Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Soundcloud Berencana Menyediakan Pembayaran Secara Langsung Saat Streaming

0 23

Guna mendukung musisi, Soundcloud sedang menyiapkan untuk menerapkan sistem pembayaran langsung saat streaming.  Ini memungkinkan penggemar membayar kepada artis ataupun musisi kesayangannya. Dikutip Gizmologi.id dari Billboard, langkah ini akan menjadikan SoundCloud layanan streaming musik besar pertama yang merangkul model pembayaran langsung.

Sebelumnya, strategi yang sama telah populer dengan layanan streaming Tiongkok seperti QQ Music Tencent Music selama bertahun-tahun serta layanan langganan seperti Patreon dan OnlyFans telah membangun bisnis mereka. Untuk merealisasikan hal itu, butuh musisi dan penggemar di seluruh dunia menuntut distributor musik digital yang lebih besar untuk melakukan hal yang sama.

SoundCloud masih menjajaki beberapa model pembayaran streaming alternatif dan akan mengumumkan rencananya sebelum akhir kuartal pertama 2021. Sayangnya, pihak SoundCloud masih belum mau angkat bicara perihal rencana ini.

Berdampak Besar Bagi Layanan Musik Streaming

Dengan adanya rencana tersebut, ini akan menjadi suatu perubahan besar yang akan terjadi di SoundCloud, terutama saat ini menggunakan model “pro-rata”. Pada metode yang sama, ini digunakan oleh semua layanan streaming utama, yaitu dengan mengumpulkan pendapatan pelanggan dan membagikan pendapatan kepada artis yang menghasilkan streaming terbanyak, mengarahkan sebagian besar pendapatan untuk aksi terbesar dunia.

Sebanyak 175 juta pengguna bulanan SoundCloud sekarang dapat memilih untuk membayar hingga $ 10 per bulan untuk layanan streaming berdasarkan permintaan perusahaan SoundCloud Go +, tetapi pembayaran mereka tidak didistribusikan kepada artis berdasarkan siapa yang mereka dengarkan secara pribadi, dan mereka tidak dapat “tip”atau mengarahkan biaya langganan mereka ke tindakan favorit mereka.

Baca juga: Tren E-Commerce Live Streaming Kian Populer di Indonesia

Perjuangan Memulihkan Kembali SoundCloud 

soundcloud TechCrunch.com Langkah untuk menggali model pembayaran alternatif terjadi hanya beberapa bulan setelah Michael Weissman menjabat sebagai CEO SoundCloud yang mengambil alih posisi terdahulu dari Kerry Trainor pada 2021. Trainor, mengundurkan diri setelah menghabiskan tiga tahun untuk memulihkan kondisi SoundCloud yang saat itu sedang bermasalah. 

Saat Trainor masih mengambil alih Soundcloud pada 2017, ia mengeluarkan $ 170 juta paket  sebagai langkah penyelamatan dari The Raine Group dan Temasek Holdings yang berbasis di Singapura. Sementara Weissman yang saat itu menjabat sebagai Chief Operating Officer di Vimeo ikut bersama Trainor, bergabung dengan layanan streaming dalam peran yang sama.

Terjadi Peningkatan Pendapatan

Sebelum dipromosikan menjadi Presiden dari Soundcloud pada tahun 2019. Berkat produk yang mengutamakan pencipta dan penawaran langganan, Terjadi Peningkatan pendapatan mayoritas sebesar 19% pada 2018 dan 37% di tahun 2019, menurut angka yang diperoleh Music Business Worldwide.

Hasil ini mengantarkan perusahaan meraih keuntungan pada kuartal pertama tahun 2020. Keberhasilan itu menghasilkan $ 75 juta investasi dari SiriusXM Februari lalu, investasi yang memungkinkan SoundCloud memperluas perjanjian penjualan iklannya dengan Pandora.