Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

PSBB Total di Jakarta, Smartfren Pastikan Jaringan 4G LTE Optimal

0 967

Mulai awal pekan depan, tepatnya pada hari Senin (14/9), pemerintah DKI Jakarta bakal terapkan kembali Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). Kondisi tersebut dilakukan mengingat tak kunjung melandainya kurva penularan virus Covid-19 di ibukota. Hal ini diadakan untuk menekan angka sekaligus tindakan preventif untuk ke depannya.

Secara otomatis, akan lebih banyak pekerja yang kembali menerapkan sistem kerja work from home atau WFH. Tentunya, koneksi internet menjadi sangat krusial untuk keberlangsungan pekerjaan sehari-hari. Sebagai salah satu penyedia jaringan operator terkemuka di Tanah Air, Smartfren bakal memastikan untuk menyelenggarakan optimasi jaringan, serta secara intensif terus memantau perubahan lalu lintas data yang terjadi.

Kedua langkah yang dilakukan Smartfren tersebut guna memastikan seluruh pelanggannya agar bisa mendapatkan koneksi internet dengan kecepatan maksimal, di mana pun berada. Tentunya, situasi PSBB akan mengubah pola pergerakan banyak orang yang juga membuat titik kepadatan traffic data berubah menjauh dari area bisnis, perkantoran dan wisata.

Jaringan 4G Smartfren Akan Dipantau Intensif 24 Jam

Optimasi jaringan yang dilakukan adalah dengan menyesuaikan kapasitas jaringan di area low traffic. Kemudian mengatur kembali route traffic data ke area-area yang memerlukan kapasitas lebih tinggi sesuai kebutuhan. Sekaligus meluncurkan sejumlah produk yang lebih relevan untuk masyarakat yang melaksanakan WFH atau SFH (school from home).

Dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (11/9), Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations & Special Project Smartfren, mengatakan bila Smartfren telah siap dan terus optimalkan jaringan agar kinerjanya dapat mendukung skema PSBB dari pemerintah. Jaringannya sudah 100% 4G, selalu dipantau intensif selama 24 jam serta dikelola secara dinamis, menyesuaikan kepadatan lalu lintas data.

“Selain itu, kami terus melakukan proses optimasi network, untuk menjamin pelanggan bisa mendapatkan kualitas maksimal ketika WFH atau SFH, menggunakan aplikasi video conference. Misalnya ketika PSBB 14 September 2020 nanti, traffic lebih tinggi di area pemukiman karena WFH, maka kami melakukan penyesuaian kapasitas untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut,” tambah Munir.

Di masa PSBB yang baru nantinya, call center Smartfren dapat dihubungi oleh pelanggan selama 24 jam, lewat 888 dari nomor Smartfren atau 021-50100000 dan 08811223344 dari nomor lain. Sedangkan Galeri Smartfren tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai peraturan yang berlaku. Seperti pengecekan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer, penerapan jaga jarak, memasang sekat dan mewajibkan penggunaan masker.

Telah Meluncurkan Produk Khusus Work From Home

Ki-ka: Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren dan Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren meluncurkan paket kuota nonstop Smartfren

Sejumlah produk baru yang lebih relevan untuk masyarakat WFH & SFH juga dihadirkan seperti Smartfren Unlimited dengan Booster Unlimited, dan Kuota Nonstop sebagai paket data terpisah agar pelanggan dapat tetap terhubung ke internet, meski kuota utamanya habis.

Sebelumnya, selama bulan Maret hingga Mei 2020, Smartfren telah mencatat kenaikan traffic data sebesar 10 persen di seluruh wilayah operasional. Penyebabnya adalah adanya peningkatan aktivitas masyarakat secara online, yang didukung adanya berbagai paket kuota data Smartfren sesuai dengan kebutuhan pelanggan.