Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ungkap Spesifikasi Lengkap, Ini Target Pasar OPPO Reno4 di Indonesia

0 4.195

IHanya beberapa hari lagi sebelum perilisan resminya di Indonesia. Ya, OPPO Indonesia akan segera merilis sebuah smartphone baru, lengkap dengan perangkat AIoT berupa smartwatch yang cocok untuk menemani. Bakal debut dengan fitur kamera canggih serta desain yang lebih stylish, OPPO Reno4 diklaim bakal menjadi tren smartphone terbaru di 2020.

Dari seluruh fitur dan peningkatan baru yang dibawa, OPPO Indonesia merangkumnya menjadi empat tren utama. Masing-masing adalah trendy appearance, trendy photography, trendy technology serta ColorOS terbaru yang dibawanya. Secara keseluruhan, spesifikasi OPPO Reno4 mengantarkan peningkatan yang menyeluruh dibandingkan generasi sebelumnya.

Baca juga: Meluncur 6 Agustus di Indonesia, Inilah Tampilan OPPO Watch

Targetkan Anak Muda Maupun Pekerja Kantoran

OPPO Reno4 Space Black

OPPO sendiri utamanya menargetkan perangkat OPPO Reno4 untuk konsumen berusia 20-30 tahun, pelajar yang selalu mengikuti tren ataupun karyawan maupun profesional pekerja kantoran. Mereka yang senang merekam kehidupan keseharian dan membagikannya ke media sosial, senang bermain gim atau nonton video, serta fokus terhadap hal-hal baru. Termasuk menjadi spotlight dalam tren yang sedang ada saat ini.

Tampilan luar OPPO Reno4 memang mendukung konsumen yang ingin tampil trendi. Profilnya dibuat tipis, hanya 7,7mm dengan bobot 165 gram saja. Permukaan bodi belakang kaca hadir dalam dua bentuk finishing, yang sama-sama terlindung oleh Corning Gorilla Glass 3. Warna Galactic Blue berikan finishing doff yang menyala layaknya berlian.

Sementara varian OPPO Reno4 Space Black hadir dengan pola logo OPPO yang sedikit tersembunyi dan dibuat berulang. Pola ini terinspirasi dari brand fashion mahal, membuatnya terlihat semakin elegan. Nuansa premium juga hadir sampai bagian depan, dengan desain dual punch-hole dan tepian bezel tipis.

Seri OPPO Reno juga selalu unggul dalam sektor kameranya. Salah satu rilisan awalnya miliki kemampuan 10x Hybrid Zoom, dilanjutkan dengan fitur Ultra Steady Video serta foto resolusi 108MP. Kali ini, OPPO berikan detil spesifikasi kamera yang dibawa OPPO Reno4.

Sensor kamera depannya gunakan Sony IMX616, beresolusi 32MP dengan diafragma f/2.4. Di sebelahnya terdapat sebuah AON Smart Sensor yang sudah kami bahas pada artikel berikut ini. Sementara di belakang, diletakkan tiga kamera utama yang berurutan dari atas ke bawah; 8MP f/2.2 ultra-wide, 48MP f/1.7 Sony IMX586 serta 2MP macro camera. Lalu juga disematkan sensor kecil yang berfungsi sebagai mono camera.

Baik kamera depan dan belakang mampu hasilkan foto artistik lewat fitur AI Color Portrait. Objek akan nampak berwarna, namun lainnya dibuat hitam putih. Yang cukup hebat, fitur ini bekerja baik di kamera depan maupun belakang, baik foto maupun video. Khusus kamera belakang, terdapat fitur Monochrome Video dimana hasil video dapat menampilkan salah satu warna RGB.

Sementara saat malam hari, OPPO Reno4 dapat hasilkan foto potret memukau lewat fitur Night Flare Portrait. Fitur ini menggabungkan beberapa algoritma termasuk low-light HDR, hasilkan foto bagus yang awalnya hanya bisa dihasilkan dari kamera profesional dengan lensa khusus.

OPPO Reno4 - Nareend Kameshwara
Fotografer profesional, Nareend Kameshwara menjajal langsung kamera OPPO Reno4.

Untuk berikan contoh hasil terbaik, OPPO Indonesia juga turut mengundang Nareend Kameshwara, seorang fotografer profesional yang memang sudah pernah bekerja sama untuk seri sebelumnya. Foto-foto di bawah ini diambil oleh Nareend langsung dari OPPO Reno4 dengan mode bawaan smartphone, tanpa olah tambahan setelahnya.

Hasil foto OPPO Reno4 - AI Color Portrait
Menggunakan mode AI Color Portrait.
Hasil foto OPPO Reno4 - Night Flare Portrait
Menggunakan mode Night Flare Portrait.

Kamera belakangnya juga didukung perekaman slow-motion 960fps di resolusi 720p, dan 480fps di 1080p. Baik kamera depan maupun belakang dilengkapi fitur Steady Video, dengan Ultra Steady Video Pro pada kamera belakang yang jauh lebih stabil dari generasi sebelumnya. Ketika memerlukan editing, Soloop hadir dengan algoritma AI yang permudah olah video.

Dengan fitur kamera yang lebih mumpuni, tentunya spesifikasi chipset OPPO Reno4 telah ditingkatkan. Chipset yang digunakan adalah Snapdragon 720G, ditemani RAM 8GB LPDDR4x serta penyimpanan 128GB. Kapasitas baterai 4,015mAh sudah mendukung 30W VOOC 4.0, dapat terisi penuh hanya 57 menit. Jalankan ColorOS 7.2 berbasis Android 10, OPPO Reno4 menjadi yang pertama menggunakan antarmuka terbaru dari OPPO tersebut.

Kurang harganya aja, nih, Gizmo friends. Menjadi smartphone kelas menengah, harusnya harga OPPO Reno4 nanti tak terpaut jauh dari generasi sebelumnya ya. Setidaknya lebih murah dari OPPO Reno3 Pro, deh. Mari tebak-tebakan lebih dulu sebelum pengumuman harga resminya beberapa saat lagi.

Spesifikasi OPPO Reno4

Spesifikasi OPPO Reno4

OS: ColorOS 7.2 berbasis Android 10
Prosesor: Qualcomm Snapdragon 720G 7nm
CPU : octa-core (2×2.3GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8GHz Kryo 465 Silver
GPU: Adreno 618
Baterai : 4.015 mAh, 30W VOOC 4.0 (100% dalam 57 menit)
RAM: 8GB LPDDR4x
Storage : 128GB, slot microSD dedicated
Layar: 6,4” AMOLED dual punch-hole, FHD+
SIM Card: Nano-SIM (triple slot)
Port: USB-C, audio jack 3,5mm
Kamera depan: 32MP Sony IMX616 f/2.4
Kamera utama : Quad Camera 48MP f/1.7 + 8MP ultra wide-angle + 2MP mono + 2MP macro
Ukuran sensor: 1/2″ + 1/4″ + 1/5″ + 1/5″
Video: 4K 60fps/1080P & [email protected]
Warna: Space Black/Galactic Blue
Fingerprint: Hidden Fingerprint Unlock 3.0

Beli smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE BUKALAPAK ERASPACE  LAZADA JD.ID