Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Mi TV Q1 75 Inci Punya Panel 4K QLED, Harga Rp20 Jutaan

0 2.133

Pada pekan lalu, Xiaomi baru saja perkenalkan sebuah flagship terbarunya di 2021 secara global lewat sebuah peluncuran daring Xiaomi Mi 11. Selain smartphone, Xiaomi juga perkenalkan beberapa produk lainnya, seperti sebuah skuter elektrik dan smart TV Mi TV Q1 75”, perangkat paling mewahnya.

Menggunakan panel Quantum Dot LED, Mi TV Q1 75” jadi smart TV kasta tertinggi dari Xiaomi. Seluruh spesifikasi terbaik yang bisa hadir di sebuah smart TV, ada di perangkat terbarunya ini. seperti bezel ramping, kualitas panel tinggi dengan refresh rate yang halus hingga dukungan audio yang mumpuni. Mengusung tagar “life in quantum clarity”.

“Kategori TV jelas merupakan salah satu yang paling penting dalam lini produk Xiaomi, dan kami terus menantang diri untuk hadirkan spesifikasi dan area inovasi yang lebih baik,” jelas Emory Babb, Product Marketing Manager Xiaomi dalam sebuah rilis di situs resminya (8/2). Ia menambahkan, momentum smart TV saat ini sedang tinggi di China dan India.

Namun Mi TV Q1 75” tak hanya hadir untuk dua negara tersebut, melainkan dirilis ke pasar global. Desain dari smart TV premium ini terlihat sangat elegan dan minimalis, memiliki tepian yang sangat tipis dan didukung oleh supporting blade, atau kaki yang ada di bawah layarnya. Panelnya sendiri tentu saja berukuran 75 inci.

Baca juga: Flagship Xiaomi Mi 11 Resmi Dirilis Global, Harga Mulai Rp12 Jutaan

Keunggulan Smart TV Mi TV Q1 75″

Xiaomi Mi TV Q1 75"

Xiaomi usung teknologi QLED display beresolusi 4K, di mana sudut penglihatannya bisa mencapai 178 derajat. Dengan begitu, dilihat dari kemiringan berapa pun, konten bakal masih terlihat jelas. Ditambah rentang warna 100% NTSC plus variasi warna hingga 1,07 miliar, Mi TV Q1 punya rasio kontras yang sangat tinggi di 10,000:1.

Tak hanya cocok untuk menikmati konten film saja, para pemain gim juga bisa manfaatkan Mi TV Q1 75” yang sudah mendukung refresh rate hingga 120Hz ini. Dipadukan dengan port HDMI 2.1 dan mode auto low latency (ALLM), perangkat ini cocok untuk gamers serta mereka yang doyan streaming konten video.

Tak hanya layarnya saja yang bagus, kemampuan audionya juga dibuat seimbang. Memiliki total output suara 30W, secara total Mi TV Q1 75” dilengkapi dengan enam speaker—dua sebagai tweeter, dan empat woofer untuk suara yang jelas. Masih bisa ditingkatkan dengan dukungan Dolby Atmos serta DTS-HD.

Mi TV Q1 75” juga berkemampuan untuk menangkap input suara hingga jarak 3 mter. Dengan begitu, pengguna tak perlu mendekatkan mulut ke remote untuk sampaikan perintah ke Google Assistant atau Amazon Alexa. Jika tak ingin selalu didengar, Xiaomi berikan sebuah tombol fisik di bawah layar untuk mematikan mikrofonnya.

Menjalankan Android TV 10, pengguna memiliki akses ke lebih dari 700 ribu film dan serial televisi, dan lebih dari 5,000 aplikasi yang bisa diunduh lewat Google Play Store. Sayangnya, belum hadir dengan Android TV 11 yang memang baru saja diresmikan, membawa tampilan lebih mirip Google TV seperti pada Chromecast terbaru.

Harga Mi TV Q1 75″, Mulai Tersedia Maret Mendatang

Xiaomi Mi TV Q1

Untuk hadirkan pengalaman menonton televisi terbaik, Xiaomi mulai menjual Mi TV Q1 75” ini pada Maret 2021 mendatang. Harga ritel rekomendasinya mencapai 1,299 Euro, atau sekitar Rp21 jutaan. Meski sudah mencapai puluhan juta, dibandingkan kompetitornya, produk Xiaomi satu ini tergolong lebih murah dengan spesifikasi yang diusungnya.

Terlebih, Xiaomi juga bakal berikan harga spesial di masa penjualan pertamanya seharga 999 Euro saja, alias Rp16 jutaan. Meski belum diinformasikan di negara mana saja Xiaomi bakal pasang harga tersebut. Kalau sudah berani jual flagship, harusnya TV premium pun juga dibawa ke Tanah Air ya.