Jakarta, Gizmologi – Salah satu platform streaming musik dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia, Spotify baru saja mengumumkan informasi kerja sama yang mungkin terdengar tak biasa. Bukan dengan label musik maupun pengembang aplikasi, melainkan bersama tim sepakbola FC Barcelona. Gabungkan penggemar musik dan tim sepak bola.
Spotify sendiri memang terus lakukan ekspansi dalam beberapa tahun terakhir. Meski secara tampilan aplikasi masih begitu-begitu saja, isi konten di dalamnya sudah banyak berkembang. Mulai dari hadirkan layanan mirip Clubhouse, gandeng beberapa podcaster untuk bikin konten eksklusif, sampai perkaya tampilan visual dan mengedepankan podcast selain koleksi lagu yang lengkap.
Kerja sama jangka panjang yang diadakan oleh Spotify bersama FC Barcelona ini akan berjalan secara long-term. Dimulai dari musim 2022 – 2023, Spotify akan terus ‘mendampingi’ sampai empat musim ke depan, menjadi “Main Partner of the Club” serta “Official Audio Streaming Partner.”
Baca juga: Market Streaming Musik Global Masih Didominasi Spotify
Bantu Artis Capai Lebih Banyak Audiens

Yang menjadi pertanyaan, apa alasan Spotify jalin kerja sama dengan FC Barcelona? Pertanyaan tersebut sudah terjawab oleh perwakilan dari Spotify, yakni Alex Norstrom selaku Chief Freemium Business Officer. Ia mengatakan, penggabungan dua pihak besar ini dapat berikan banyak benefit, baik dari masing-masing pihak maupun pada masing-masing penggemarnya.
“Bagi Spotify, alasannya cukup simpel, yakni menghubungkan penggemar dengan segala jenis artis—pemain dan artis, musik dengan olahraga,” jelas Alex. Ia menambahkan, penggemar musik di Spotify serta penggemar FC Barcelona akan bergabung untuk membentuk sebuah komunitas global yang saling terhubung. Juga memiliki visi untuk membuat platform baru demi membantu artis berinteraksi dengan komunitas FC Barcelona.
Dikutip dari Reuters, pihak Spotify mengatakan kalau rata-rata umur penggemar FC Barcelona berusia di bawah 30 tahun, yang secara kebetulan masuk ke dalam target pasar Spotify. Dalam membantu para artis temukan pendengar baru, Spotify kini memiliki hak placement di stadion akbar Camp Nou. Dengan begitu, pihaknya bisa memajang para musisi atau lainnya secara fisik.
Tak hanya itu, Spotify juga bakal munculkan logo perusahaan pada kaus pemain, baik tim laki-laki maupun perempuan. Juga bakal memanfaatkan display digital untuk tampilkan artis yang lebih relevan untuk masing-masing penonton TV tiap wilayah. Misal, saat ada pertandingan berlangsung, penonton dari Eropa dan India akan melihat dua iklan atau konten yang berbeda.
Juga Ikut Ubah Nama Stadion

Rilis resmi yang diunggah oleh Spotify sendiri tak menyebutkan nilai kerja sama terbarunya, namun stasiun radio Rac1 melaporkan bila nilainya mencapai 280 juta Euro, atau sekitar USD320 juta. Nilai yang wajar, mengingat bakal berlangsung dalam jangka panjang, serta mendapatkan hal eksklusif.
Selain berikan akses untuk memajang artis terbaru langsung di stadion, nama stadionnya sendiri juga ikutan diubah. Stadion yang berukuran masif tersebut kini bakal disebut dengan Spotify Camp Nou, alias ditambahkan satu kata di depan nama sebelumnya.
“Misi Spotify adalah untuk membuka potensi kreativitas, mendukung para artis agar dapat hidup dari karya mereka, serta dalam berhubungan dengan para penggemar. Kami percaya bahwa kemitraan ini membuka lebih banyak peluang untuk mencapai misi tersebut, dengan berbagai cara yang unik, imajinatif dan berdampak,” tutup Alex.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




