajam. Sementara untuk pengguna yang hobi melakukan cropping atau post-processing, sensor kamera terbaru dari Samsung ini juga berikan fitur khusus yang menarik.

Bakal terdapat opsi untuk mengambil foto beresolusi 100MP pada smartphone yang pakai sensor ISOCELL GN2. Dalam mode ini, sensor akan memanfaatkan algoritma re-mosaic, membuat tiga layer foto 50MP individu, masing-masing dalam warna merah, hijau dan biru. Tiga layer tersebut kemudian ditingkatkan dan digabung untuk hasilkan foto 100MP berkualitas tinggi.

Dual Pixel Pro juga pertama kali dihadirkan pada sensor ini. Dengan 100 juta fotodioda untuk phase-detection, teknologi ini lebih superior dari Dual Pixel autofocus, karena bisa memecah piksel secara vertikal dan diagonal. Hasilnya? Kecepatan pengambilan fokus di kondisi kurang cahaya, serta fokus ke objek bergerak bisa lebih cepat dan presisi.

Staggered-HDR bisa ambil beberapa frame gambar dalam tiga eksposur berbeda, demi hasilkan foto yang lebih detil dengan highlight dan shadow yang merata. Fitur utama lainnya, Smart ISO Pro juga bisa menggabungkan data foto dengan ISO tinggi dan rendah sekaligus. ISOCELL GN2 bisa rekam video hingga full HD 480fps maupuk 4K 120fps.

Bakal Digunakan di Xiaomi Mi 11 Ultra

Xiaomi Mi 11 Ultra

Dalam sebuah rilis di situs resminya, Samsung sendiri hanya menyebutkan bila sensor ini telah masuk dalam tahap mass production, atau pembuatan secara massal. Tak diumumkan bakal kapan hadir pertama kali di produk smartphone, maupun merek yang telah bekerja sama untuk menggunakannya. Meski dirilis Samsung, belum tentu sensor terbarunya bakal digunakan di smartphone mereka sendiri.

Namun telah diketahui bocoran smartphone pertama yang bakal gunakan Samsung ISOCELL GN2. Sebuah pembocor informasi ternama, Ice Universe baru saja mengunggah sebuah twit pada 23 Februari lalu, mengatakan bila ISOCELL GN2 bakal digunakan di seri Mi 11 Ultra, yang baru-baru ini muncul penampakannya di sebuah video.

Sebelum-sebelumnya, Xiaomi memang sudah berlangganan mengusung sensor kamera rilisan pabrikan asal Korea Selatan tersebut. Terutama di lini flagship-nya yang miliki sensor hingga 108MP. Dirumorkan bila Xiaomi Mi 11 Ultra nantinya bakal punya sensor utama 50MP, ultra wide-angle 48MP serta telefoto 48MP, lebih lengkap dari Mi 11 yang sudah rilis sebelumnya.

Tinggalkan komen