Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Rilis Galaxy M02s, Saudara Kembar Galaxy A02s

0 4.883

Tidak hanya di Indonesia saja, Samsung juga terus meluncurkan smartphone seri terjangkau mereka di beberapa bagian negara lainnya. Meski pekan depan bakal rilis smartphone flagship terbaiknya untuk awal tahun 2021, kali ini pabrikan elektronik asal Korea Selatan tersebut luncurkan Samsung Galaxy M02s lebih dulu di India.

Dalam judul artikel, saya menyebutkan bila smartphone ini adalah saudara kembar dari Galaxy A02s. Hal tersebut karena memang, ya, sama persis. Bisa dibilang, kembarnya dalam taraf identik. Berbeda dengan Galaxy A11 dan Galaxy M11 yang masih berbeda kapasitas baterainya, antara Samsung Galaxy M02s dengan Galaxy A02s punya kombinasi spesifikasi yang tidak ada bedanya.

Selain tampilan luar, spesifikasi yang diusung di dalamnya juga 1:1. Mungkin supaya namanya berbeda saja, maka dirilis sebagai Samsung Galaxy M02s di India. Memang, kapasitas baterainya cukup besar, melampaui beberapa seri kelas entri di Galaxy A. Maka wajar saja bila India memutuskan untuk gunakan penamaan Galaxy M.
Baca juga: Halaman Registrasi Samsung Galaxy S21 Indonesia Sudah Dibuka

Spesifikasi Samsung Galaxy M02s

Samsung Galaxy M02s

Bahkan secara dimensi fisik, Samsung Galaxy M02s juga tidak ada beda. Smartphone ini memiliki ketebalan mencapai 9,1mm, dengan bobot 196 gram. Tergolong cukup berat untuk ukuran smartphone kelas entri, meski memang dimensi layarnya cukup besar. Mengusung desain Infinity-V display, ukurannya 6,5 inci dengan resolusi HD+.

Dengan rasio 20:9, dimensi layar Samsung Galaxy A02s cukup luas untuk digunakan menonton konten video maupun bermain gim. Meski memang tidak bisa berharap banyak dari performanya, pasalnya cip Snapdragon 450 octa-core yang digunakan sudah berumur 3 tahun lebih, dibuat dengan proses fabrikasi 14nm yang mulai tertinggal.

Chipset tersebut dipasangkan dengan pilihan RAM dan penyimpanan internal yang sama seperti Galaxy A02s di Indonesia. Ada opsi 3/32GB dan 4/64GB, dengan slot kartu microSD yang sanggup menampung kapasitas sampai 1TB. Karena smartphone ini masuk dalam kelas entry level, Samsung belum menyematkan sensor sidik jari baik di sisi samping maupun bodi belakangnya.

Setidaknya, bodi belakang Samsung Galaxy M02s terlihat menarik dengan garis-garis corak yang segar plus material bodi plastik dengan permukaan doff, tidak licin dan mudah kotor. Di belakang, terdapat setup tiga sensor kamera, masing-masing 13MP dan dua sensor 2MP untuk macro serta depth sensor. Sementara di depan disiapkan kamera 5MP untuk keperluan panggilan video daring.

Karena masuk ke dalam seri Galaxy M, smartphone ini tentu punya baterai yang besar. Memiliki kapasitas 5,000 mAh, Samsung juga sudah menyematkan teknologi pengisian daya cepat 15 watt, serta menyertakan adapter dalam paket penjualan. Port isi dayanya pun juga tidak ketinggalan, gunakan interface USB-C.

Smartphone ini jalankan One UI berbasis Android 10. Belum mendukung 5G, Samsung Galaxy M02s sudah mendukung dual 4G VoLTE. Plus, dukungan radio FM dan jack audio 3,5mm untuk disambungkan ke earphone kabel favorit.

Harga Samsung Galaxy M02s

Samsung Galaxy M02s

Samsung India sendiri belum mengumumkan tanggal kehadiran pastinya, namun dipastikan bila saudara kembar Galaxy A02s ini bakalan segera hadir. Sedikit lebih murah, Samsung Galaxy M02s dibanderol dengan harga mulai dari INR8,999, atau sekitar Rp1,72 jutaan.

Sementara di Indonesia, Samsung Galaxy A02 dibanderol seharga Rp1,799 juta untuk harga resminya. Meski, memang, sempat disediakan harga khusus pada masa flash sale, di mana konsumen dapat membelinya dengan harga Rp1,749 juta saja.

Tinggalkan komen