Update iOS 15 Sudah Tersedia, Ini yang Perlu Kamu Tahu!

Jakarta, Gizmologi – Acara tahunan Apple Event di mana diresmikan jajaran iPhone baru telah diresmikan pada pekan ketiga bulan September kemarin. Tentunya, semua seri tersebut bakal jalankan sistem operasi terbaru, yang juga bakal tersedia pada jajaran iPhone seri lebih lama lewat update iOS 15. Termasuk iPadOS & watchOS baru.

Meski tak dirilis dalam hari yang sama di peluncuran iPhone 13 series, update iOS 15 akhirnya hadir bagi para pengguna iPhone beberapa seri sebelumnya secara global. Benar-benar serentak, pengguna di Indonesia pun sudah bisa mendapatkannya secara langsung dari smartphone masing-masing melalui metode OTA atau over-the-air, tak melulu harus akses iTunes pada desktop.

Baca juga: Rangkuman Fitur Baru iOS 15, Bakal Tersedia Hingga iPhone 6S

Selain update iOS 15, update untuk iPadOS 15 dan watchOS 8 juga tersedia untuk masing-masing seri perangkat yang mendukung. Bila kamu sudah menggunakan versi beta sejak beberapa waktu lalu, maka tak perlu melakukan apa pun. Karena pembaruan terakhir yang berukuran lebih dari 5GB sudah memiliki versi yang sama.

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Update iOS 15

Update iOS 15

Sebelum menjalankan proses update iOS 15, ada beberapa hal yang perlu Gizmo friends ketahui. Mengingat ini adalah major update atau pembaruan berskala besar, Apple nampak tidak terlalu memaksakan penggunanya untuk lakukan pembaruan saat ini juga. Terlihat dari menu Software Update di mana tombol untuk update iOS 15 berada di bawah.

Selain itu, kamu memerlukan koneksi internet yang stabil, serta penyimpanan internal yang cukup sebelum lakukan proses pembaruan. Untuk iPhone sendiri, rata-rata membutuhkan pengunduhan melebihi 3GB, dan bisa lebih untuk iPadOS 15. Pastikan juga baterai telah cukup agar proses berjalan dengan lancar.

Dari semua fitur baru yang pernah diperkenalkan oleh Apple pada WWDC 2021 kemarin, tak semua fitur baru pada update IOS 15 pertama ini bakal hadir. Seperti SharePlay yang memungkinkan antar pengguna untuk lakukan panggilan FaceTime sambal streaming video bersamaan lewat platform favorit, atau olahraga virtual bersama lewat Apple Fitness Plus.

Apple juga sempat menyebutkan kalau AirPods bakal diberikan fitur tambahan agar lebih mudah dicari lewat Find My, selayaknya Apple Airtag. Plus, fitur Universal Control juga bakal menyusul di waktu mendatang. Fitur ini memungkinkan pengguna iPad dan komputer Mac untuk berbagi kursor pada dua perangkat sekaligus, berikan pengalaman yang lebih seamless atau terintegrasi.

Beberapa Fitur Hanya Tersedia Untuk Seri Terbaru

Seperti pada kedua gambar di atas, update iOS 15 bakal tersedia mulai dari iPhone SE generasi pertama atau iPhone 6S ke atas. Sementara untuk iPadOS 15 sendiri, kompatibel pada semua generasi iPad Pro, iPad mini 4 ke atas, iPad generasi ke-5 hingga terbaru, serta iPad Air 2 ke atas.

Yang terakhir, untuk watchOS 8, kompatibel baik untuk Apple Watch SE dan Apple Watch Series 3 ke atas. Tentunya, tak semua fitur bakal hadir untuk semua seri. Akibat limitasi hardware, beberapa seri perangkat lawas bakal tak mendapatkan fitur baru. Sebut saja fitur seperti Portrait Mode pada panggilan video, hanya tersedia di update iOS 15 untuk perangkat dengan cip Apple A12 Bionic.

Dan bagi kamu pengguna iOS 15 lebih awal yang menggunakan profil beta, ada baiknya untuk menghapus profil tersebut supaya bakal tetap berada di iOS 15 versi resmi (kalau memang tak ingin naik ke 15.1 Beta dalam waktu dekat), dengan menghapus konfigurasi pada menu “VPN & Device Management” pada bagian Settings.

Tinggalkan komen