Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S21 & S21 Plus Bocor di Internet

Dikabarkan bakal rilis resmi 14 Januari 2021 mendatang, tidak lama lagi produsen elektronik asal Korea Selatan yang satu ini akan berikan penawaran smartphone flagship terbaiknya untuk konsumen. Rumornya sendiri sudah mulai bermunculan, mulai dari fitur kunci, hingga kini spesifikasi Samsung Galaxy S21 sudah tersedia secara lengkap.

Informasi tersebut datang dari seorang leakster atau pembocor informasi yang cukup dikenal, dan punya reputasi tinggi terkait hal ini. Roland Quandt lewat situsnya, WinFuture menjabarkan secara lengkap dua dari tiga varian, yaitu spesifikasi Samsung Galaxy S21 & S21 Plus. Yang menarik, ada yang “diturunkan” oleh Samsung bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Apa saja?

Secara tampilan, desainnya memang sudah sesuai dengan foto-foto yang sudah tersebar sebelumnya. Baik Galaxy S21 & S21 Plus punya tampilan yang serupa, dengan modul kamera belakang yang diletakkan di sudut atas kiri, memiliki tonjolan yang menyatu hingga sisi pinggirnya. Keduanya memiliki layar flat di depannya, dengan ketebalan bezel hampir sama rata.
Baca juga: Review Singkat Samsung Galaxy S21 Plus: Desain Mewah, Fitur Melimpah

Spesifikasi Samsung Galaxy S21

Spesifikasi Samsung Galaxy S21

Kita mulai dari varian yang paling sederhana dan paling kecil dulu, yaitu spesifikasi Samsung Galaxy S21 Plus. Dari segi besaran layar, masih serupa dengan sebelumnya, punya dimensi 6,2 inci Infinity-O Dynamic AMOLED. Namun kini panelnya tidak sampai Quad HD, melainkan hanya full HD+.

Sebelumnya, Galaxy S20 hadir dengan panel QHD, meski pada resolusi tertinggi, opsi refresh rate 120Hz tidak bisa diaktifkan. Mungkin atas alasan yang sama, dan juga efisiensi daya, sehingga Samsung meniadakan opsi resolusi tinggi tersebut. Setidaknya kualitas panelnya bagus, bisa nyala sangat terang hingga 1300 nits dan terlindungi Gorilla Glass Victus.

Seperti tahun lalu, spesifikasi chipset Samsung Galaxy S21 bakal ada dua varian sesuai dengan wilayah regional; Snapdragon 888 untuk region Amerika Serikat, dan Exynos 2100 untuk Eropa dan lainnya, umumnya termasuk Indonesia. Dengan RAM 8GB, ada dua opsi penyimpanan yang disediakan yaitu 128 & 256GB, kemungkinan besar tanpa slot kartu microSD.

Bagaimana dengan spesifikasi kameranya? Samsung Galaxy S21 dilengkapi kamera depan 10MP f/2.2, sementara di belakang disediakan tiga sensor. Utamanya 12MP f/1.8 dengan piksel besar 1,8um dan OIS, ditemani sensor 12MP ultra wide-angle f/2.2 dan 64MP telefoto. Sensor terakhirnya juga dilengkapi OIS, berikan kemampuan 3x hybrid optical zoom. Tanpa ada bantuan laser autofocus, meski S20 & S20 Plus memang tak ada masalah dalam hal fokus sebelumnya.

Sisanya tak jauh berbeda dari versi sebelumnya. Kapasitas baterai 4,000 mAh, mendukung 25W fast charging, perekaman video 8K 30fps & 4K 60fps sampai sertifikasi IP68. Namun dimensinya tergolong kompak, dengan ketebalan 7,9mm dan bobot 171 gram saja. Karena konon khusus varian ini, material yang digunakan sama seperti Galaxy Note20, yaitu plastik polikarbonat.

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Plus

Samsung Galaxy S21 Plus

Lalu apa perbedaan spesifikasi Samsung Galaxy S21 Plus dibandingkan dengan varian biasa? Tak terlalu banyak sebenarnya. Secara nama, tentunya yang satu ini bakal hadir dengan dimensi lebih besar. Layarnya sendiri berukuran 6,7 inci, meski sama-sama gunakan resolusi full HD+. Sehingga kerapatan pikselnya mungkin sedikit kurang.

Untuk S21 Plus, material back cover-nya menggunakan kaca, sehingga bobotnya signifikan lebih berat di 202 gram. Kapasitas baterainya juga tentu lebih besar, dan kali ini juga lebih besar dari generasi sebelumnya di 4,800 mAh. Selain itu, opsi warnanya tidak sebanyak Galaxy S21 biasa. Hanya ada warna Silver, Black dan Purple saja.

Untuk perkiraan harga, Samsung Galaxy S21 dikabarkan bakal dirilis dengan banderol harga 849 Euro (Rp14 jutaan), dan 1049 Euro (Rp18 jutaan) untuk Galaxy S21 Plus. Keduanya adalah harga opsi terendahnya dengan penyimpanan 128GB, dan biasanya harga standar Eropa lebih mahal dari harga Asia. Kurang Galaxy S21 Ultra aja, nih, yang belum muncul spesifikasi lengkapnya. Kita nantikan jelang peluncuran ya.

Tunjukkan Komen (4)