Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Update iOS 13.4 untuk iPhone & iPad Bawa Fitur & Memoji Baru

0 4.652

Apple baru saja merilis pembaruan perangkat lunak (software) mereka, iOS 13.4. Pembaruan kali ini tak banyak membawa fitur baru untuk iPhone, hanya perbaikan bug meski dalam jumlah yang cukup banyak.iOS 13.4 tersedia untuk semua perangkat yang mendukung iOS 13, seperti iPhone 6s ke atas serta iPod Touch generasi ke-7.

Sementara untuk perangkat iPad, iPadOS 13.4 bawa sebuah fitur yang mampu menambah fungsi dan produktivitas dalam menggunakan iPad lebih baik, yaitu dukungan trackpad/mouse terintegrasi.

iOS 13.4 mulai diuji coba pada awal bulan Februari lalu, dan kini resmi tersedia untuk seluruh pengguna melalui OTA. Pembaruan ini bisa kamu unduh lewat aplikasi Settings, di bagian General – Software Update. Pada perangkat seperti iPhone 7, pembaruan iOS 13.4 berkuran 871,9MB, dan memerlukan waktu singkat kurang dari 15 menit untuk proses update. Kamu juga bisa melakukan pembaruan lewat iTunes via perangkat Windows atau Mac.
Baca juga: iPhone 7 Plus, Masih Layakkah Dibeli di Tahun 2020?

Fitur Baru iOS & iPadOS 13.4

Memoji iOS 13.4
Beberapa pilihan Memoji baru di iOS 13.4.

Lalu apa saja fitur-fitur baru yang dibawa di iOS 13.4 & iPadOS 13.4? Salah satunya adalah sembilan stiker Memoji baru yang bisa kamu pilih. Dengan bertambahnya jumlah Memoji, kamu bisa lebih ekspresif saat sedang berkirim pesan bersama teman maupun keluarga.

Aplikasi Files pada iOS 13.4 juga turut diperbarui, dengan fitur Folder Sharing pada layanan iCloud Drive. Kamu bisa membuat folder dimana isinya bisa dibagikan bersama orang lain dengan pemberian akses khusus, serupa dengan Google Drive, seperti hanya melihat atau dapat mengganti/unggah dokumen. Selain itu, aplikasi Mail juga kini dilengkapi toolbar yang lebih jelas untuk akses fitur delete, move, reply to dan compose.

Baik iOS 13.4 & iPadOS 13.4 juga sudah menggunakan sistem Universal Purchase. Kalau kamu sudah membeli sebuah aplikasi di iPhone, maka jika aplikasi tersebut tersedia di platform lain seperti iPad, Mac atau Apple TV, kamu bisa mengunduhnya langsung secara gratis. Tampilan dalam Apple Arcade juga diperbaiki untuk mempermudah pencarian, seperti penambahan format list. Menggunakan fitur CarPlay di mobil? Aplikasi navigasi pihak ketiga kini dapat digunakan, beserta dengan fitur informasi panggilan.

Dukungan mouse iPadoS 13.4
Dukungan mouse & trackpad di iPadOS 13.4

Khusus iPadOS 13.4, kini telah tersedia dukungan untuk perangkat mouse serta trackpad, fitur yang menjadi highlight saat perilisan iPad Pro 2020 kemarin. Kamu bisa menggunakan Magic Mouse, Magic Trackpad, maupun mouse pihak ketiga melalui koneksi Bluetooth dan kabel. Dukungan multi-touch gesture juga hadir untuk memudahkan kamu saat berganti aplikasi, scroll, swipe dan pintasan lainnya.

Baca juga: Apple iPad Pro 2020 Hadir dengan LiDAR Scanner & Magic Keyboard Baru

iOS 12.4.6 Dirilis Untuk iPhone Lawas

Selain deretan iPhone baru, Apple tak lupa untuk memberian pembaruan software ke beberapa seri ponsel lawasnya. iOS 12.4.6 diluncurkan pada 25 Maret kemarin, membawa update keamanan dan tidak memberikan fitur baru.

iOS 12.4.6 tersedia untuk iPhone 5s, iPhone 6 & 6 Plus, iPod touch generasi ke-6, iPad Air generasi pertama, iPad mini 2 & iPad mini 3. Meski tak ada fitur baru seperti pada iOS 13.4, Apple patut diacungi jempol karena setidaknya masih memerhatikan software untuk perangkat yang sudah lama dirilis. Sebagai pengingat, iPhone 5s dirilis pada September 2013 lalu, alias sudah berumur lebih dari enam tahun.


Beli produk Apple di:

Eraspace (erafone) Lazada.co.id