Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Coolpad Cool 6, Smartphone Rp2 Jutaan dengan Kamera Pop-Up 21MP

0 4.407

Merek smartphone yang satu ini sempat eksis di Tanah Air beberapa tahun lalu. Namun karena kurangnya minat dari masyarakat, selama tiga tahun hadir, akhirnya mereka memutuskan untuk menyerah dan tidak merilis smartphone baru di Indonesia. Namun masih tetap eksis di beberapa negara lain di dunia.

Termasuk di India, di mana smartphone kelas low-end sampai mid-range miliki daya tarik yang sangat tinggi. Untuk itu, Coolpad Cool 6 dirilis di India. Spesifikasi yang ditawarkan bisa dibilang cukup, sementara jumlah kameranya tidak sebanyak kompetitor. Namun Coolpad tawarkan desain cantik dan mekanisme kamera depan yang menarik.

Setelah diperlihatkan secara sekilas di situs ritel Amazon, Coolpad Cool 6 hadir secara resmi membawa sebuah fitur kunci yaitu kamera depan pop-up. Ketika banyak smartphone yang gunakan kamera punch-hole, smartphone terbaru Coolpad satu ini bisa hadirkan layar lebar bebas hambatan di sisi depannya.

Baca juga: Motorola One Fusion Plus Gunakan Mekanisme Kamera Pop-Up

Spesifikasi Coolpad Cool 6

Coolpad Cool 6

Berdimensi 6,53 inci, panel yang digunakan berjenis IPS dengan resolusi full HD+, punya rasio layar ke bodi sebesar 93,07%. Sensor sidik jarinya tak diletakkan di samping, melainkan masih di bodi belakang. Ada dua varian warna yang bisa dipilih, dimana opsi warna biru tampilkan efek gradasi menarik.

Sayangnya, desain yang cukup modern tak diimbangi dengan penggunaan chipset terbaru. Coolpad Cool 6 gunakan cip milik MediaTek, yaitu Helio P70 rilisan 2018. Chipset ini memang cukup bertenaga pada masanya, setara dengan Snapdragon seri 600 dan sudah dilengkapi kemampuan olah AI. Tersedia dalam opsi penyimpanan internal 64/128GB, kapasitas RAM-nya sendiri sudah cukup lega di 6GB LPDDR4x.

Kamera ber-mekanisme pop-up di bagian atas beresolusi tinggi di 21MP, mendukung fitur AI beautification. Sementara di belakang, terdapat tiga sensor kamera, masing-masing 48MP, 2MP depth sensor dan 2MP macro. Baik kamera depan maupun belakang mendukung HDR, mode profesional, mode malam dan perekaman video hingga resolusi UHD.

Smartphone Android kelas menengah ini sudah menggunakan Android 10 dengan tampilan antarmuka Cool UI. Untuk konektivitas, Coolpad Cool 6 sudah mendukung dual 4G VoLTE, WiFi 802.11 ac, Bluetooth 5.0, port USB-C serta masih dilengkapi jack audio 2,5mm. Kapasitas baterainya cukup modis, 4,000 mAh tanpa informasi ketersediaan dukungan fast charging.

Harga Coolpad Cool 6

Coolpad Cool 6

Bakal tersedia di situs Amazon India, smartphone khusus selfie dari Coolpad terbaru ini bakal dijual mulai dari INR10,999 (Rp2,2 jutaan) untuk varian 4+64GB, dan INR12,999 (Rp2,6 jutaan) untuk varian tertinggi 6+128GB. Setelah ini, Coolpad juga umumkan bahwa mereka akan rilis smartphone baru lagi pada akhir tahun 2020.

Sebagai suksesor dari Cool 5 tahun lalu, peningkatan yang dibawa memang cukup banyak. Namun persaingan smartphone Rp2 jutaan kali ini sangat pesat. Di harga yang sama, konsumen bisa menemukan Redmi Note 9 yang miliki kamera dan spesifikasi superior, maupun realme C17 dengan memori besar dan refresh rate tinggi.