Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Menginjak 2 Tahun, OYO Indonesia Bukukan 3000 Properti & 3,3 Juta Tamu

0 53

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Oyo, startup asal India yang bergerak di bisnis hospitality atau jaringan hotel ini agar bisa tetap survive. Industri perhotelan menjadi salah satu yang paling terkena dampak pandemi Covid-19. Bila tidak bisa beradaptasi secara cepat, bisa kalah oleh pesaing, bahkan tumbang.

Resmi beroperasi sejak 2018, OYO kini sudah menapakkan kakinya selama dua tahun di Indonesia. Tercatat OYO telah membukukan lebih dari 5,5 juta pemesanan selama tahun keduanya beroperasi. Mereka diklaim membuka lebih dari 20 ribu lapangan pekerjaan di bidangnya.

Meski di sisi lain, OYO juga terjerat sejumlah kasus. Kekecewaan yang dialami oleh konsumen dan mitra sempat mencuat sampai muncul tagar #OYOBikinRugi di media sosial. Pada Agustus 2020 yang lalu, sebuah utasan dibuat di Twitter oleh akun @oyobikinrugi yang membeberkan kecurangan yang klaimnya dilakukan pihak OYO Indonesia. Kerugiannya dijelaskan tak hanya dirasakan pelanggan, namun juga mitra dan vendor.

Di luar masalah yang menderanya tersebut, OYO menunjuk personil baru, yaitu Agus Hartono Wijaya sebagai Country Head baru di Indonesia. Penunjukkan ini disebut untuk memperkuat komitmen dalam menggunakan pendekatan lokal di seluruh wilayah operasional bisnisnya.

Baca juga: Pelanggan OYO Kini Dapat Check-In Hotel Tanpa Sentuhan

Country Head Baru Setelah 2 Tahun OYO Indonesia Beroperasi

Agus sendiri sebelumnya sudah berkarir di OYO Indonesia, menjabat sebagai Country Business Development Head selama hampir dua tahun. Sebelum pada akhirnya berganti jabatan menggantikan Eko Bramantyo, sebelumnya menjabat sebagai Country Head Indonesia.

“Selama kurang lebih 2 tahun berkiprah di industri hospitality Indonesia, OYO telah berhasil mencapai lebih dari 3 ribu properti dan 45 ribu kamar yang tersebar di lebih dari 150 kota di penjuru Indonesia,” terang Agus lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (19/10). Ia kemudian menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada 3,3 juta tamu setia OYO Indonesia, serta para mitra atas kepercayaannya.

Menandai tahun kedua eksis di Indonesia, OYO disebut berupaya memperbaiki seluruh ekosistemnya. Serta untuk berikan nilai tambah dan hasil terbaik bagi mitra pemilik aset dan para karyawan OYO.

Untuk merespon pandemi yang menekan industri hospitality secara signifikan, OYO telah hadirkan inisiatif seperti Sanitized Stay; fitur check-in hingga check-out tanpa sentuhan serta integrasi e-wallet OVO dan GoPay di aplikasi OYO. Di sisi produk, OYO telah merambah bisnis F&B, dengan hadirkan brand Kopi Cinta.

Selain Berikan Promo, OYO Juga Aktif Beri Bantuan Kemanusiaan

OYO 2th anniversay bakti sosial

Selain peningkatan dari sisi produk dan pelayanan, OYO juga aktif berpartisipasi dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia. Mulai dari alokasi dana sebesar 2,7 miliar rupiah untuk bantu para mitra pemilik aset di Asia Tenggara, hingga kolaborasi dengan Habitat of Humanity di Indonesia untuk alokasikan kamar bagi para pejuang kesehatan.

Dan sebagai apresiasi terhadap dukungan masyarakat kepada OYO, bakal diadakan program spesial anniversary. Di dalamnya bakal ada beberapa program seperti Birthday Giveaway berhadiah sepeda Brompton, program referral berhadiah saldo OVO cash, serta kontes di Instagram.

Juga kolaborasi dengan berbagai pihak seperti Benih Baik untuk sediakan alat komunikasi dan kuota internet untuk kegiatan belajar daring anak mitra terdampak. Dan bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT), OYO sediakan food truck yang berikan seribu prosi makanan bagi tenaga medis di Rumah Sakit Tarakan. OYO juga mengadakan kegiatan bakti sosial ke beberapa panti asuhan di 10 daerah tempat beroperasi.