Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo iQOO 7, Flagship Gaming dengan Snapdragon 888 & 120W Flash Charge

0 4.116

Rumor akan kehadiran smartphone gaming yang satu ini sudah bermunculan sejak beberapa pekan belakangan, dan kali ini akhirnya diresmikan ke publik. Melalui sebuah sub-brand dari vivo yang belum pernah hadir resmi di Tanah Air, iQOO 7 baru saja diperkenalkan. Unggulkan chipset Snapdragon 888 dan pengisian daya 120 watt.

vivo iQOO 7 adalah sebuah flagship gaming yang hadir pertama di awal tahun 2021. Desainnya menyerupai vivo X60 series yang jadi flagship kamera terbaik vivo, bekerja sama dengan ZEISS. Sementara iQOO lebih memilih untuk bekerja sama dengan BMW, untuk edisi khusus dengan warna khas produsen kendaraan mewah tersebut.

Dengan spesifikasi rata kanan, harga yang ditawarkan oleh iQOO tergolong cukup premium. Namun masih di bawah beberapa flagship mainstream keluaran tahun lalu, dan bisa dibilang dapat bersanding dengan smartphone gaming terbaik ASUS, yaitu ROG Phone 3. Bagaimana spesifikasi yang ditawarkan?

Baca juga: vivo Y31s 5G Jadi yang Pertama Gunakan Chipset Snapdragon 480

Spesifikasi iQOO 7

vivo iQOO 7

Layar depan iQOO 7 gunakan tampilan penuh dengan kamera punch hole di bagian tengah atas. Dimensinya cukup luas di 6,62 inci, gunakan panel AMOLED dengan resolusi full HD+. Refresh rate-nya bisa variatif, mulai 30Hz hingga 120Hz bergantung dengan konten yang ditampilkan di layar.

Tak hanya itu, layar ini diklaim punya touch sampling rate sampai 300Hz, dan juga bisa menyala terang sampai 1300 nits. Saat digunakan dalam mode landscape, sisi kiri dan kanannya dibuat sensitif terhadap tekanan, bakal beri benefit tersendiri untuk beberapa judul gim yang mendukung.

Selain layarnya yang sudah mendukung HDR10+, iQOO 7 juga sudah gunakan setup speaker stereo. Flagship gaming terbaru ini juga mendukung Hi-Res Audio, dan bekerja sama dengan Monster Audio untuk tingkatkan keluaran suaranya. Lalu untuk performa, tidak perlu diragukan lagi karena sudah mengusung cip Snapdragon 888.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM LPDDR5 hingga 12GB serta penyimpanan berjenis UFS 3.1 hingga 256GB, dengan teknologi Multi Turbo 5.0 dari vivo. Tak hanya performanya saja yang dibuat kencang, iQOO 7 juga jadi salah satu smartphone komersil pertama dengan teknologi pengisian daya 120W FlashCharge.

Kapasitas baterainya tergolong modis, ‘hanya’ 4,000 mAh. Secara fisik, smartphone ini punya dua baterai 2,000 mAh. Dengan jenis baterai tersebut, iQOO 7 hanya memerlukan waktu 15 menit saja untuk mengisi daya mulai kosong hinga penuh. Dan juga mendukung protokol lain seperti PD 65W.

Setup kameranya pun cukup oke. Di depan, terdapat kamera selfie 16MP untuk keperluan swafoto. Sementara di belakang, setup tiga sensornya juga mampu mengakomodir keperluan penting. Sebut saja sensor utama 48MP dengan OIS, 13MP ultra wide-angle, dan 13MP telefoto ekuivalen perbesaran 50mm. Sensor utamanya juga sudah mendukung Super Video image stabilization plus HDR.

Harga iQOO 7 Mulai Rp8 Jutaan

iQOO 7

Seperti yang lalu-lalu, iQOO 7 dijual secara perdana di China. Ada tiga varian warna yang ditawarkan; Latent Blue, Black dan Legendary BMW Edition. Pemesanan dimulai pada 11 Januari kemarin hingga 15 Januari.

Tersedia pada beberapa e-commerce lokal, harga yang ditawarkan mulai dari CNY3,798 (Rp8,3 jutaan) untuk varian memori 8/128GB, dan CNY4,198 (Rp9,1 jutaan) untuk varian 12/256GB. vivo atau iQOO sendiri belum menginformasikan ketersediaannya secara global.

Tinggalkan komen