Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Usaha Facebook Connectivity Ciptakan Koneksi Internet Inklusif di Indonesia

0 623

Meski jaringan 5G nampak akan hadir dalam waktu yang tidak lama lagi, akses internet yang inklusif di seluruh daerah nampak akan menjadi tugas yang sangat panjang. Meski peningkatannya telah naik jauh dalam beberapa tahun terakhir, masih banyak penduduk di Indonesia yang belum terjangkau internet. Facebook Connectivity mencoba untuk menyelesaikan hal tersebut, berikan kesempatan yang sama untuk semua orang dalam mengakses internet cepat.

Facebook digunakan oleh masyarakat Indonesia setiap harinya untuk terhubung dengan orang-orang terdekat. Dari data Inclusive Internet Index yang diambil dari Economist Intelligence Unit, Indonesia berkinerja baik dengan peringkat 57 dari 100 negara. Sekitar 66% rumah tangga di Indonesia adalah pengguna internet, lebih tinggi dari rata-rata di Asia (60%). Namun kecepatan internet umumnya lebih lambat dari rata-rata.

Demi mencegah kesenjangan digital yang lebih besar, lewat Facebook Connectivity, Facebook mengajak para mitranya di Indonesia untuk tingkatkan internet di Indonesia. Termasuk perluas akses jaringan, menurunkan biaya konektivitas, pengoptimalan investasi jaringan serta memungkinkan pendekatan baru untuk infrastruktur jaringan telekomunikasi.

Facebook Connectivity Telah Inisiasi Empat Proyek di Indonesia

Peran Facebook Connectivity tak sebagai penyedia layanan, namun berikan ekosistem untuk bekerja dengan penyedia jaringan, manufaktur peralatan serta mitra lain untuk kembangkan model bisnis, alat dan teknologi baru yang bantu sediakan akses internet cepat. Facebook ingin secara aktif kembangkan ekosistem agar tumbuh dengan kinerja jaringan yang kuat serta inovasi yang berkelanjutan.

Di Indonesia sendiri, Facebook Connectivity telah adakan empat proyek terkait konektivitas di Indonesia. Salah satunya adalah dukungan penyebaran serat kabel fiber, yang merupakan investasi terbesar Facebook di Asia Tenggara. Bekerja sama dengan Alita, Facebook telah membantun 3.000 kilometer kabel fiber, menghubungkan lebih dari 1.000 titik jaringan di Bali, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Baca juga: Kolaborasi Facebook dan Alita Perluas Jaringan Fiber Optik di Indonesia

Kabel fiber tersebut akan miliki akses terbuka, sehingga dapat berikan akses merata ke semua penyedia layanan. Nantinya memungkinkan akses internet di area-area yang kurang terjangkau serta meningkatkan kapasitas pengguna di seluruh daerah. Fase awal penyebaran kabel fiber sepanjang 1.100 kilometer telah dilaksanakan di Bali, Pasuruan, Manado dan Surakarta.

Selain itu, Express Wi-Fi adalah platform perangkat lunak dari Facebook untuk bantu penyedia layanan membangun, mengoperasikan, menumbuhkan dan memonetisasi bisnis Wi-Fi mereka. Di Indonesia, Facebook bermitra dengan BaliTower serta D-Net untuk sediakan akses internet cepat, terjangkau dan andal. Di daerah yang terpencil termasuk area Gunung Bromo, Jawa Timur.

Facebook juga menyediakan sebuah teknologi nirkabel gigabit, Terragraph. Tujuannya untuk sediakan alternatif yang cepat, terjangkau dan mudah digunakan untuk kabel serat optik, agar bandwidth tidak terbatasi. Teknologi ini dapat digunakan untuk mendasari layanan Smart City. Uji coba telah dilakukan pada 2018, bersama XL di Kota Tua untuk sediakan akses Wi-Fi publik kepada ribuat pengguna selama Asian Games berlangsung.

Facebook Connectivity Juga Edukasi Pengguna Internet Pertama

Internet 101 Indosat Facebook Connectivity

Melihat potensi untuk hubungkan internet ke jutaan masyakarat di Indonesia, Facebook juga ingin edukasi para pengguna pertama agar terhubung secara daring dengan aman. Pada Oktober 2019, Facebook bersama Indosat Ooredoo luncurkan “Internet101”, sebuah kampanye nasional yang ditujukan untuk tingkatkan adopsi internet seluler, serta membantu pengguna internet pertama kali.

Program tersebut bekerja sama dengan pengecer lokal. Mereka diberikan pelatihan serta konten lokal, yang nantinya digunakan untuk membantu orang yang belum pernah mengakses internet. Sehingga nantinya mereka dapat dengan mudah terhubung, lebih produktif serta aman. Hingga bulan Mei kemarin, program ini telah berhasil mengedukasi 1,4 juta pengguna, menjangkau 4,578 desa di seluruh Indonesia.

Kedepannya, Facebook Connectivity akan terus bekerja dengan berbagai mitra di Indonesia, untuk meluncurkan berbagai inisiatif lainnya agar dapat selesaikan masalah konektivitas di tanah air.